Berita

Amankah Kulit Berjerawat Melakukan Eksfoliasi? Ketahui Cara yang Tepat!

×

Amankah Kulit Berjerawat Melakukan Eksfoliasi? Ketahui Cara yang Tepat!

Share this article


Beauties, kamu pasti pernah mendengar pada saat wajah kita  berjerawat, yang kita gunakan hanyalah basic skincare, seperti face wash, moisturizer, dan sunscreen.

Namun, di sisi lain jerawat juga bisa timbul akibat sel kulit mati. Apabila sel kulit mati tersebut tidak diangkat, maka penggunaan skincare jadi tidak optimal, jerawat rentan muncul, sehingga eksfoliasi adalah salah satu cara untuk membasmi sel kulit mati tersebut.

Jadi sebenarnya boleh tidak ya, melakukan eksfoliasi pada saat jerawat? Supaya tidak bingung, yuk cek jawaban di sini!


 

Amankah Eksfoliasi di Kulit Berjerawat?

Ilustrasi produk eksfoliasi/Foto: Freepik

Melansir dari Healthline, jawaban singkatnya, ya! Eksfoliasi pada kulit berjerawat umumnya aman dilakukan. Eksfoliasi tertentu dapat membantu mengurangi kemunculan jerawat dan bekas-bekasnya. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

Pilih Jenis Chemical Exfoliant

Secara umum ada dua jenis proses eksfoliasi, yaitu chemical dan physical. Nah, apabila kulit wajahmu sedang berjerawat, namun ingin melakukan eksfoliasi, sebaiknya gunakan proses chemical exfoliant.

Chemical exfoliant menggunakan bahan kimia seperti alpha-hydroxy acid (AHA) atau beta-hydroxy acid (BHA) yang lebih lembut pada kulit berjerawat. 

Sementara physical exfoliant adalah proses eksfoliasi menggunakan scrub atau sikat yang dilakukan dengan gerakan, ini dikhawatirkan bisa mengiritasi kulit dan memperburuk jerawat. 

Perhatikan Kandungan Produk Eksfoliasi

Bahan yang digunakan ketika eksfoliasi juga harus diperhatikan. Eksfoliasi yang efektif pada kulit berjerawat adalah yang mengandung acids tertentu yang mampu mengangkat sel kulit mati, membuka pori-pori dan memperbaiki tekstur kulit.

Salah satu kandungan yang bisa kamu gunakan adalah Retinoid, salicylic acid atau glycolic acid. Kandungan tersebut diuji mampu mengurangi lesi serta menghambat berkembangnya noda baru.

Konsultasikan dengan Dokter

Jika kamu mengalami jerawat yang parah, memiliki kulit sensitif, atau merasa ragu terkait eksfoliasi, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Konsultasi ini penting untuk mencegah kemungkinan terjadinya masalah yang tidak diinginkan. 

Dokter kulit biasanya dapat menentukan jenis eksfoliasi dan kandungan yang sesuai dengan kondisi kulit pasiennya, sehingga kamu dapat menggunakan produk tersebut dengan aman dan efektif.

Beauties, semoga dengan penjelasan ini, kamu dapat lebih berhati-hati dalam melakukan eksfoliasi di kulit berjerawat. Dengan mengikuti saran di atas, apalagi saran dokter, kamu akan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan!

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(sim/sim)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *