Berita

Suka Makan Telur? Ini 3 Cara Konsumsi Telur yang Aman agar Terhindar dari Kolesterol Tinggi

×

Suka Makan Telur? Ini 3 Cara Konsumsi Telur yang Aman agar Terhindar dari Kolesterol Tinggi

Share this article


Telur merupakan bahan makanan yang dikenal baik untuk kesehatan tubuh karena mengandung lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, hingga kalium. Selain itu, harganya juga relatif murah dan dapat diolah menjadi berbagai menu yang lezat serta mengenyangkan. 

Namun, mengonsumsi telur secara berlebihan tentu juga tidak baik, apalagi bagi penderita kolesterol. Dilansir dari Healthline, satu butir telur rata-rata mengandung sekitar 200 mg kolesterol yang sebagian besar terdapat di bagian kuning telur. Sementara menurut Kemenkes RI, bahwa nilai normal kolesterol dalam tubuh adalah kurang dari 200 mg/dl. 

Lantas, bagaimana cara mengonsumsi telur yang aman agar terhindar dari kolesterol tinggi? Dilansir dari CNBC Indonesia, berikut informasi selengkapnya di bawah ini. Simak!

1. Konsumsi Telur dengan Sayur

Ilustrasi telur dengan sayur/Foto: Freepik.com/freepik

Agar lebih menyehatkan dan terhindar dari kolesterol tinggi, konsumsilah telur bersama sayur. Beberapa jenis sayuran diketahui mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, seperti kol, buncis, selada air, hingga kubis keriting. 

Khususnya kol, dinilai juga baik untuk dikonsumsi dengan telur karena mengandung serat yang tinggi, sehingga baik untuk pencernaan dan metabolisme tubuh. Selain itu, juga dapat menurunkan kolesterol karena mengandung bahan aktif sulforafan, iberin, histidin dan Cyano Hidroksi Butena (CBH).


2. Perhatikan Cara Mengolah Telur

Ilustrasi telur yang digoreng/Foto: Freepik.com/freepik

Untuk mengurangi jumlah kolesterol di dalam tubuh, kamu juga perlu mengetahui cara mengolah telur dengan benar, yaitu dimasak dengan cara direbus, menggunakan jenis minyak yang baik, dan tidak memasak telur terlalu matang. 

Memasak telur dengan cara direbus dinilai lebih baik daripada digoreng, karena tidak menambah jumlah lemak di dalam telur. Namun, hindari juga merebus telur dengan suhu tinggi terlalu lama. Pasalnya, kolesterol di dalam telur dapat teroksidasi dan menghasilkan senyawa oxysterol jika terlalu lama dimasak dalam suhu tinggi. 

Namun jika kamu ingin mengonsumsi telur goreng, pilihlah jenis minyak yang baik, seperti minyak zaitun, minyak alpukat, atau lemak bebas kolesterol. 

3. Batasi Jumlah Konsumsi Telur

Ilustrasi perempuan memegang telur/Foto: Freepik.com/benzoix

Beberapa penelitian menunjukkan, bahwa orang dewasa dengan kadar kolesterol normal dan tidak ada faktor risiko penyakit jantung yang siginifikan, dinilai masih aman mengonsumsi satu hingga dua butir telur per hari. 

Sementara itu, hasil sebuah studi pada tahun 2017 yang telah melakukan eksperimen terhadap 38 orang dewasa sehat menunjukkan, bahwa tiga butir telur per hari dapat meningkatkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan HDL (kolesterol baik) dan rasio LDL ke HDL. 

Hingga kini, para ahli masih belum menyarankan penderita kolesterol untuk mengonsumsi lebih dari dua butir telur per hari. Para penderita kolesterol hanya disarankan untuk mengonsumsi satu butir telur sehari. 

Menurut para peneliti, orang dengan kondisi jumlah kolesterol yang melebihi batas normal perlu membatasi asupan kolesterolnya, yakni kurang dari 200 mg/dl. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *