Berita

Saling Berkaitan, 5 Posisi Jerawat di Wajah Bisa Tentukan Kondisi Kesehatan Kamu

×

Saling Berkaitan, 5 Posisi Jerawat di Wajah Bisa Tentukan Kondisi Kesehatan Kamu

Share this article


Memiliki wajah yang mulus dan sehat adalah impian bagi setiap orang, baik perempuan maupun laki-laki semua pasti mengidamkan wajah yang bersih bebas dari jerawat. Berdasarkan riset penelitian di Amerika Serikat, jerawat sebagai penyakit kulit paling sering dialami oleh seseorang pada usia antara 15-40 tahun.

Jerawat atau bahasa ilmiahnya Acne Vulgaris memang bukan penyakit kulit yang dapat mengancam nyawa, namun efek samping jerawat mampu menyerang psikologis si penderita.

Banyak faktor penyebab timbulnya jerawat pada wajah, seperti faktor keturunan/gen, kondisi hormon dan psikis, kebersihan wajah, maupun infeksi bakteri.

Namun, siapa sangka jerawat yang kerap kali membuat jengkel karena kemunculannya, bisa jadi pertanda atau sinyal yang bisa menunjukkan kondisi kesehatan tubuh kamu lho, Beauties. 

Yuk simak penjelasan selengkapnya tentang lima posisi jerawat di wajah, Beauties.


1. Jerawat di Kening

Ilustrasi jerawat wajah di area kening/foto: freepik.com

Jerawat  di area kening bisa jadi adanya gangguan organ hati serta terjadi masalah pencernaan pada tubuh. Hal ini dapat disebabkan karena terlalu berlebihan mengkonsumsi minuman yang mengandung pemanis buatan serta, makanan berminyak serta makanan cepat saji.

Namun terlalu sering begadang juga dapat berpengaruh lho Beauties, sehingga terjadi ketidakefektifan tubuh dalam mengolah racun maka terjadilah penumpukan pada organ hati.

 

2. Jerawat di Pelipis

Ilustrasi ajah berjerawat di area pelipis/foto: freepik.com

Jerawat yang muncul di area pelipis dan sekitarnya kemungkinan penyebabnya jika bukan berkaitan dengan kondisi tubuh, maka adanya gangguan dari fungsi ginjal.

Penyebab paling utama berasal dari makanan yang dikonsumsi, seperti makanan olahan bakso, sosis dan sejenisnya, atau dari minuman beralkohol yang berlebih maupun kurangnya konsumsi air mineral yang mengakibatkan tubuh merasa dehidrasi.

3. Jerawat di Pipi

Ilustrasi wajah berjerawat di area pipi/foto: freepik.com

Pipi adalah area wajah yang sangat penting sebagai penunjang penampilan, jerawat yang tumbuh di area pipi akan sangat mengganggu serta mempengaruhi rasa percaya diri, Beauties.

Bisa jadi munculnya jerawat di area pipi karena adanya gangguan pada organ pernafasan, yang dapat disebabkan karena terpaparnya wajah oleh polusi udara. Hal ini berkaitan juga dengan menjaga kebersihan tangan yang digunakan untuk menyentuh area wajah.

4. Jerawat di Hidung

Ilustrasi wajah berjerawat di area hidung/foto: freepik.com

Bagian hidung yang muncul jerawat pada wajah kamu bisa jadi menandakan adanya kondisi yang tidak stabil pada jantung dan tekanan darah pada tubuh kamu Beauties, yang disebabkan karena konsumsi makanan berlemak berlebih.

Makan terlalu banyak lemak dapat berpengaruh pada area hidung yang memiliki pori-pori lebih besar, hal ini menyebabkan area hidung rawan sekali menjadi berminyak dan tersumbat kotoran, sehingga menjadi mudah juga untuk berjerawat.

 

5. Jerawat di Dagu

Ilustrasi berjerawat di area dagu/foto: freepik.com

Munculnya jerawat di area dagu dan sekitarnya seperti rahang sering dikaitkan dengan masalah fluktuasi hormonal, hal tersebut bisa saja terjadi pada siklus menstruasi dan masa kehamilan bagi para perempuan, serta hormonal lainnya yang juga bisa terjadi pada tubuh laki-laki. Untuk itu diperlukannya menjaga pola makan yang seimbang serta mengelola pikiran dengan baik untuk mengontrol hormon dalam tubuh.

Itulah lima posisi jerawat yang dapat menunjukkan kondisi tubuh kamu Beauties, meski tidak selalu berkaitan namun sejatinya tubuh tetap berkaitan satu sama lain. Pastikan untuk menjaga kesehatan tubuh serta menjaga pola makan yang memiliki pengaruh pada kesehatan wajah, ya.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


 

 

 

(sim/sim)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *