Berita

3 Ciri Utama Orang yang Mudah Beradaptasi Menurut Psikolog

×

3 Ciri Utama Orang yang Mudah Beradaptasi Menurut Psikolog

Share this article


Kehidupan merupakan sebuah siklus yang dinamis dan penuh perubahan. Maka dari itu, manusia harus siap dengan segala hal yang akan berubah dalam hidup setiap harinya.

Dilansir dari Very Well Mind, memiliki fleksibilitas psikologis sangat penting bagi kesehatan mental, karena hal ini akan mengurangi stres, kecemasan, maupun permasalahan psikologis lainnya.

Selain itu, menjadi fleksibel secara psikologis akan membuat Beauties menjadi lebih percaya diri, meningkatkan hubungan interpersonal, terbuka pada pengalaman, dan meningkatkan kesejahteraan diri.

Nah, kira-kira, bagaimana ciri-ciri orang yang fleksibel atau mudah beradaptasi ini? Berikut rangkumannya!

Ciri-Ciri Orang yang Fleksibel atau Mudah Beradaptasi

Ilustrasi/Foto: Freepik/Phonlamaistudio

  1. Dapat Menerima Emosi Negatif. Seseorang yang fleksibel secara psikologis biasanya belajar untuk menerima kecemasan dan stres tanpa menghakimi. Hal ini dapat membantu mereka untuk menghadapi situasi sulit dengan tenang dan resilien.
  2. Dapat Menghadapi Kegagalan. Kegagalan dalam kehidupan individu yang fleksibel seperti kehilangan pekerjaan dapat dihadapi secara positif dengan mengambil langkah untuk mencari pekerjaan lain. Fleksibilitas membuat mereka dapat menghadapi tantangan dan meregulasi stres dengan lebih efektif.
  3. Dapat Menemukan Kepuasan Hidup. Mengembangkan fleksibilitas psikologis dapat membantu seseorang untuk menemukan tujuan hidup. Hal ini membuat mereka dapat merespon segala perasaan dengan terbuka dan menyelaraskan perilakunya sesuai dengan prinsip hidup yang dipegang.


Cara Menjadi Orang yang Bermental Fleksibel

Ilustrasi/Foto: Freepik

Jika Beauties ingin menjadi pribadi dengan mental yang fleksibel dan mudah beradaptasi, berikut hal-hal yang bisa dilakukan:

  1. Berlatih Mindfulness. Mindfulness adalah menjadi individu yang hadir utuh dalam momen saat ini, sehingga Beauties dapat lebih sadar akan emosi, pikiran, sensasi dan persepsi di lingkungan sekitar. Mindfulness dapat dilatih dengan meditasi, yoga, atau aktivitas lain yang membuat Beauties lebih sadar dan siap untuk beradaptasi dengan perubahan di sekitar.
  2. Menerima Segala Pikiran yang Ada. Cobalah untuk menerima bahwa ketidakpastian dan ketidaknyamanan adalah bagian dari hidup Beauties. Alih-alih menghindar, Beauties bisa mencari cara untuk menerima hal-hal tersebut dan ingatlah bahwa ketidaknyamanan itu sementara.
  3. Tantang Pikiran-Pikiran yang Tidak Membantu. Manusia seringkali memiliki pikiran negatif yang belum tentu terjadi. Maka dari itu, daripada memikirkan hal negatif, tanyakan pada diri Beauties apakah hal itu bermanfaat. Beauties bisa mencoba mengganti pemikiran negatif dengan sesuatu yang lebih netral, seperti “Saya tidak tahu apakah saya akan berhasil, namun saya akan berusaha sebaik mungkin.”

Dengan pemikiran ini, Beauties dapat membuka rasa optimis menuju kesuksesan sekaligus belajar dari pengalaman. Selamat mencoba, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *