Berita

Indonesia Punya Pantai Pasir Putih Terhalus di Dunia, Inilah Potretnya!

×

Indonesia Punya Pantai Pasir Putih Terhalus di Dunia, Inilah Potretnya!

Share this article


Maluku memiliki pesona yang luar biasa. Itu terbukti dengan memiliki pesisir pantai yang dijuluki pantai terhalus di dunia. Ialah Pantai Ngurbloat atau yang dikenal juga dengan Pantai Pasir Panjang yang terletak di bagian barat Pulau Kei Kecil tepatnya di Desa Wisata Ngilngof.

Beauties pun harus merasakan halusnya pasir putih seperti tepung ini sambil bertelanjang kaki setidaknya sekali seumur hidup. Tak heran jika National Geographic menjadikan pantai tersebut menjadi salah satu pantai yang memiliki pasir terhalus di dunia, seperti yang dikutip detikTravel.

Daya tarik pesona inilah yang membuat para wisatawan berkunjung ke Pantai Ngurbloat dengan menikmati sunset sembari minum es kelapa dan makan pisang goreng enbal yang dicocol sambal tomat.

Pantai dengan Pasir Terhalus Kedua di Dunia

Pantai Ngurbloat, Pantai Pasir Putih Terhalus di Dunia/Foto: Grid Hot

Berdasarkan CNN Indonesia, Pantai Ngurbloat ini disebut sebagai pantai dengan pasir terhalus kedua di dunia setelah Hawaii. Hamparan pasir putihnya membentang hingga lima kilometer dengan ribuan pohon kelapa di pinggir pantainya. Air laut biru yang jernih dan ombak yang tenang turut memanjakan para pengunjung untuk betah berlama-lama di sini.

Oleh karena pasirnya halus seperti tepung terigu, maka jika Beauties menggenggamnya, maka pasirnya langsung mudah lolos. Beauties juga bisa diving dan snorkeling di sekitar pantai. Di depan pantai juga ada pulau-pulau cantik seperti Pulau Lik, Lei, Nai, dan Witir.

Untuk ke sini, Beauties bisa naik angkutan umum dari Pasar Langgur menuju Pantai Ngurbloat. Selain itu, Beauties juga bisa sewa mobil seharian di sana.

Makanan Khas Pantai Ngurbloat dan Kepulauan Kei

Embal dan Lat/Foto: Harian Jogja

Keunikan lainnya ketika berkunjung di sini ialah makanan embal yang terbuat dari singkong beracun (kasbi) dan mengandung sianida. Namun, Beauties jangan khawatir bahwa nyawa Beauties tidak akan melayang karena makanan ini harus diproses yang cukup rumit.

Prosesnya kasbi dikupas hingga dicuci. Setelahnya diparut dan diperas dalam karung. Nah, proses pemerasan inilah yang akan menghilangkan racun pada kasbi. Hasil perasan dibiarkan semalaman agar terpisah antara endapan dan air. Kemudian endapan ini menjadi tepung dan diproses kembali menjadi embal. Makanan ini memang sangat khas di sana.

Selain itu, ada juga olahan rumput laut yakni lat. Lat berupa urap dengan cita rasa yang segar dan dipadu dengan kelapa parut. Nantinya makanan tersebut diberi bumbu pedas serta gurih.


Desa Wisata Ngilngof Belum Terekspos dengan Baik

Pantai Ngurbloat/Foto: detikTravel

Namun, keindahan bawah laut di wilayah Desa Wisata Ngilngof, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku ini memang belum tereskpos dengan baik. Pasalnya jaringan internet masih buruk di sana.

Melansir detikTravel, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan bahwa dirinya bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk mengatasi infrastruktur jaringan pada daerah-daerah wisata.

Padahal menurut Sandiaga Uno, Desa Wisata Ngilngof memiliki keindahan alam dengan kehalusan pasir pantainya. Hal ini membuat lokasi berbeda dengan yang lainnya di dunia. Ia pun berkata bahwa Desa Ngilngof ini seperti Pantai Sanur Bali yang menyimpan banyak potensi alam.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


 

(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *