Berita

Resep Bola-bola Daging khas Italia, jadi Alternatif Menu Daging Kurban

×

Resep Bola-bola Daging khas Italia, jadi Alternatif Menu Daging Kurban

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Jika kamu masih punya persediaan daging kurban di lemari es, maka resep bola-bola daging khas Italia ini bisa dicoba. Seperti diketahui, mengonsumsi daging merah seperti daging sapi dan kambing tidak selalu menyebabkan darah tinggi, ia juga memberikan sejumlah zat gizi sepreti protein dan zat besi bagi tubuh.

Dokter spesialis penyakit dalam dr. Faisal Parlindungan mengatakan konsumsi daging sapi dan kambing perlu diwaspadai, terutama bagi orang yang sudah memiliki riwayat darah tinggi. Daging merah juga memiliki manfaat kesehatan seperti sumber protein, zat besi dan vitamin yang di butuhkan tubuh.

“Daging merupakan sumber protein yang berkualitas tinggi untuk membangun dan memelihara otot. Daging kaya akan zat besi, yang penting untuk mencegah anemia,” kata dokter dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo itu.

Selain itu, Faisal mengatakan daging juga mengandung zinc, yang penting untuk fungsi kekebalan tubuh dan kesehatan kulit. Serta vitamin B12 yang hanya ada di sumber nabati, yang penting untuk fungsi saraf dan kesehatan darah.

Untuk mencapai manfaat tersebut tentunya daging kambing atau sapi harus dikonsumsi secara wajar, sesuai dengan porsi dan kondisi fisiologis seseorang.

Menurut Kementerian Kesehatan RI, dalam 100 gram daging kambing mengandung lemak total 9,2 gram dan kolesterol 70 miligram, sementara untuk 100 gram daging sapi mengandung lemak total 14 gram dan kolesterol 70 miligram.

Sementara, batas konsumsi lemak total per hari adalah tidak lebih dari 67 gram (lima sendok makan) untuk orang dewasa. Konsumsi lemak berlebihan dapat meningkatkan risiko hipertensi, stroke, diabetes, dan serangan jantung.

Salah satu masakan Italia berbahan daging ialah meat ball atau bola-bola daging yang dibuat khas dengan paduan saus marinara dan sosis. Masakan ini bisa menjadi alternatif menu daging selain hidangan Nusantara. 

Bahan-bahan: 

1 kilogram daging giling

1 kilogram kalkun giling (bisa skip atau ganti daging ayam0

1 kilogram sosis Italia giling

1 bawang bombay besar, potong dadu

2 butir telur besar

½ cangkir remah roti berbumbu ala Italia

½ cangkir oat masak cepat

2 sendok makan bumbu ala Italia

1 cangkir minyak sayur, atau sesuai kebutuhan

Cara Membuat:

1. Panaskan oven hingga 350 derajat F (175 derajat C).

2. Campurkan daging giling, bawang bombay, telur, remah roti, oat, dan bumbu dalam mangkuk besar hingga tercampur rata. Bentuk menjadi 24 bakso (diameter 2 inci).

3. Panaskan minyak sayur secukupnya dalam wajan tumis besar sedalam 1/2 inci. Masak bakso dalam minyak panas hingga kecoklatan, kurang lebih 5 menit. Pindahkan ke loyang kaca.

4. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan selama 25 menit. Termometer baca instan yang dimasukkan ke tengah akan menunjukkan angka 165 derajat F (75 derajat C).

4. Sebagai informasi tambahan, nilai gizi minyak untuk menggoreng berdasarkan nilai retensi 10% setelah dimasak. Jumlah pastinya bervariasi tergantung waktu dan suhu memasak, kepadatan bahan, dan jenis minyak tertentu yang digunakan.

Pilihan Editor: Tips Mengolah Daging Kurban dari Chef Yudi, Jangan Direndam Air

ALL RECIPES | ANTARA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *