Berita

5 Kombinasi Buah Ini Tidak Boleh Dibuat Jus, Ketahui Alasannya!

×

5 Kombinasi Buah Ini Tidak Boleh Dibuat Jus, Ketahui Alasannya!

Share this article


Jus merupakan minuman sehat yang berasal dari buah maupun sayuran segar. Beberapa orang tidak bisa atau suka makan buah dan sayur utuh, maka jus sebagai solusi untuk menjadi pendamping makanan seimbang. Jus diyakini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Melansir detikFood, jus buah merangsang pembuangan racun serta asam yang ada dalam tubuh. Sementara itu, jus sayuran dapat menenangkan saraf yang letih dan membuang racun di tubuh.

Situs Juicing melaporkan bahwa tidak semua buah bisa dikombinasikan. Bahkan tidak boleh mencampur lebih dari tiga macam buah dalam satu minuman jus. Hal itu disebabkan tiap buah memiliki kecepatan pencernaan yang berbeda-beda.

Situs tersebut menyarankan beberapa kombinasi buah yakni: buah manis dengan subasam, buah subasam dengan buah asam, serta buah asam dengan buah sayuran.

Lantas, kombinasi buah apa saja yang tidak boleh dibuat jus? Simak selengkapnya yuk!

1. Buah Asam dengan Buah Manis

Nanas, Pisang, dan Apel/Foto: Pixabay

Mengutip detikHealth, Beauties tidak boleh mencampurkan buah asam (stroberi, jeruk, nanas, atau lemon) ataupun buah subasam (apel, pir, atau delima) dengan buah manis (anggur, pisang, atau kismis).

Hal itu dilakukan agar sistem pencernaan bisa berjalan dengan baik dan lancar. Namun, buah asam dan subasam dapat dikonsumsi secara bersamaan.

2. Buah dengan Sayuran

Wortel dengan Jeruk/Foto: Pinteres/YumTastic Foodie

Saat ini banyak orang yang mengonsumsi healthy food seperti salad, smoothies, hingga jus sehat untuk diet dan hidup sehat. Makanan seperti itu mengharuskan Beauties untuk mencampurkan buah dan sayuran secara bersamaan.

Padahal, kedua nutrisi tersebut mempunyai kecepatan cerna yang berbeda. Buah lebih mudah dan cepat dicerna namun mengandung gula yang lebih banyak. Itulah yang bisa mengganggu proses pencernaan dari sayuran yang ternyata memiliki waktu cerna yang lebih lama.

Contohnya saja, Beauties tidak boleh mencampur jeruk dan wortel lantaran menyebabkan heartburn dan refluks asam.

3. Jambu dengan Pisang

Pisang dengan Jambu Biji/Foto: Everypixel

Jangan pernah mencampur jambu dengan pisang saat membuat jus. Banyak studi yang mengklaim bahwa kedua buah tersebut ternyata bisa menyebabkan sakit kepala, rasa mual, serta acidosis.


4. Melon dan Semangka dengan Buah Lainnya

Melon, Semangka, dan Blewah/Foto: Tasting Table

Melon dan semangka sebaiknya dikonsumsi sendiri-sendiri dan tidak boleh dicampur dengan buah lainnya ketika membuat jus. Pasalnya, itu tidak bisa dicerna bersamaan dengan baik apabila digabungkan dengan buah lainnya.

Dalam laman Healthshots, seorang konselor diet Dr. Swathi Reddy (PT) mengungkapkan buah melon paling cepat dicerna karena memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Tidak hanya melon dan semangka saja, blewah dan muskmelon juga tidak boleh dicampur dengan buah-buah lainnya.

5. Pepaya dengan Lemon

Pepaya dan Lemon/Foto: Unsplash/Ed O’Neil

Beauties juga harus menghindari untuk mencampurkan papaya dengan lemon. Mungkin terdengar aneh dan tidak biasa, namun tetap harus menghindari kombinasi tersebut.

Anemia dan ketidakseimbangan hemoglobin menjadi beberapa konsekuensi dari pencampuran ini. Dr. Reddy juga berpendapat kombinasi pepaya dengan lemon juga sangat berbahaya untuk anak-anak.

Beauties, itu dia sederet kombinasi buah yang tidak boleh dicampur menjadi jus. Catat ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *