Berita

Penghasil Zaitun hingga Negara dengan Lagu Kebangsaan Tanpa Lirik

×

Penghasil Zaitun hingga Negara dengan Lagu Kebangsaan Tanpa Lirik

Share this article


Apa yang Beauties tau tentang Spanyol selain klub bolanya, FC Barcelona dan Real Madrid CF? Negara dengan luas sekitar 505.370 km persegi ini, memiliki banyak fakta unik lho, Beauties!

Benarkah Spanyol menjadi salah satu dari empat negara dengan lagu kebangsaan tanpa lirik hingga penghasil minyak zaitun terbesar di dunia? Bahkan kabar terbaru, harga minyak zaitun di negara ini melonjak 50 persen dari tahun sebelumnya.

Daripada penasaran, yuk simak 4 fun fact negara Spanyol yang perlu Beauties tau!

1. Spanyol: Penghasil Minyak Zaitun yang Harganya Meroket Parah!

Spanyol menjadi negara penghasil minyak zaitun terbesar di dunia/foto: freepik.com/freepik

Tau nggak sih, ternyata Spanyol menjadi negara penghasil minyak zaitun terbesar di dunia. Melansir International Olive Oil, Spanyol, Italia, dan Yunani adalah pasar minyak zaitun yang paling representatif di Uni Eropa. Bahkan, ketiga negara itu berhasil menyumbangkan 60 persen produksi minyak zaitun secara global.

Dalam laporan North American Olive Oil Association, Negeri Matador konsisten memproduksi 45 persen minyak zaitun untuk dunia dalam periode tertentu.

Pada Januari 2024 lalu, harga minyak zaitun di Spanyol meningkat tajam 50 persen dibandingkan periode Januari 2023, mengutip Eurostat. Laporan kenaikan harga itu dipicu lantaran adanya krisis iklim dan naiknya harga barang pokok di Benua Biru. Tak hanya Spanyol, negara Uni Eropa lainnya juga mengalami nasib yang sama.

Per 15 Januari 2024, International Olive Oil melaporkan harga minyak zaitun di Spanyol. Diketahui, harga minyak zaitun jenis virgin olive oil mencapai 882,5 euro per 100 kg. Sementara untuk jenis extra virgin olive oil dan refined olive oil masing-masing mencapai 902,5 euro per 100 kg dan 867,5 euro per 100 kg.

2. Lagu Kebangsaan Spanyol: Hanya Berupa Melodi Tanpa Lirik

Lagu kebangsaan Spanyol bernama Marcha Real/foto: freepik.com/brgfx

Sekarang bergeser ke lagu kebangsaan Spanyol. Berbeda dengan lagu kebangsaan pada umumnya, lagu kebangsaan negara Spanyol hanya berupa melodi tanpa lirik. Pemerintah Spanyol memutuskan untuk menggunakan lagu kebangsaan tanpa susunan lirik sejak 1978.

Diketahui, nama lagu kebangsaan Spanyol adalah Marcha Real atau dalam bahasa Inggris ‘Royal March’. Menurut Keputusan Kerajaan Spanyol 1560/1997, Marcha Real terdiri atas frasa panjang 16 bar tanpa kata yang dibagi menjadi dua bagian dalam bentuk AABB, kunci B-flat mayor, tempo 76 bpm (♪=76), dan durasi 52 detik.

Lagu Marcha Real memiliki tiga aransemen resmi yang digunakan untuk kepentingan orkestra, band militer, dan organ.


3. Spanyol: Sarang Lahirnya Maestro Lukis Legendaris

Lukisan Guernica karya Pablo Picasso/foto: instagram.com/abstract.mag

Buat pecinta seni lukis pasti mengenal sosok Salvador Dali, Pablo Picasso, dan Francisco Goya. Ketiganya adalah pelukis terkenal di dunia. Raganya memang sudah pergi, tetapi karyanya masih lekat dalam ingatan.

Salvador Dali, seorang seniman surealis asal Spanyol. Salah satu lukisan legendarisnya adalah Persistence of Memory yang dibuat pada tahun 1931. Kini, karya abadinya disimpan di Museum Seni Modern, New York. 

Taukah lukisan Guernica? Ya, itu salah satu lukisan surealis paling terkenal di sepanjang karier Pablo Picasso. Jika lukisan Salvador Dali tersimpan di New York, lukisan Guernica karya Picasso disimpan di Museum Nasional Museo Reina Sofia, Madrid.

Sementara Francisco Goya, dia adalah seniman Spanyol paling berpengaruh di akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19. Lukisan Goya yang paling ikonis, dua di antaranya Saturn Devouring His Son dan Third of May 1808.

4. Bahasa Spanyol Mengudara di 22 Negara dan Masuk Bahasa Resmi UNESCO!

Bahasa Spanyol diterapkan di 22 negara/foto: unplash.com/brooke cagle

Bahasa Spanyol menjadi bahasa resmi di 22 negara, termasuk Meksiko, Argentina, dan Chili. Menurut penuturan World Data, bahasa Spanyol paling banyak diterapkan di negara Meksiko dengan 114,75 juta penutur asli. 

Selain itu, bahasa Spanyol masuk 10 besar bahasa resmi UNESCO dan bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. 

Nah, itulah 4 fun fact dari negara Spanyol. Gimana, adakah fun fact lain yang belum disebutkan? Kalau ada, coba komen di bawah ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.  


(ria/ria)





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *