Berita

Mengenal Balut, Makanan Ekstrim dari Filipina yang Ternyata Kaya Manfaat!

×

Mengenal Balut, Makanan Ekstrim dari Filipina yang Ternyata Kaya Manfaat!

Share this article


Suka kulineran? Sudah pernah mencicipi lezatnya makanan bernama balut, belum? Balut? Ya, makanan tersebut cukup popular di negara Filipina. Bahkan, menjadi salah satu makanan khas di Filipina.

Balut adalah makanan berbahan dasar telur bebek yang sudah dibuahi dan dierami hingga terbentuk embrio di dalamnya. Dalam kata lain, di dalam telur itu balut sudah berbentuk unggas kecil yang belum sepenuhnya sempurna bentuknya.

Cara memasaknya pun cukup mudah. Beauties tinggal merebusnya dalam air mendidih sampai matang.

Setelah mengetahui seperti apa balut itu, masih tertarik mencobanya? Memang terdengar ekstrim tapi di balik itu semua, rupanya balut juga mengandung banyak manfaat. Beberapa di antaranya sebagai berikut!

Kaya akan Kolin: Bagus untuk Perkembangan Otak

Balut terbuat dari telur bebek yang kaya akan kolin/foto: instagram.com/telurasin.sby

Beauties perlu tau, bahwa dalam 1 butir telur bebek dengan berat 70 gram mengandung 184 mg kolin, melansir FoodData Central. Nutrisi ini berperan dalam kesehatan otak, neurotransmitter, dan sistem saraf.

Laman Healthline juga menuliskan, kolin memiliki peran penting selama masa kehamilan. Sebab, kolin mendukung perkembangan otak janin yang sehat.


Protein dalam Telur Bebek Tinggi: Bantu Program Diet!

Dalam 100 gram telur bebek mengandung 12 gram protein/foto: instagram.com/noworriesfood

Sudah bukan hal yang aneh bahwasanya telur mengandung protein yang tinggi, baik itu telur ayam maupun bebek. Dalam 100 gram telur bebek mengandung protein sekitar 12 gram. Jika dibandingkan dengan telur ayam hanya 10 gram.

Manfaat dari mengonsumsi makanan tinggi protein rendah kalori seperti telur bebek bisa membantu dalam program diet, Beauties.

Konsumsi makanan berprotein tinggi mampu meningkatkan rasa kenyang dan kontrol nafsu makan, serta menurunkan asupan kalori. Hal tersebut tentu berimbas pada penurunan berat badan.

Itulah manfaat dari balut, makanan ekstrim dari Filipina. Makin tertarik untuk mencobanya atau tidak nih saat berkunjung ke Filipina nanti?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.  


(ria/ria)





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *