Berita

8 Fakta Soal Laser Hair Removal di Ketiak yang Perlu Diketahui

×

8 Fakta Soal Laser Hair Removal di Ketiak yang Perlu Diketahui

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Apakah Anda berencana melakukan laser penghilang bulu ketiak atau underarm laser hair removal? Ketahui beberapa fakta seputar keamanan, proses perawatan hingga kemungkinan efek samping laser penghilangan bulu ketiak menurut pakar

Apakah Laser Penghilang Bulu Ketiak Aman?

Menurut Sevana Petrosian, CEO dan pendiri SEV Laser, penghilangan bulu ketiak dengan laser aman dan disetujui FDA.

“Laser itu sendiri merusak folikel rambut tanpa merusak kulit di sekitarnya, sehingga menghentikan kemampuan folikel untuk menumbuhkan kembali rambut,” katanya dikutip dari Pop Sugar.

Meskipun Anda mungkin mengalami sedikit kemerahan atau iritasi setelah sesi, sebagian besar klinik menawarkan krim yang menenangkan atau lidah buaya yang dapat dioleskan untuk segera menghilangkan masalah tersebut.

Yang terpenting perlu diingat bahwa reaksi ini wajar dan bukan merupakan tanda bahaya.

Apakah Laser Penghilang Bulu Ketiak Permanen?

Laser hair removal di ketiak merupakan metode penghilangan bulu yang paling efektif dan tahan lama dibandingkan mencukur atau waxing. Karena bulu ketiak kita cenderung tumbuh lebih gelap dan tebal dibandingkan bagian tubuh lainnya, mungkin sulit untuk mencapai kehalusan total, tetapi laser adalah pilihan terbaik Anda.

Disarankan agar sebagian besar klien menjalani enam hingga 12 perawatan (dengan perbaikan dijadwalkan di antaranya sesuai kebutuhan), namun setelah hanya beberapa sesi, Anda akan mulai melihat perbedaannya.

Setiap orang berbeda, dan beberapa orang mungkin memerlukan lebih banyak sesi untuk merasakan hasil yang sama. Pada akhirnya, tidak ada jaminan permanen, dan perawatan pemeliharaan mungkin diperlukan untuk mempertahankan hasil yang bertahan lama.

Apakah Laser Penghilang Bulu Ketiak Terasa Sakit?

Tingkat nyeri bersifat subyektif karena toleransi setiap orang berbeda-beda, namun kebanyakan orang menggambarkan penghilangan bulu ketiak dengan laser sebagai sengatan yang sangat kecil (lebih dari sekadar rasa geli, namun kurang dari rasa sengatan).

Banyak laser baru yang dilengkapi dengan penyemprot udara dingin, yang membantu meminimalkan rasa tidak nyaman dan mendinginkan kulit, sehingga rasa sakitnya berkurang. Anda selalu dapat meminta spesialis Anda mengambil jeda jika diperlukan.

Kapan Anda Mulai Melihat Hasil Laser Penghilang Bulu Ketiak?

Meski hasilnya berbeda-beda tergantung tiap orang, banyak orang mulai melihat hasilnya setelah sesi pertama dengan cara menipiskan rambut. Disarankan untuk menunggu satu minggu penuh sebelum bercukur, pada saat itu kemungkinan besar Anda akan melihat sedikit pertumbuhan rambut.

Setelah beberapa sesi pertama, Anda mungkin mulai memperhatikan rambut tumbuh seperti biasa dan rontok dengan cepat karena folikel perlahan mati.

Waktu yang Dibutuhkan untuk Menghilangkan Bulu Ketiak dengan Laser

Untuk area ketiak, sesi laser berlangsung cepat, hanya memakan waktu sekitar dua hingga lima menit. Karena janji temu Anda harus dijadwalkan kira-kira setiap enam minggu (untuk memberikan waktu bagi setiap folikel untuk ditargetkan pada tahap siklus pertumbuhan yang tepat), diperlukan waktu hampir satu tahun atau lebih sebelum perawatan Anda selesai.

Ingatlah bahwa setiap paparan sinar matahari langsung yang terjadi berarti Anda harus menunggu dua minggu tambahan untuk memastikan laser bekerja dengan baik, jadi pertimbangkan liburan Anda untuk memperkirakan total waktu Anda.

Efek Samping Laser Penghilang Bulu Ketiak

Setelah Anda melakukan laser hair removal pada ketiak untuk pertama kalinya, Anda mungkin mengalami pembengkakan, iritasi, atau kemerahan. Dalam kasus yang jarang terjadi, Anda mungkin juga mengalami lepuh atau jaringan parut, meskipun efek samping ini jarang terjadi.

Penghilangan bulu dengan laser juga dapat menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Pigmentasi kulit juga merupakan efek samping yang mungkin terjadi, biasanya lebih sering menyerang mereka yang memiliki warna kulit gelap.

Pra-Perawatan Laser Penghilang Bulu Ketiak

Petrosian merekomendasikan agar semua klien bercukur 24 hingga 48 jam sebelum janji temu mereka untuk mempersiapkan area tersebut. Anda juga sebaiknya tidak menggunakan antibiotik setidaknya dua minggu sebelum janji temu atau suplemen zat besi selama 72 jam sebelumnya.

Area tersebut tidak boleh terkena paparan sinar matahari langsung selama dua minggu agar kulit Anda berada pada warna dasarnya. Ini juga berarti penyamak kulit tanpa sinar matahari tidak boleh digunakan setidaknya dua minggu sebelumnya.

Perawatan Setelah Laser Penghilang Bulu Ketiak 

Setelah perawatan laser penghilang bulu ketiak, Anda harus menghindari mandi air panas, sauna, dan olahraga intens setidaknya selama dua hingga tiga hari. Sama seperti Anda harus menghindari paparan sinar matahari langsung selama dua minggu sebelumnya, Anda juga harus menghindari sinar matahari dua minggu setelahnya.

Selama 24 jam pertama, Anda juga tidak boleh menggunakan deodoran atau produk pewangi lainnya pada area yang dirawat (termasuk sabun).

Terakhir, Anda harus menghindari mencukur atau melakukan eksfoliasi selama seminggu hingga 10 hari setelah perawatan, agar area tersebut tenang.

Jika Anda mengalami kemerahan, bengkak, atau iritasi setelah perawatan, Anda bisa mengoleskan es atau lidah buaya ke area yang terkena untuk meredakannya.

Itulah sederet fakta menarik terkait laser hair removal di ketiak. Semoga membantu, Sahabat Cantika.

Pilihan Editor: Ini Alasan Alexandra Gottardo Membiarkan Bulu Ketiak Tumbuh

POPSUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *