Berita

4 Cara Paling Efektif untuk Menyembuhkan Gangguan Narsistik

×

4 Cara Paling Efektif untuk Menyembuhkan Gangguan Narsistik

Share this article


Gangguan narsistik atau yang disebut sebagai narcissistic personality disorder mungkin terdengar sepele. Namun, tahukah Beauties bahwa ini bisa menghancurkan diri kita sendiri.

Hal paling buruk yang mungkin bisa terjadi adalah orang dengan gangguan ini bisa membahayakan keselamatan jiwanya sendiri saat merasa gagal mendapat pengakuan dari orang lain. Sebelum hal buruk terjadi pada diri kita sendiri ataupun orang yang kita sayangi, mari kita ketahui bersama beberapa cara paling efektif untuk menyembuhkan gangguan narsistik berikut ini.

1. Memilah Teman

Ilustrasi memilah teman yang baik/Foto: pexels.com/olly

Berbeda dengan jaman saat kita kecil dulu. Di masa kecil, kita bisa berteman dekat dengan banyak orang. Tetapi, semakin dewasa kita semakin harus memilih mana yang bisa kita jadikan teman biasa dan yang bisa kita jadikan sahabat.

Kita bisa berteman dengan siapapun, tetapi jangan jadikan semua temanmu sahabat. Karena jika kita kita bersahabat dengan teman yang salah, kita akan terjerumus pada hal negatif yang seharusnya bisa kita hindari.

2. Menggali Potensi Diri

Ilustrasi menggali potensi diri/Foto: pexels.com/mediocrememories

Orang yang mengalami gangguan narsistik biasanya tidak mampu mengenali potensi diri. Karena terlalu fokus mengejar pengajuan dari orang lain, kita jadi lupa tentang bakat dan potensi besar yang ada pada diri kita.

Setiap orang memiliki kehebatannya masing-masing, maka kita tidak boleh iri terhadap kemampuan yang dimiliki orang lain. Mari kita berpikir, jika mereka bisa berprestasi dengan kemampuannya, tentu saja kita juga pasti bisa berprestasi melalui kemampuan yang kita miliki.


3. Berani Melihat Kegagalan

Ilustrasi berani melihat kegagalan/Foto: pexels.com/yankrukov

Semua orang pasti menginginkan kesuksesan dalam hidupnya. Tetapi, bagaimana jika kita tidak berhasil meraih kesuksesan dalam hidup, meski kita sudah berjuang sekeras mungkin? Mari kita mengganti kata ‘tidak’ menjadi ‘belum’.

Kegagalan merupakan kesuksesan yang tertunda. Jika kita belum berhasil saat ini, maka ada kemungkinan bahwa kita akan meraih kesuksesan di masa yang akan datang. Itu sebabnya kita harus berani melihat kegagalan.

Setiap kegagalan tentu ada alasan mengapa bisa terjadi, maka lihatlah kembali lebih detail setiap langkah dari usahamu. Jika kita meneliti lebih dalam lagi, tentu ada celah yang kita lewatkan sehingga kita belum berhasil meraih kesuksesan.

4. Menghilangkan Tujuan yang Tidak Realistis

Ilustrasi merencanakan masa depan/Foto: pexels.com/olly

Dalam hidup, tentu kita memiliki impian setinggi langit. Meski begitu, kita tetap harus melihat kemampuan yang kita miliki. Sebagai contoh, menyanyi dengan nada indah dan tidak sumbang saja kita kesusahan, bagaimana kita bisa menjadi seorang penyanyi hebat yang bersuara merdu? Hal ini sama seperti seekor ikan yang tidak bisa dipaksa berjalan di daratan.

Istilah tersebut bukan berarti kita harus mematahkan impian dan membatasi kemampuan dalam diri. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, setiap orang memiliki potensi yang berbeda-beda. Kuncinya adalah, lihatlah kemampuan yang kita miliki dan dan tetap fokus mengembangkan potensi diri. Kemampuan kita mungkin berbeda dengan yang dimiliki orang lain, tetapi kita bisa menjadi hebat jika bisa mengolah dan mengembangkannya dengan baik.

Keempat hal di atas merupakan kunci utama agar kita bisa menyembuhkan gangguan narsistik. Jika ingin menonjol dan ingin orang lain mengakui kehebatan kita, maka kenali dan kembangkan potensi hebat dalam diri kita sendiri. Jangan terlalu fokus dengan gemerlapnya dunia, karena dunia yang menyilaukan bisa membutakan mata dan menutup indahnya masa depan dalam hidup.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *