Berita

Ulang Tahun Jakarta ke-947, Ada Gebyar Seni Budaya Betawi di Setu Babakan

×

Ulang Tahun Jakarta ke-947, Ada Gebyar Seni Budaya Betawi di Setu Babakan

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Di akhir pekan ini, ada Gebyar Seni Budaya Betawi di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan. Acara yang dihelat Pemerintah Kota DKI Jakarta itu bagian dari perayaan hari ulang tahun atau HUT Jakarta yang ke-947.

Mengusung tema “Jakarta Kota Global Berjuta Pesona”, rangkaian acara kebudayaan tersebut sebetulnya sudah dimulai sejak awal bulan Juni, tepatnya pada Ahad, 2 Juni 2024 lalu. Rangkaian kegiatan seperti pengenalan budaya betawi hingga pagelaran seni ini akan berakhir pada 30 Juni nanti, menurut informasi yang tertera pada laman Instagram resmi Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan @pbbsetubabakan. 

Rangkaian Acara di Setu Babakan

Sebagai puncak acara, terdapat beragam kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu, 22 Juni 2024. Berdasarkan susunan acara yang diunggah di Instagram pada Jumat, 14 Juni 2024, acara akan terbagi menjadi 3 sesi yang diadakan di beberapa lokasi berbeda, seperti Plaza Museum, Bantaran Setu Babakan, dan Ampiteater.

Pada sesi pertama, terdapat kegiatan tebar benih ikan tawas yang dilakukan di bantaran Setu Babakan. Kebudayaan Betawi yang ditampilkan di acara pembukaan adalah penampilan rebana biang dilanjutkan dengan tari selamat datang.

Setelahnya, peresmian pameran “Mengikat Warna Menjalin Makna: Pakaian Betawi dari Masa ke Masa” oleh Kepala Dinas Kebudayaan Prov DKJ sebagai pembukaan gebyar dilanjutkan dengan penampilan tari Betawi dan penampilan musik keroncong.

Sesi kedua menjadi sesi workshop gratis yang dapat diikuti oleh seluruh pengunjung. Beberapa workshop yang diadakan secara bersamaan mulai dari pukul 14.30 itu adalah workshop kuliner, pantun, mewarnai gambar, dan permainan tradisional betawi. Workshop yang diestimasikan selesai dalam waktu satu setengah jam tersebut akan dilanjutkan dengan penampilan Tari Betawi dan permainan musik Gambang Kromong.

Workshop serupa juga telah dilaksanakan di tanggal-tanggal lain di bulan yang sama, yaitu 2, 9, 16 Juni, dan akan diadakan pada 30 Juni mendatang. Kegiatan tersebut digelar bersamaan dengan Pagelaran Kesenian Tradisional Budaya.

Rangkaian acara pada Sabtu esok diakhiri pada sesi ketiga yang keseluruhan agendanya dilangsungkan di Ampiteater. Acara dibuka dengan sambutan Wali Kota Jakarta Selatan dan pelepasan burung gelatik yang terdapat pada lambang kota administrasi Jakarta Selatan dan dilanjutkan dengan penampilan Ratu Gelatik Kepak Sayap dari Selatan dan Lenong Dedes.

Adapun pada Ahad, 23 Juni 2024, di Setu Babakan akan ada pagelatan kesenian dari Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Selatan mulai pukul 11.00. Tertarik ke Setu Babakan di akhir pekan esok, Sahabat Cantika? 

Pilihan Editor: Dodol dan Roti Buaya di Pernikahan Betawi Punya Makna Spesial

HANIN MARWAH

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *