Berita

Ketahui Sederet Makanan dan Minuman yang Pantang Dikonsumsi saat Asam Lambung Naik

×

Ketahui Sederet Makanan dan Minuman yang Pantang Dikonsumsi saat Asam Lambung Naik

Share this article


Salah satu penyakit yang sering dialami oleh orang-orang dengan aktivitas tinggi adalah GERD. Penyakit ini merupakan kondisi asam lambung naik ke kerongkongan. Faktor utama penyebab GERD berhubungan dengan pola makan dan stres berlebihan.

Untuk mengatasi GERD, kamu bisa mengatur jam makan tepat waktu, tidak mengonsumsi makanan dan minuman dengan kadar asam yang tinggi, hingga manajemen stres.

Gejala dari GERD biasanya perut yang terasa sakit, mual, sendawa berlebihan, perut kembung, dan lainnya. Dilansir dari laman Healthline, ada beberapa makanan yang wajib dihindari bagi penderita GERD. Yuk disimak! 

Makanan Pedas

Makanan dan Minuman yang Wajib Dihindari Saat Asam Lambung Naik/Foto: pexels.com/Arina Krasnikova

Saat asam lambung sedang naik, segera hindari konsumsi makanan pedas. Biasanya, makanan yang pedas ini memicu iritasi pada dinding lambung serta asam lambung akan naik lebih cepat.

Kamu bisa mulai dengan makan porsi kecil seperti kentang, pisang, maupun sayur hijau. Hindari untuk langsung mengkonsumsi dairy products seperti keju, mentega, atau yoghurt.

Buah Asam dan Bawang-Bawangan

Makanan dan Minuman yang Wajib Dihindari Saat Asam Lambung Naik/Foto: pexels.com/Pixabay

Nutrisi dari buah memang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, saat asam lambung sedang naik, pastikan untuk menghindari buah-buah dengan kandungan asam yang tinggi seperti jeruk, lemon, tomat, dan lainnya yang berpotensi semakin mengiritasi lambung. Selain beberapa jenis buah, kamu juga wajib menghindari konsumsi bawang secara berlebihan yang dapat mempercepat naiknya asam lambung ke kerongkongan. 


Minuman Berkafein dan Soda

Makanan dan Minuman yang Wajib Dihindari Saat Asam Lambung Naik/Foto: pexels.com/Chevanon

Kandungan kafein yang ada dalam kopi dan teh dapat membuat asam lambung kembali ke kerongkongan karena kendurnya katup antara kerongkongan dan perut. Begitu pula dengan kebanyakan minuman bersoda yang juga mengandung kafein. Biasanya minuman bersoda berpotensi dengan cepat membuat perut terasa kembung.

Susu Tinggi Lemak

Makanan dan Minuman yang Wajib Dihindari Saat Asam Lambung Naik/Foto: pexels.com/Odintsov

Sama seperti efek dari minuman berkafein, susu tinggi lemak juga punya potensi membuat otot antara perut dan kerongkongan menjadi lemah. Kalau kamu butuh konsumsi susu, ada beberapa pilihan seperti susu kedelai maupun susu almond. Bagi penderita GERD, tidak disarankan konsumsi susu tinggi lemak dalam kondisi perut kosong. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


 

(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *