Berita

5 Manfaat Sinar Matahari Pagi untuk Kesehatan Rambut

×

5 Manfaat Sinar Matahari Pagi untuk Kesehatan Rambut

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Berada di bawah sinar matahari dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan menjaga kesehatan rambut. Inilah manfaat berjemur di bawah sinar matahari pagi bagi kesehatan rambut Anda:

1. Mendukung Pertumbuhan Folikel Rambut

Penelitian menunjukkan bahwa siklus folikel rambut dipengaruhi oleh ketersediaan vitamin D dan kalsium secara bersamaan. Jadi, pertumbuhan folikel rambut tidak hanya memerlukan pasokan vitamin D yang sehat dalam tubuh, tetapi juga nutrisi lain yang terpengaruh. Vitamin D merupakan bagian integral dari penyerapan dan bioavailabilitas nutrisi tertentu, yaitu kalsium dan fosfor.

Kalsium terlibat dalam serangkaian proses fisiologis, yang dalam konteks pertumbuhan rambut, termasuk sinyal sel, dan regulasi hormon dan enzim yang mempengaruhi pembentukan dan siklus folikel rambut.

Sebagai salah satu sumber vitamin D paling alami dan utama, sinar matahari dianggap penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan folikel rambut yang sehat.

2. Dapat Meningkatkan Kadar Zat Besi di Rambut

Defisiensi vitamin D diketahui meningkatkan risiko kekurangan zat besi dan meningkatkan produksi vitamin D melalui paparan sinar matahari dapat membantu meningkatkan kadar zat besi dalam darah.

Zat besi adalah mineral yang jarang dibahas dalam hal kesehatan rambut, namun penelitian menunjukkan bahwa kekurangan zat besi mungkin terkait dengan alopecia areata, telogen effluvium, androgenetic alopecia, dan kerontokan rambut yang menyebar – semua kelainan rambut berbeda yang ditandai dengan kerontokan rambut.

Meskipun terdapat bukti yang tidak meyakinkan mengenai hubungan antara kekurangan zat besi dan kerontokan rambut, penelitian menunjukkan bahwa perawatan rambut rontok menjadi lebih efektif bila kekurangan zat besi telah diobati pada pasien dengan anemia.

Zat besi juga berperan dalam pembaharuan sel, pengangkutan oksigen, dan produksi kolagen — fungsi yang membantu membuat rambut elastis, kuat, berkilau, dan halus.

3. Dapat Mencegah Infeksi Jamur pada Kulit Kepala

Sinar matahari dapat menghambat pertumbuhan infeksi jamur di kulit kepala, termasuk ketombe. Bukti anekdotal tidak hanya menunjukkan bahwa gejala ketombe membaik pada bulan-bulan musim panas (walaupun di tempat dengan kelembapan rendah), namun ada juga bukti yang menunjukkan bahwa paparan sinar matahari menghancurkan sel-sel jamur dan mencegahnya mengambil alih.

Ketombe dan infeksi jamur lainnya dapat menyebabkan rambut rontok karena stres oksidatif dan/atau kerusakan folikel rambut akibat rasa gatal. Jadi, sedikit waktu di luar ruangan dapat memberikan manfaat bagi kesehatan kulit kepala dan pada gilirannya, kesehatan rambut.

4. Meningkatkan Sirkulasi Dan Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Paparan sinar matahari, lebih tepatnya UVA, dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah antara lain karena vasodilatasi. Hal ini tidak hanya berarti kesehatan kardiovaskular yang lebih baik, tetapi juga transportasi dan penyerapan nutrisi yang lebih baik untuk kulit kepala dan rambut Anda, sehingga meningkatkan kualitas rambut.

5. Membantu Mengurangi Stres Dan Menurunkan Risiko Rambut Rontok

Stres tidak hanya buruk bagi kesehatan dan kesejahteraan secara umum tetapi juga buruk bagi rambut. Penelitian menunjukkan bahwa stres dapat menjadi penyebab utama kerontokan rambut dan gangguan terkait seperti alopecia areata.

Untungnya, sinar matahari adalah obat yang mudah untuk meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan suasana hati, dan menurunkan tingkat stres yang dirasakan, seperti yang ditemukan dalam penelitian.

Paparan sinar matahari pagi dapat meningkatkan kesehatan rambut dalam lebih dari satu cara. Namun, penting untuk mengingat risiko yang terkait dengan paparan berlebih – karena jika dilakukan terlalu banyak, hal ini justru dapat merusak rambut, bukannya membantu.

Nah, Sahabat Cantika, itulah 5 manfaat sinar matahari untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut. Disarankan berjemur sekitar 10-15 menit di pagi hari yaitu sebelum pukul 10.00 WIB.

Pilihan Editor: Apakah Sinar Matahari Baik untuk Kesehatan Rambut?

PINKVILLA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *