Berita

Ternyata Ini 7 Rahasia Umur Panjang ala Orang Jepang!

×

Ternyata Ini 7 Rahasia Umur Panjang ala Orang Jepang!

Share this article


Jepang merupakan negara yang memiliki harapan hidup panjang, tertinggi di dunia. Menurut WHO, pada tahun 2022 lalu, Jepang mendapat penobatan sebagai negara yang memiliki harapan hidup terpajang.

Dilansir dari  New York Times, orang tertua di Jepang, berada di Fukouka, yaitu Kane Tanaka yang sudah berusia 118 tahun. Menurut sebuah penelitian dari M G Marmot, George Davey Smith pada tahun 1989 silam, ada rahasia orang Jepang memiliki umur panjang, didasari beberapa faktor yaitu sebagai berikut.

1. Pola Makan yang Sehat






Pola makan yang sehat/Foto: Freepik.com/freepik


Sebuah studi menunjukkan bahwa pola makan yang biasa dilakukan oleh orang Jepang adalah faktor utama yang membuat mereka memiliki usia panjang. Orang Jepang tidak pernah mencampurkan garam pada makanannya secara berlebih. Sehingga hal inilah yang membuat mereka tidak mudah terjangkit penyakit jantung koroner dan stroke

Disamping mengurangi asupan garam, orang Jepang juga mengurangi konsumsi daging merah, terutama lemak jenuh. Tetapi, masyarakat Jepang kerap kali mengonsumsi ikan, yang mengandung protein serta asam lemak tak jenuh.

Asupan lainnya yang mereka konsumsi adalah kedelai dan teh hijau secara rutin tanpa ditambahi gula. Itulah yang membuat mereka hidup sehat, terhindar dari penyakit jantung, kanker, dan diabetes. 


2. Rutin Memeriksa Kesehatan

Ilustrasi rutin memeriksa kesehatan / Foto: Pexels.com / Wdnet

Menurut laman  Japan Luggage Expres, masyarakat Jepang rajin memeriksakan kesehatannya sedini mungkin. Hal ini dilakukan agar mengetahui penyakit sejak dini. 

3. Cara Makan yang Sehat

Selain mengatur pola makan, masyarakat Jepang mampu mengatur cara makan yang sehat, Beauties. Dengan cara duduk di bawah dan makan menggunakan sumpit, dapat menghambat proses makan mereka. 

Orang-orang Jepang senantiasa menerapkan kebiasaan baik seperti, mengonsumsi makanan yang bersih dan sehat. Sehingga dapat memnimalisir penyakit kronis seperti, jantung, obesitas, diabetes, dan stroke

4. Genetik

Masyarakat Jepang memiliki gen yang unggul. Kedua gen tersebut ialah genotipe DNA5178 dan ND2-237 Met. Kedua genetik tersebut biasanya dimiliki oleh orang-orang yang berumur panjang. 

Melansir dari India Times, kedua gen tersebut mampu meningkatkan umur yang panjang, serta meminimalisir penyakit yang kronis seperti, diabetes tipe-2, kardiovaskular, stroke, serta serangan jantung. Namun, tidak semua orang Jepang memiliki kedua gen tersebut, Beauties. 

5. Keberhasilan Ekonomi yang Mapan
Ilustrasi 7 kebiasaan orang Jepang untuk bantu memperpanjang usia/freepik.com/freepik

Ilustrasi orang Jepang/ Foto: freepik.com

Tidak dipungkiri lagi Beauties, keberhasilan ekonomi yang dimiliki oleh Negara Jepang, mampu membuat sebagian besar masyarakatnya memiliki usia yang panjang. Hal ini berkaitan dengan kesehatan masyarakat Jepang dan peningkatkan pendapatan nasional. 

6.  Aktivitas Tinggi

Jika diperhatikan, banyak sekali masyarakat Jepang yang aktif setiap harinya. Mereka, senantiasa berjalan kaki jika ingin berpergian. Tidak hanya itu, masyarakat Jepang ternyata, menyukai toilet jongkok dibandingkan yang duduk, Beauties.

Hal ini dikarenakan, mereka peduli pada pergerakan usus agar lebih sehat. 

7. Lansia yang Dirawat

Di Jepang, banyak sekali kakek dan nenek yang tinggal bersama anak cucunya. Di sini, para lansia dirawat oleh keluarga sendiri. Tidak heran, bahwa banyak keluarga yang masih tinggal satu atap bersama orang tua mereka. 

Masyarakat Jepang percaya bahwa, berkumpul bersama keluarga memiliki manfaat yang baik bagi mereka yang sudah lansia atau pun yang masih muda.

Itulah rahasia orang Jepang  memiliki usia panjang dalam hidupnya. Tertarik menerapkan juga?

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(sim/sim)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *