Berita

Tips Tetap Aman dan Nyaman Saat Berkunjung ke Jakarta Fair 2024

×

Tips Tetap Aman dan Nyaman Saat Berkunjung ke Jakarta Fair 2024

Share this article


Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) kembali diadakan mulai dari 12 Juni-14 Juli 2024 di Jakarta International Expo. Acara rutin tahunan yang menampilkan berbagai hiburan, produk, dan layanan dari banyak brand ini hampir tidak pernah sepi pengunjung. Selain dapat menikmati beragam pertunjukan musik, pengunjung juga dimanjakan dengan diskon-diskon besar untuk berbelanja. 

Karena padatnya pengunjung, ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar tetap nyaman dan aman selama berkunjung ke Jakarta Fair. Yuk disimak! 

Membuat Daftar Aktivitas

Tips Tetap Aman di Pekan Raya Jakarta/Foto: pexels.com/Tara Winstead

Sebelum berangkat, pastikan kamu sudah menyiapkan list aktivitas yang akan dilakukan supaya lebih efisien waktu dan tidak ada yang terlewat. Misalnya setelah sampai di PRJ, langsung mencoba beberapa jajanan tradisional, lalu membeli peralatan dapur, kemudian membeli paket snack dan kembali pulang ke rumah. Kamu bisa menuliskan list pada kertas kecil atau note di handphone.


Datang Saat Hari Kerja

Tips Tetap Aman di Pekan Raya Jakarta/Foto: pexels.com/KGary Barnes

Salah satu cara untuk terhindar dari macet di jalanan, sulit mendapatkan tempat parkir, atau keramaian di dalam JIExpo, kamu bisa datang di saat hari kerja. Kalau berencana untuk datang pada akhir pekan, pastikan untuk datang mendekati jam buka yaitu 10 pagi. Hal ini bisa membuatmu lebih leluasa dan nyaman saat berkeliling.

Membeli Tiket Secara Online

Tips Tetap Aman di Pekan Raya Jakarta/Foto: pexels.com/Olly

Supaya tidak menghabiskan waktu untuk antri membeli tiket masuk, kamu dapat membeli tiket secara online melalui situs website Jakarta Fair. Harga tiket masuk tanpa konser di hari Senin adalah Rp40 ribu, Selasa-Kamis sebesar Rp50 ribu, sedangkan Sabtu-Minggu dan libur Nasional Rp60 ribu.

Untuk harga tiket masuk dan konser reguler, kamu perlu menyiapkan budget mulai dari Rp80 ribu hingga Rp120 ribu tergantung hari dan line up bintang tamu. Selain tiket masuk dan konser reguler, ada pula tiket masuk dan konser VIP yang dibanderol mulai harga Rp120 sampai dengan Rp180 ribu.

Terakhir, ada tiket untuk menonton semua konser untuk reguler dan VIP tergantung dari bintang tamu dengan harga mulai dari Rp450 ribu hingga Rp3,3 juta. 

Hanya Membawa Sling Bag Kecil

Tips Tetap Aman di Pekan Raya Jakarta/Foto: pexels.com/Cottonbro

Salah satu kasus kriminal yang sering terjadi saat PRJ adalah pencopetan. Biasanya dilakukan oleh oknum-oknum yang sudah berkelompok. Tentunya yang diincar adalah barang-barang berharga dari saku maupun tas pengunjung.

Kamu dapat menggunakan sling bag kecil kemudian bawa menempel di depan badan agar barang-barang tetap aman. Pastikan untuk membawa barang secukupnya agar kamu bisa mendeteksi kehilangan barang-barang pribadimu. Kamu bisa bawa uang cash secukupnya dan membayar menggunakan QR melalui handphone.

Tidak Pergi Sendirian

Tips Tetap Aman di Pekan Raya Jakarta/Foto: pexels.com/Julia Larson

Akan lebih baik untuk membawa teman, pasangan, atau keluarga untuk menghabiskan waktu di PRJ. Kalau terjadi sesuatu seperti kehilangan barang akan lebih cepat mendapatkan bantuan. Selain itu, pergi ke PRJ bersama orang-orang tersayang akan jauh lebih menyenangkan, bukan?

Selalu Cek Barang Berharga

Tips Tetap Aman di Pekan Raya Jakarta/Foto: pexels.com/Nurseryart

Pastikan untuk tidak meninggalkan handphone maupun dompet tidak pada tempatnya setelah melakukan transaksi. Kamu bisa cek berkala barang-barang berharga di dalam tas untuk memastikan tetap aman. Lalu, jangan lupa untuk menjaga barang-barang belanjaan agar tidak tertinggal.

Apakah kamu sudah siap berkunjung ke Jakarta Fair, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


 

(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *