Berita

5 Rutinitas Skincare Setelah Olahraga, Cuci Muka yang Utama dan Tak Bisa Ditawar

×

5 Rutinitas Skincare Setelah Olahraga, Cuci Muka yang Utama dan Tak Bisa Ditawar

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Sebagian dari kita berolahraga di pagi hari, sementara yang lain lebih memilih sesi olahraga di malam hari. Apa pun pilihannya, satu hal yang perlu diperhatikan adalah rutinitas skincare setelah olahraga.

“Berolahraga dapat menyebabkan keringat berlebih, yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, jerawat, atau timbulnya folikulitis,” kata dokter kulit bersertifikat Joyce Park dikutip dari Byrdie.

Gesekan kulit akibat pakaian olahraga yang ketat juga dapat menyebabkan iritasi, bahkan rambut tumbuh ke dalam. Selain itu, pusat kebugaran dan lingkungan olahraga dapat menampung bakteri yang dapat berpindah ke kulit Anda, sehingga berpotensi menyebabkan infeksi atau jerawat.

Dengan mengingat informasi ini, para ahli sepakat bahwa penting untuk membersihkan dan melembabkan kulit secara menyeluruh setelah setiap olahraga. Berikut rutinitas perawatan kulit alias skincare usai olahraga, menurut dokter kulit.

1. Cuci Muka

Langkah pertama dalam rutinitas perawatan kulit usai olahraga adalah mencuci muka. “Membersihkan kulit adalah hal yang penting setelah berolahraga karena kotoran, minyak, dan bakteri tertinggal di kulit dan pori-pori terbuka, yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat,” kata dokter kulit bersertifikat Adriana Lombardi.

“Aliran darah ke kulit meningkat, dan mungkin lebih sensitif dari biasanya, jadi menggunakan pembersih yang lembut adalah ide bagus di kondisi tersebut,” ucap pendiri Skin Cancer & Cosmetic Surgery Center of NJ itu menambahkan.

Jika Anda menginginkannya, dokter Park menyarankan untuk melakukan pembersihan ganda alias double cleansing, yang berarti Anda memulai dengan pembersih berbahan dasar minyak, kemudian dilanjutkan dengan pembersih berbahan dasar air. 

Jika Anda sedang bepergian dan tidak sempat mencuci muka, sebaiknya gunakan lap. Dokter kulit bersertifikat Joyce Park merekomendasikan penggunaan tisu wajah yang mengandung micellar water karena dapat menenangkan kulit.

2. Eksfoliasi Wajah

Setelah dibersihkan, dokter Park menyarankan untuk menggunakan exfoliant lembut di wajah Anda. “Pengelupasan kulit sangat penting setelah berolahraga karena kulit Anda rentan terhadap penyumbatan pori-pori akibat keringat dan kotoran yang menempel di permukaan kulit Anda,” katanya.

Exfoliant tersedia dalam berbagai format seperti cairan, serum, pembalut, atau masker. Carilah formula dengan bahan-bahan seperti asam alfa hidroksi, asam beta hidroksi, asam salisilat, atau asam glikolat.

3. Eksfoliasi Tubuh

Setelah berkeringat dari ujung kepala hingga ujung kaki, penting juga untuk melakukan eksfoliasi di bagian bawah leher. Menurut dokter Park, mulailah dengan menggunakan sabun mandi eksfoliasi yang membantu mengelupas dan melembapkan pada saat yang bersamaan.

Dokter Park merekomendasikan sabun dengan kandungan bahan-bahan seperti retinol atau asam salisilat. Anda juga dapat meningkatkan manfaat menghaluskan kulit dengan menggunakan sarung tangan eksfoliasi saat mandi.

4. Melembapkan dan Melembapkan

Ada kemungkinan kulit Anda mengalami dehidrasi setelah berolahraga, jadi penting untuk melakukan rehidrasi. “Mengisi kembali kulit dengan vitamin dan nutrisi yang membantu mengurangi kemerahan dan rehidrasi adalah hal yang penting,” kata dokter Lombardi.

Dia merekomendasikan memulai dengan menggunakan skin mist yang menghidrasi dan menenangkan.  dengan kandungan asam hialuronat, teh hijau, air mawar, atau witch hazel.

Setelahi tu, Anda perlu mengoleskan pelembab ringan untuk lebih meningkatkan tingkat kelembapan kulit. Selain itu, Dr. Lombardi menyarankan minum banyak cairan untuk memulihkan hidrasi internal.

5. Oleskan Tabir Surya

Mengoleskan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar ultaraviolet (UV) merupakan hal yang penting, terutama saat menggunakan produk eksfoliasi. “Tabir surya sepanjang dua hingga tiga jari sudah cukup untuk wajah dan leher Anda, dan pastikan untuk mengoleskannya kembali setiap dua jam,” kata dokter Park.

Ingatlah bahwa pasca-olahraga bukanlah satu-satunya waktu untuk menggunakan tabir surya. Jika Anda berolahraga di luar ruangan, pastikan untuk menggunakan tabir surya sebelum berolahraga untuk mencegah paparan sinar UV yang berbahaya,” kata Dr. Park.

Setelah berolahraga dengan banyak keringat, para ahli kulit merekomendasikan untuk segera melakukan rutinitas perawatan kulit setelah olahraga. “Mandilah sesegera mungkin,” kata dokter Park.

“Anda tentu tidak ingin bermalas-malasan dengan pakaian yang berkeringat atau dengan keringat dan kotoran lain yang menempel di kulit Anda. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan timbulnya jerawat,” ucapnya.

Meskipun ahli kulit umumnya merekomendasikan pembersihan, pengelupasan kulit, melembapkan, dan mengoleskan tabir surya setelah berolahraga, rutinitas Anda mungkin perlu disesuaikan tergantung pada jenis kulit Anda. “Rutinitas perawatan kulit Anda mungkin berbeda jika Anda memiliki kondisi kulit yang sudah ada sebelumnya, tetapi pembersihan dan hidrasi adalah langkah terpenting setelah berolahraga,” kata dokter Levine.

Seperti biasa, jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan rutinitas skincare setelah olahraga yang sesuai dengan Anda.

Pilihan Editor: Berikut Rutinitas Skincare Pagi dan Malam untuk Kulit Berminyak, Menurut Dokter

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *