Berita

5 Ide Kegiatan Asyik dan Bermanfaat Tanpa Gadget saat Liburan Sekolah

×

5 Ide Kegiatan Asyik dan Bermanfaat Tanpa Gadget saat Liburan Sekolah

Share this article


Sekarang ini smartphone dan tablet seakan menjadi kebutuhan primer yang paling penting dalam kehidupan. Memang, sih, kecanggihan teknologi tersebut sangat memudahkan beragam sektor dalam hidup. Namun pernahkah kamu mencoba beraktivitas  selama seharian saat liburan tanpa kehadiran gadget?

Sebetulnya, nggak ada salahnya kok dengan penggunaan handphone saat liburan. Kehadiran gadget diperuntukkan untuk memotret momen atau memudahkan kamu untuk menghubungi orang lain. Yang perlu digarisbawahi, kamu tidak selalu mengecek hp setiap saat liburan, ya, Beauties.

Terlebih lagi jelang liburan kenaikan kelas anak, membuat sebagian para ibu kebingungan mencari referensi untuk mengisi hari libur agar anak tidak suntuk. Alhasil, kebanyakan yang ditemukan, para orangtua memberikan handphone atau tayangan televisi. 

Sayangnya, penggunaan HP maupun layar digital lain akan membuat anak semakin canduterhadap teknologi ini. Dikutip dari Education Times, menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar memungkinkan anak mengalami potensi cacat postur tubuh, ketidaktarikan emosional, dan kerentanan penyakit mental. 

Nah Beauties, daripada menyalahkan teknologi digital ini, alangkah lebih baiknya kamu mencari alternatif aktivitas yang seru selama liburan sekolah anak. Dirangkum dari beberapa sumber, berikut ini 5 ide asyik habiskan liburan anak tanpa gadget.

Pergi ke Alam

Ilustrasi/Foto: Freepik

Liburan ke alam bisa dengan pergi ke gunung, curug, laut, pantai, dan lainnya. Aktivitas di alam dapat meningkatkan kreativitas anak, lho, Beauties! Selain itu, manfaat yang akan dirasakan anak ketika pergi ke alam bebas di antaranya seperti meningkatnya fungsi panca indera, menurunkan tingkat stres pada anak serta anak jadi lebih mencintai lingkungan alam.  

Menjadi Volunteer
Ilustrasi bersukarelawan/ foto : freepik/ prostooleh

Ilustrasi/Foto: Freepik

Beauties, kamu nggak harus mengikuti anak ke dalam kegiatan volunteer seperti layaknya orang dewasa kok. Kamu hanya perlu membiarkan anak-anak secara sukarela membantu pekerjaan rumah yang sesuai dengan seusianya. Misalnya, mengajak anak untuk membantu membersihkan rumah atau melakukan aktivitas di panti asuhan dengan anak-anak lainnya. 

Kunjungi Kebun Binatang
Ilustrasi ke kebun binatang/ foto : freepik

Ilustrasi/Foto: Freepik

Beraktivitas liburan dengan mengunjungi kebun binatang menjadi cara terbaik saat liburan. Dengan berjalan kaki dan saling berdiskusi tentang aneka ragam binatang akan mempererat hubungan antara orangtua dan anak. Selain itu, harga tiketnya yang murah meriah bikin sejumlah orangtua memilih menghabiskan waktu liburan ke destinasi yang satu ini.

Mencoba Berbagai Resep Masakan
Ilustrasi memasak/ foto : freepik

Ilustrasi/Foto: Freepik

Selanjutnya, aktivitas liburan tanpa gadget yang super hemat tanpa mengeluarkan budget dengan mengajak anak mencoba berbagai resep makanan. Biasanya, anak-anak yang dilibatkan dalam memasak akan mudah tertarik untuk mencoba macam makanan lain. Mereka pun semakin mengenal beragam bahan makanan beserta rasa makanannya. 


Bermain Puzzle
Ilustrasi bermain puzzle/ foto : freepik

Ilustrasi/Foto: Freepik

Permainan puzzle melatih motorik dan memori anak sebab mereka akan mencoba mengingat pola potongan, gambar, dan tulisan pada puzzle. Salah satu manfaat yang didapatkan anak dengan bermain puzzle akan membuat anak memiliki kemampuan spasial yang lebih baik dibandingkan anak yang lain. 

Wah Beauties, ternyata liburan asyik tanpa gadget itu bisa kamu lakukan dengan mudah, lho. Apalagi manfaat positif yang didapatkan begitu banyak dibandingkan menghabiskan waktu dengan gadget. Selamat berlibur!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *