Berita

Kisah The Bling Ring, Kelompok Anak Muda yang Terobsesi Merampok Rumah Artis Hollywood

×

Kisah The Bling Ring, Kelompok Anak Muda yang Terobsesi Merampok Rumah Artis Hollywood

Share this article


Jika Korea Selatan memiliki sasaeng fans, Hollywood mempunyai The Bling Ring. Sama-sama terobsesi dengan selebritis, The Bling Ring lebih mengarah ke kelompok anak muda yang merampok barang mewah artis Hollywood di tahun 2008-2009. 

Kelompok itu memiliki lima anggota utama, yakni Alexis Haines, Rachel Lee, Nick Prugo, Courtney Ames, dan Diana Tamayo. Dua anggota baru bernama Johnny Ajar dan Roy Lopez direkrut Ames untuk bertugas menjual barang-barang curian. 

Dari Paris Hilton hingga Orlando Bloom, mereka telah berhasil menjual barang curian dengan total harga 3 juta USD atau setara dengan Rp49,2 miliar (dengan kurs 1 USD = Rp16.407). 

Bagaimana kisah pencurian yang dilakukan kelompok anak muda itu? Dilansir dari berbagai sumber, simak kisah selengkapnya di bawah ini.

Melangsungkan Perampokan di Rumah Artis Tenar

Anggota The Bling Ring /Foto: Vulture.com

Melansir Elle, pencurian pertama dilakukan di rumah Paris Hilton pada Desember 2008. Prugo dan Lee melangsungkan kejahatan itu bermodalkan internet untuk mencari alamat hingga mengecek kapan rumah itu akan kosong. 

Aksi pertama berhasil, duo itu kembali merampok isi rumah pelantun Hot One dengan kunci yang disembuyikan di bawah karpet. Hal itu terjadi 4-5 kali. Hingga suatu hari, Paris sadar bahwa beberapa barangnya dicuri ketika brankasnya hilang dan ia pun melaporkan ke polisi.

Mereka pun melanjutkan aksi perampokan di rumah Audrina Patridge saat Oscar atau Academy Awards berlangsung, tepatnya tanggal 22 Februari 2009. Dari aksi itu, mereka mendapatkan barang senilai 43 ribu USD atau setara dengan Rp705 juta. 

Berbeda dengan Hilton, Audrina langsung sadar bahwa rumahnya dirampok. Ia langsung menyerahkan video CCTV kepada pihak kepolisian, tetapi geng itu masih lolos berkat kualitas video yang kurang jelas. 

Di tahun yang sama, perampokan kembali terjadi di rumah Rachel Bilson dan mencuri barang senilai 300 ribu USD atau Rp4,9 miliar dengan kurs saat ini. Lolos lagi, kelima orang itu melangsungkan aksi tak terpujinya di kediaman Orlando Bloom, Brian Austin Green, dan Megan Fox. 

Barulah ketika mencuri barang-barang Lindsay Lohan, wajah-wajah mereka terpampang jelas dalam rekaman CCTV. Lindsay memberikan video keamanan itu ke TMZ dan satu persatu Rachel Lee serta kawan-kawannya tertangkap. 


Menjalani Hukuman

Alexis Haines di persidangan /Foto: Netflix

Setelah ditangkap, rencana perampokan rumah artis lainnya pun gagal. Mereka berencana akan merampok rumah selebritis lainnya, termasuk Hilary Duff, Zac Efron, Ashley Tisdale, Miley Cyrus, dan Vanessa Hudgens.

Melansir People, Nick Prugo adalah anggota pertama yang ditangkap oleh polisi dan mendekam satu tahun di penjara. Ia mengakui semua perbuatannya, yakni merampok rumah Paris Hilton dan Audrina Patridge. 

Sedangkan Haines menjalani hukuman selama 32 hari penjara karena terbukti mencuri barang-barang Orlando Bloom. Adapun Lee, ketua kelompok ini, dipenjara selama 16 bulan. Ames mendapatkan hukuman tiga tahun larangan dan dua bulan pelayanan masyarakat.

Sementara itu, Tamayo dijatuhi hukuman percobaan, penjara, dan 60 hari pelayanan masyarakat. Lopez juga nggak mengajukan keberatan atas segala tuduhan kepadanya.

Kisah Pencurian yang Diadaptasi ke Berbagai Karya

Film The Bling Ring /Foto: Everett Collection

Karena kelompok ini sangat populer, kisah perampokan mereka diadaptasi ke berbagai karya. Yang pertama adalah serial dokumenter Netflix berjudul The Real Bling Ring: Hollywood Heist dengan total tiga episode. 

Selanjutnya, ada film The Bling Ring yang ditulis dan disutradarai oleh Sofia Coppola di tahun 2013. Film ini dibintangi oleh Emma Watson, Israel Broussard, Katie Chang, Claire Julien, dan Taissa Farmiga. 

Yang terbaru ada The Ringleader: The Case of the Bling Ring, sebuah dokumenter yang diproduksi oleh HBO di tahun 2023. Mengutip IMDb, dokumenter ini menampilkan Rachel Lee yang merupakan ringleader atau ketua dan juga otak di balik semua aksi perampokan bersama teman-temannya. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *