Berita

Profil dan Perjalanan Karier Lisa Blackpink, Usia 14 Tahun Ikut Audisi YG Entertainment

×

Profil dan Perjalanan Karier Lisa Blackpink, Usia 14 Tahun Ikut Audisi YG Entertainment

Share this article


LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Lalisa Manoban atau yang lebih dikenal Lisa Blackpink merupakan idola K-pop yang banyak digandrungi oleh kalangan anak muda di seluruh dunia. Lisa merupakan anggota dari grup perempuan Blackpink di bawah naungan YG Entertainment. Grup beranggotakan Jennie, Rose, Jisoo, dan Lisa itu debut pada 2016. 

Untuk mengenal lebih dekat sosoknya, berikut profil singkat dan perjalanan karier Lisa Blackpink.

Profil Lisa Blackpink

Lisa Blackpink lahir di Buriram Thailand pada 27 Maret 1997. Dia memiliki nama asli Pranpriya Manoban, namun keluarganya memilih mengganti namanya menjadi Lalisa Manoban agar dapat mendatangkan kemakmuran serta kesuksesan. 

Perempuan 27 tahun ini memiliki banyak julukan sejak kecil, seperti Pokpak, Putri Thailand, dan Liz. Lisa sempat bersekolah di Praphamontree II School Thailand. 

Sejak kecil, dia memiliki ketertarikan yang tinggi pada dunia musik dan menari. Hal itu mendorong dia bergabung dengan kelompok tari. 

Lisa Blackpink. FOTO/Instagram/lalalalisa_m

Perjalanan Karier Lisa Blackpink

Saat menginjak usia 14 tahun, Lisa memilih untuk mencoba berpartisipasi dalam audisi agensi YG Entertainment di Thailand dan berhasil memenangkannya. Setelah menang di Thailand, Lisa diberi kesempatan untuk bergabung dengan YG Entertainment sebagai trainee di Korea Selatan pada 2011 yang menjadi awal perjalanannya untuk debut menjadi anggota Blackpink. 

Sejak debut, Lisa mengisi posisi rapper dan vokalis di grupnya. Perempuan yang memiliki tinggi badan 167 cm ini membuka akun media sosial Instagram pada 2018 dan menjadi idola K-Pop pertama yang berhasil menembus 90 juta pengikut di Instagram pada 2023.

Pada September 2021, Lisa menjadi anggota ketiga Blackpink yang melakukan debut solo setelah Jennie dan Rose. Ia merilis album berjudul Lalisa yang berisi dua lagu yakniLalisa” dan “Money”. 

Dikutip dari Soompi, pada Desember 2023, YG mengumumkan bahwa keempat anggota Blackpink telah memperbarui kontrak grup mereka, tapi kontrak solo tidak dilanjutkan. Beberapa waktu kemudian, tepatnya pada 8 Februari 2024, Lisa resmi mengumumkan bahwa dia telah mendirikan agensinya sendiri yakni LLOUD untuk manajemen aktivitas solonya. 

Lisa BLACKPINK. Foto: Instagram.

Penghargaan yang Diraih Lisa Blackpink

Pada 2021 Guinness World Records mengumumkan bahwa Lisa Blackpink resmi memecahkan dua rekor dunia lewat debut solonya. YouTube mengkonfirmasi video musikLalisa” memecahkan rekor dunia sebagai video musik artis solo yang paling banyak ditonton di YouTube.

Dalam 24 jam pertama, “Lalisa” sukses meraih 73,6 juta penayangan, memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang Taylor Swift bersama Brendon Urie dari Panic! at the Disco lewat laguME!” pada 2019. “Lalisa” juga memecahkan rekor baru untuk video musik artis K-Pop solo yang paling banyak ditonton dalam 24 jam

Lisa Blackpink juga memiliki beberapa penghargaan lain antara lain Sertifikasi Gold Single dari SNEP Prancis untuk lagunya yang berjudul “Money”, Bravo Otto Awards for Newcomer/Breakthrough 2021, MTV Europe Music Award for Best K-Pop 2022, dan MTV Video Music Award for Best K-Pop Video 2022.

Pilihan Editor: Hadiri F1 GP Miami 2024, Lisa BLACKPINK Tenteng Tas Mirip Helm Cargloss Seharga Rp 73 Juta

NI MADE SUKMASARI | GEZYTA INOVA RUSYDA | GABRIELLA AMANDA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *