Berita

Viral Perempuan Terpental dari Treadmill dan Meninggal Dunia, Ini Tips Aman untuk Pemula di Tempat Gym!

×

Viral Perempuan Terpental dari Treadmill dan Meninggal Dunia, Ini Tips Aman untuk Pemula di Tempat Gym!

Share this article


Viral di media sosial sebuah rekaman CCTV yang menunjukkan potret saat seorang perempuan terpental dari treadmill. Diketahui, peristiwa ini terjadi di K-Gym yang terletak di Jalan Paris II, Kecamatan Pontianak Tenggara, Kalimantan Barat, pada Selasa (18/6).

Dalam rekaman CCTV, korban berinisial FN (22) terpental saat lintasan treadmill masih berjalan. Ia lalu jatuh ke belakang yang langsung ke luar gedung, karena posisi treadmill membelakangi jendela yang terbuka di lantai 3.

Berdasarkan hasil visum, korban meninggal dunia karena pendarahan di kepala. 

“Betul (korban meninggal), kemungkinan dia nggak biasa pakai treadmill terpental ke belakang, jatuh dari jendela,” ujar Kapolresta Pontianak Kombes Adhe Hariadi, mengutip detikSulsel. 

“Untuk visum memang ada pendarahan di kepala, setelah kematian pun masih ada pendarahan,” jelas Kompol Antonius. 

Lebih lanjut, Antonius menduga korban mengalami kelelahan saat treadmill yang digunakannya masih berjalan. Hal ini membuat ia terpental dan jatuh.

Pihak kepolisian pun mengatakan pihaknya akan mendalami hal ini, terlebih posisi treadmill yang membelakangi jendela adalah hal yang janggal.

Belajar dari Kejadian FN (22), Ini Cara Mengetahui Tempat Gym yang Aman…

Ini sederet tips memilih tempat gym yang aman/Foto: Getty Images/Ljupco

Kecelakaan yang terjadi di tempat gym bukan kali pertama terjadi. Belajar dari setiap kejadian, penting untuk Beauties yang ingin olahraga di tempat gym, mengetahui lebih dahulu seperti apa tempat gym yang aman. 

Erland Saputra seorang fitness enthusiast, dalam wawancaranya bersama Tim lumpkinsjail turut prihatin dengan kejadian yang menewaskan FN (22). 

“Kejadian kemarin sangat menyayangkan dan memprihatinkan ya, karena seharusnya standar keselamatan jadi prioritas utama bagi yang mau berolahraga dan untuk tempat yang menyelenggarakan kegiatan berolahraga itu sendiri,” ujar Erland kepada lumpkinsjail, Kamis (21/6). 

Melihat ‘kecelakaan’ yang terjadi di tempat gym, ia mengatakan bahwa sebenarnya hal ini bisa cegah. Yakni dengan memperhitungkan standar keselamatan. 

“Tentunya hal ini bisa dicegah, kalau memang fasilitas pendukung dari gym tersebut atau sarana olahraganya memperhitungkan standar keselamatan,” lanjutnya. 

Bisakah Mengukur Keamanan Sebuah Tempat Gym?

Ketika ditanyai terkait cara mengukur keamanan sebuah tempat gym, Erland mengatakan jika sebenarnya setiap tempat seharusnya sudah sesuai dengan standar keamanan. Namun, kembali lagi sebagai member pun kita perlu dibekali dengan pengetahuan-pengetahuan seputar fitness.

“Setiap tempat kebugaran itu, saat dibuat seharusnya sudah sesuai dengan standar keamanan. Nah balik lagi ke kitanya pribadi sebagai member. Sebenarnya olahraga di gym itu lebih aman, dibandingkan dengan permainan seperti bola, basket, dan lainnya yang kontak fisik,” jelas Erland. 

“Di gym lebih aman, asalkan kita sebagai member dibekali dengan pengetahuan-pengetahuan untuk gerakan tersebut, misalnya. Nah itu udah masuk standar keamanan sebenarnya,” lanjutnya. 

Selain itu, janganlah ragu untuk selalu bertanya, kepada teman atau senior, “Balik lagi ke poin sebelumnya, jangan ragu untuk bertanya.”


Tips untuk Pemula di Tempat Gym, agar Terhindar dari Cidera dan Celaka
Ilustrasi Gym

Ini sederet tips memilih tempat gym yang aman/Foto: Shutterstock

Setelah lebih dari 5 tahun menjadi fitness enthusiast, Erland Saputra berbagi beberapa tips untuk para pemula yang ingin dan baru akan memulai olahraga di tempat gym. 

“Pertama, untuk pemula yang ada di gym, ada baiknya untuk tidak malu bertanya pada teman-teman atau senior terkait bagaimana menggunakan alatnya, agar terhindar dari kesalahan atau cidera,” saran Erland. 

Selain bertanya pada teman atau senior, ia menyarankan untuk pemula menggunakan jasa Personal Trainer (PT). Karena seorang PT memiliki ilmu yang tak hanya berkaitan dengan pelatihan olahraga, tapi P3K juga. 

“Yang kedua, jangan ragu untuk meng-hire seorang personal trainer, supaya dijelaskan masing-masing alatnya. Hal ini juga dapat membantu mencegah cidera. Dan juga, seorang PT biasanya dibekali dengan kemampuan P3K, dikawal. Jadi, nanti kalau misalnya ada cidera atau kesalahan dalam berlatih, itu bisa ditangani segera mungkin,” lanjutnya. 

Tips selanjutnya adalah tidak lupa memperhitungkan pakaian yang dipakai. Selain nyaman, penting juga untuk memilih pakaian yang sesuai untuk menghindari cedera. 

“Jangan lupa juga, untuk pakaian yang digunakan saat berlatih harus sesuai juga. Yang mana, ini juga untuk menghindari cedera. Lalu, jangan ragu bertanya pada pihak tempat kebugaran, tentang bagaimana standar keamanan dan alat-alatnya juga.”

Cara Menggunakan Treadmill agar Terhindar dari Celaka
Running together. Side view of young beautiful women looking away while running on treadmill at gym.

Ini sederet tips memilih tempat gym yang aman/Foto: Getty Images/iStockphoto/Harbucks

Terpental dari atas treadmill termasuk salah satu kecelakaan yang sering terjadi di tempat gym. Seperti yang dialami oleh korban FN, penting untuk Beauties mengetahui cara menggunakan treadmill yang benar, agar terhindar dari celaka. 

Erland mengatakan kunci utama saat menggunakan treadmill adalah fokus. 

“Sebenarnya treadmill itu salah satu cara untuk exercise. Tipsnya adalah fokus saat di treadmill, jangan terlalu banyak aktivitas seperti main HP saat kecepatan tinggi. Jadi, jangan ada distraksi yang berlebihan,” ujar Erland. 

Sebelum memulai berada di atas treadmill, penting juga untuk selalu paham dengan tools-toolsnya, agar tidak membuat kita salah langkah. 

“Selain itu, harus paham juga dengan tools-tools yang ada di treadmill. Jangan sampai, kitanya mau ngapain malah jadi ngapain,” lanjutnya. 

Lebih lanjut, ia pun mengatakan jika biasanya treadmill memiliki emergency button yang bisa langsung berhenti dalam keadaan darurat. Saat terjatuh, ia pun menyarankan agar tidak langsung panik.

“Biasanya, di treadmill juga ada emergency button, yaitu tombol darurat ketika kita udah nggak kuat. Itu kita tinggal cabut dan nantinya treadmill langsung berhenti,” papar Erland.

“Nah kalau dilihat dari video yang kemarin, korban langsung terpental ke belakang ya, jadi kaget. Jadi memang kita harus mempersiapkan diri, kalau terjadi sesuatu. Kalau jatuh, usahakan jangan panik dan jangan banyak distraksi saat di atas treadmill,” pungkasnya. 

Beauties, olahraga termasuk kebutuhan hidup yang penting dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Olahraga memang bisa dilakukan dimana saja, yang terpenting adalah untuk selalu menjaga keselamatan saat berolahraga.

Jangan ragu untuk selalu bertanya pada profesional atau menggali banyak ilmu, agar bisa olahraga dengan nyaman dan tentu membuatmu terhindar dari celaka. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *