Berita

Ketahui Perbedaan Deodoran dan Antiperspirant

×

Ketahui Perbedaan Deodoran dan Antiperspirant

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Kesalahpahaman yang umum terjadi di masyakarat adalah deodoran istilah yang lebih umum digunakan orang dalam bahasa sehari-hari, sedangkan antiperspirant hanya digunakan untuk percakapan yang lebih formal atau klinis. Namun faktanya, kedua produk yang digunakan di ketiak itu memiliki tujuan masing-masing. Agar tidak salah kaprah, berikut sederet informasi tentang deodoran dan antiperspirant, serta cara menentukan mana yang terbaik untuk Anda.

Apa itu Deodoran?

“Deodoran adalah produk kebersihan pribadi yang dirancang untuk mengurangi atau menutupi bau badan yang disebabkan oleh keringat dan pertumbuhan bakteri yang berlebihan,” kata Hooman Khorasani adalah dokter bedah kosmetik dan kanker kulit bersertifikat empat kali lipat yang berpraktik di New York, Amerika Serikat, dikutip dari laman Byrdie.

Deodoran sering kali mengandung zat antimikroba untuk membunuh bakteri penyebab bau dan wewangian yang menutupi sisa bau.

Deodoran umumnya mengandung baking soda dan magnesium untuk menetralisasi bakteri penyebab bau. Bahan lain yang ditemukan dalam beberapa formula adalah tepung tapioka, yang menjaga area tersebut tetap kering.

Dia menyarankan deodoran dengan bahan-bahan sederhana daripada banyak wewangian dan minyak nabati.

Dokter Khorasani menjelaskan bahwa kelenjar apokrin dan kelenjar ekrin adalah dua jenis kelenjar keringat di tubuh kita, dan kelenjar apokrin merupakan sumber utama produksi bau. Sekresi apokrin dimetabolisme oleh bakteri kulit, menghasilkan metabolit yang seringkali berbau menyengat. Bau inilah yang dapat dihilangkan dengan deodoran dengan sifat antibakteri.

Deodoran tersedia dalam berbagai bentuk, seperti semprotan, stik, dan gel untuk disesuaikan dengan preferensi pengguna. 

Efek Samping Deodoran

Di sisi lain, ada beberapa kelemahan deodoran. Dokter Khorasani mencatat bahwa tidak jarang beberapa orang mengalami reaksi sensitif atau alergi, seperti dermatitis kontak, akibat alkohol, dan pewangi sintetis yang digunakan dalam banyak formula.

“Ada juga masalah kesehatan, karena beberapa deodoran mengandung bahan yang berpotensi berbahaya seperti paraben dan triclosan, meskipun penelitian mengenai efeknya masih belum meyakinkan,” ucapnya.

Dan terdapat potensi ancaman terhadap lingkungan, karena bahan-bahan sintetis dapat menyebabkan polusi. “Misalnya, semprotan aerosol diketahui berkontribusi terhadap polusi udara, dan kemasan plastik yang digunakan untuk deodoran menambah masalah sampah plastik yang semakin meningkat,” katanya.

Apa itu Antiperspirant?

Menurut dokter kulit bersertifikat Teresa Song, antiperspiran bekerja secara aktif untuk mengurangi keringat pada kulit. Antiperspirant bekerja terutama dengan menyebar ke saluran keringat sebagai sumbat sementara untuk memblokir keringat.

Bahan umum yang memungkinkan antiperspirant bekerja dengan cara ini adalah garam aluminium seperti aluminium klorida, aluminium kloralhidrat, atau aluminium zirkonium, menurut dokter Khorasani.

Kelebihan antiperspirant adalah membantu mengurangi keringat sementara di area yang terkena, yang dapat menyebabkan penurunan pertumbuhan bakteri untuk membantu mengendalikan bau badan.

“Antiperspirant sangat membantu bagi pasien yang menderita hiperhidrosis (keringat berlebihan), karena dapat menghambat keringat dibandingkan dengan deodoran tradisional,” ucap dokter Song.

Efek Samping Antiperspirant

Di sisi lain, beberapa kekurangan antiperspirant adalah aluminium klorida biasanya memiliki dasar berwarna putih, yang dapat menodai pakaian. Antiperspirant juga dapat menyebabkan iritasi kulit atau reaksi alergi seperti deodoran.

Selain itu, dokter Song mencatat bahwa ada kontroversi bahwa aluminium klorida dikaitkan dengan kanker payudara dan penyakit Alzheimer, namun dia mengatakan bahwa penelitian yang mendukung hal ini masih terbatas.

American Cancer Society mengungkapkan sebagian besar penelitian belum menemukan hubungan antara penggunaan antiperspirant dan perkembangan kanker payudara, sementara penelitian yang dilakukan oleh National Library of Medicine menyimpulkan bahwa peningkatan kandungan aluminium telah ditemukan pada otak orang-orang dengan penyakit Alzheimer, namun tidak jelas apakah ini merupakan penyebab atau akibat dari penyakit ini.

Cara Mengetahui Deodoran atau Antiperspirant Untuk Anda

Tergantung pada kondisi Anda, jika masalah utamanya adalah menghilangkan bau, deodoran mungkin layak untuk ditelusuri. Jika Anda lebih khawatir dengan keringat berlebih, yang juga dapat menyebabkan bau, antiperspirant mungkin merupakan pilihan terbaik.

Apa pun yang Anda pilih, kedua ahli sepakat bahwa Anda memilih formula minimalis yang bebas pewangi untuk menghindari iritasi.

Jika Anda memilih antiperspirant, dokter Song berkata, “Seseorang harus mencari senyawa berbasis aluminium yang hipoalergenik dan bebas pewangi untuk meminimalkan risiko iritasi.”

Dia menyarankan untuk mencari bahan-bahan yang menenangkan, seperti lidah buaya, dan menghindari potensi iritasi seperti wewangian. Dan jika Anda memilih antiperspirant, bicarakan dengan dokter terlebih dahulu—terutama jika Anda memiliki riwayat keluarga atau kekhawatiran khusus mengenai suatu kondisi kesehatan.

Meskipun deodoran dan antiperspirant memiliki kesamaan, penting untuk diketahui bahwa keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Jika Anda ragu, masing-masing fungsi utamanya ada pada namanya. Deodoran mengatasi bau, dan antiperspiran mengatasi keringat atau keringat.

Saat menentukan produk deodoran atau antiperspirant yang tepat untuk Anda, semuanya bergantung pada hal mana yang menjadi perhatian utama Anda. Jika Anda masih ragu, atau jika Anda memiliki kulit sensitif, temui dokter kulit bersertifikat untuk membantu Anda membuat keputusan terbaik untuk tubuh Anda. Dan jika memungkinkan, pilihlah formula yang bebas dari bahan-bahan yang berpotensi membahayakan kesehatan dan lingkungan Anda.

Pilihan Editor: Gunakan Deodoran dalam Waktu Lama Bisa Bikin Kulit Ketiak Hitam

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *