Berita

Waspada, Perhatikan 3 Ciri Daging Sapi yang Sudah Membusuk

×

Waspada, Perhatikan 3 Ciri Daging Sapi yang Sudah Membusuk

Share this article


Pernahkah kamu berhenti sejenak di depan kulkas dan mengamati sejenak daging sapi yang baru saja kamu ambil? Apakah daging tersebut masih layak untuk dimasak?

Kamu harus mengetahui kondisi daging yang layak untuk dimasak dan kondisi daging yang sudah tidak layak seperti mengalami pembusukan. Daging sapi merupakan tempat ideal untuk tumbuh kembangnya bakteri apalagi jika kamu menyimpannya di dalam suhu ruang.

Nah, jika kamu belum bisa membedakannya berikut 3 ciri-ciri daging sapi yang telah membusuk berdasarkan Daily Meal.

1. Adanya Perubahan Warna

Ilustrasi Daging sapi/Foto: freepik.com/bublikhaus

Saat pertama kali kamu melihat daging sapi yang dijual di pasaran, warna daging memerlihatkan kondisi daging yang segar. Daging sapi pada umumnya memiliki warna merah ceri yang cerah.

Ketika daging berubah warna menjadi kehijauan atau kehitaman pertanda jelas bahwa daging sapi tersebut sudah tidak layak dimasak. Pertumbuhan jamur ditandai dengan adanya lendir atau bercak putih.

Alangkah baiknya daging untuk selalu disimpan di freezer karena daging yang disimpan di dalam suhu ruang akan lebih mudah terkontaminasi bakteri sehingga menyebabkan terjadinya pembusukan.


2. Aroma Daging

Ilustrasi Daging sapi/Foto: freepik.com/chandlervid85

Meskipun secara tampilan daging sapi terlihat baik-baik saja tanpa adanya perubahan warna sebaiknya kamu cek aroma daging terlebih dahulu. Jika daging memiliki bau yang tidak sedap dan sedikit masam, dapat menjadi pertanda adanya pembusukan pada daging.

Perubahan bau terjadi ketika bakteri yang tumbuh menghasilkan gas dan senyawa seperti amonia dan hidrogen sulfida. Daging yang segar tidak memiliki bau menyengat serta memiliki aroma yang khas.

3. Tekstur Daging

Ilustrasi Daging sapi/Foto: freepik.com/freepik

Periksa tekstur daging sapi sebelum kamu masak. Bila kamu menyentuh daging dengan jari lalu menekannya dengan lembut dan ternyata daging itu berlendir atau sangat lengket artinya daging tersebut sudah tidak layak. Daging sapi yang berlendir atau lengket disebabkan oleh tumbuhnya berbagai bakteri dan jamur. Daging sapi yang segar memiliki tekstur yang kenyal ketika disentuh.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *