Berita

3 Cara Agar Hidup Lebih Bahagia Seperti Orang Finlandia Menurut Psikolog

×

3 Cara Agar Hidup Lebih Bahagia Seperti Orang Finlandia Menurut Psikolog

Share this article


Selama beberapa tahun, Finlandia telah dinobatkan sebagai negara paling bahagia di dunia. Hal ini tentu didorong oleh berbagai faktor. Beberapa faktor di antaranya bisa kita contoh dalam kehidupan sehari-hari agar membuat kehidupan kita menjadi lebih bahagia.

Dilansir dari CNBC, berikut adalah 3 hal utama yang bisa membuat hidupmu lebih bahagia seperti orang-orang Finlandia.

1. Kebersamaan dan Koneksi

Jadi Negara Paling Bahagia, Ini 3 Cara Supaya Lebih Bahagia Seperti Orang Finlandia Menurut Psikolog/Foto: Pexels/THIS IS ZUN

Rasa kebersamaan yang kuat membuat kita dikelilingi oleh orang-orang yang peduli satu sama lain. Adanya koneksi dengan orang lain dapat meningkatkan kebahagiaan bahkan dalam keadaan yang sulit. Kegiatan seperti bertemu teman, mengunjungi keluarga, dan berpartisipasi dalam aktivitas sosial dapat meningkatkan rasa memiliki yang berdampak pada kebahagiaan.

Cobalah untuk secara teratur terhubung dengan teman, keluarga, dan komunitas. Berpartisipasilah dalam aktivitas kelompok dan ciptakan peluang untuk interaksi sosial.

2. Melakukan Perbuatan Baik untuk Orang Lain

Jadi Negara Paling Bahagia, Ini 3 Cara Supaya Lebih Bahagia Seperti Orang Finlandia Menurut Psikolog/Foto: Pexels/cottonbro studio

Melakukan perbuatan baik dapat secara signifikan meningkatkan kepuasan hidup dan kebahagiaan. Sebuah studi dari Ohio State University pada tahun 2023 menemukan bahwa individu dengan kecemasan, depresi, dan stres mengalami peningkatan kebahagiaan dengan melakukan perbuatan baik.

Perbuatan ini dapat berupa tindakan sederhana, seperti memberikan pujian, hingga upaya yang lebih besar, seperti membantu rekan kerja atau membelikan hadiah untuk orang yang terkasih.

Jadi, carilah cara untuk membantu orang lain setiap hari, baik melalui tindakan kecil maupun tindakan yang lebih besar.

3. Menemukan Tujuan yang Jelas

Jadi Negara Paling Bahagia, Ini 3 Cara Supaya Lebih Bahagia Seperti Orang Finlandia Menurut Psikolog/Foto: Pexels/Tima Miroshnichenko

Menemukan tujuan yang jelas dalam hidup sering kali terasa sulit, tetapi hal ini sangatlah penting. Menurut Suneel Gupta dalam bukunya “Everyday Dharma: 8 Essential Practices For Finding Success and Joy in Everything You Do,” cobalah temukan tujuan hidup dengan mulai membuat daftar kegiatan yang membawa kita kepada kebahagiaan.

Selanjutnya, lihat dan identifikasi tema-tema umum yang muncul di antara hal-hal tersebut sebagai tujuan hidup kita. Tujuan yang kuat dapat membantu kita untuk bertahan dalam situasi sulit dan memotivasi kita untuk melakukan perubahan positif. 

Itulah 3 hal utama yang menjadi faktor kebahagiaan pada orang-orang Finlandia. Dengan membina ikatan kebersamaan, melakukan kebaikan, dan mencari tujuan yang jelas dalam hidup, kita dapat meningkatkan kebahagiaan serta mendapatkan kepuasan hidup secara keseluruhan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *