Berita

10 Aktivitas Seru Saat Liburan di Bali, Belanja di Pasar Seni hingga Melihat Sawah Ikonik

×

10 Aktivitas Seru Saat Liburan di Bali, Belanja di Pasar Seni hingga Melihat Sawah Ikonik

Share this article


LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Sahabat Cantika suka berwisata apa saja saat ke Bali? Tempat liburan di Bali bukan hanya pantai dan pura saja. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di Bali selain pergi ke pantai atau mengunjungi pura.

Anda bisa mencoba beberapa hal seru di Bali, seperti mengunjungi pasar seni, ke situs-situs yang ada di Bali, hingga menonton kebudayaan Bali yang indah.

Mengutip dari situs resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Wonderful Indonesia, berikut ini 10 hal yang bisa Sahabat Cantika lakukan selama berlibur di Bali.

10 Aktivitas Seru Saat Liburan di Bali

1. Menjelajahi Pura-Pura Bersejarah

Umat Hindu mengantre memasuki pura saat akan melaksanakan persembahyangan pada Hari Suci Siwaratri di Pura Tanah Lot, Tabanan, Bali, Jumat 20 Januari 2023. Persembahyangan di Pura yang berlokasi di tengah laut tersebut berjalan lancar dengan memperhitungkan pasang surutnya air laut. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo

Pura Tanah Lot adalah ikon Bali yang terletak di atas batu karang di tepi laut. Pura ini menawarkan pemandangan yang spektakuler terutama saat matahari terbenam. 

Pura Besakih, pura terbesar dan tertua di Bali, terletak di lereng Gunung Agung dan merupakan pusat spiritual Bali. 

Pura Uluwatu yang terletak di tebing tinggi juga menawarkan pemandangan laut yang luar biasa dan pertunjukan tari kecak yang menarik.

2. Jalan-Jalan di Campuhan Ridge Walk

Hanya sekadar berjalan kaki melintasi Campuhan Ridge Walk bisa membantu untuk menghilangkan stres dan penat. 

Sepanjang jalan bukan hanya perkebunan dan tumbuhan hijau saja yang bisa Anda nikmati. Anda akan menyusuri perjalanan di tengah sungai, melintasi hutan lebat, hingga lembah-lembah eksotis.

3. Berenang di Air Terjun Sekumpul

Masih banyak hidden gem menarik dan seru yang bisa dikunjungi di Bali. Di balik hutan tropis yang rimbun, ada Air Terjun Sekumpul yang dikelilingi tebing hijau.

Selain berenang, Anda juga bisa menikmati keindahan pelangi cantik secara langsung dengan jarak yang cukup dekat.

4. Mengeksplorasi Sawah Terasering

Tegalalang di Ubud adalah salah satu sawah terasering yang paling ikonik di Bali. Pemandangannya yang hijau dan berundak-undak sangat memanjakan mata. 

Kemudian, Anda bisa berkunjung ke Desa Jatiluwih, yang telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, menawarkan pemandangan sawah yang luas dan menakjubkan serta sistem irigasi tradisional Bali yang disebut Subak.

5. Berenang di Diamond Beach

Diamond Beach Nusa Penida termasuk hidden gem yang tersembunyi di antara tebing-tebing tinggi. Adanya tebing tinggi di sekitarnya semakin menyempurnakan keindahan alamnya.

Belum lagi bila Anda berjalan di tangganya dan berfoto. Hasilnya akan sangat bagus karena perpaduan warna laut yang biru eksotis, warna pasir dan tebing yang putih sangat sempurna.

6. Petualangan di Alam

Bali menawarkan berbagai aktivitas petualangan yang menarik. Bersepeda di Ubud adalah cara yang bagus untuk menikmati keindahan pedesaan Bali. 

Mendaki Gunung Batur untuk menyaksikan matahari terbit adalah pengalaman yang tidak boleh dilewatkan. Rafting di Sungai Ayung juga menawarkan pengalaman arung jeram yang menantang dan menyenangkan.

7. Menonton Tari Tradisional Bali

Wisatawan menyaksikan penari yang menampilkan Tari Kecak Uluwatu di kawasan Uluwatu, Badung, Bali, Kamis 11 April 2024. Pengelola Tari Kecak Uluwatu yang merupakan salah satu atraksi wisata utama di Bali itu menambah jadwal pementasan menjadi dua kali sehari dengan kapasitas sekitar 1.000 orang dalam setiap pementasan karena melonjaknya jumlah wisatawan yang berkunjung pada masa libur Lebaran 2024. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Bali tanpa menonton pertunjukan tari tradisional. Tari Kecak di Uluwatu adalah salah satu pertunjukan yang wajib disaksikan, terutama karena dilakukan di tepi tebing dengan latar belakang matahari terbenam. 

Tari Barong di Batubulan juga sangat menarik, mengisahkan pertarungan antara kebaikan dan kejahatan.

8. Belanja di Pasar Seni Sukawati

Jangan sampai terlewat untuk berbelanja di Pasar Seni Sukawati. Ada berbagai produk lokal khas Bali seperti lukisan, pakaian, kerajinan tangan, aksesori, hingga barang rumah tangga yang bisa Anda temukan di Pasar Seni Sukawati.

9. Mencoba Nasi Campur Khas Bali

Pedagang nasi campur di lantai dasar Pasar Ubud, Bali. Tempo/Bintari Rahmanita

Berbicara wisata kuliner, makanan khas Bali cukup banyak dengan bumbu rempah yang khas. Selain mencoba ayam betutu, Anda bisa mencoba nasi campur khas Bali. 

Sekilas memang seperti nasi putih biasa dengan berbagai lauk pauk. Namun, bisa dibilang dalam satu porsi cukup ramai isi piring nasi campur ini. 

Nasi campur khas Bali di dalamnya terdiri dari nasi, sayur urap khas Bali (jukut urap), tum (seperti pepes), ayam suwir, teri kacang, sate lilit, telur pindang, dan sambal matah.

Selain wisata kuliner, Anda bisa mengikuti kelas memasak di Bali. Banyak sekolah memasak menawarkan kelas harian di mana Anda bisa belajar membuat hidangan tradisional Bali dari bahan-bahan segar yang dibeli di pasar lokal.

10. Mengunjungi Tempat Bersejarah

Museum Bali menampilkan sejarah dan budaya Bali yang kaya. Taman Gili Kertha Gosa adalah peninggalan Kerajaan Klungkung yang menampilkan arsitektur Bali yang khas. 

Istana Tampaksiring adalah istana presiden yang terletak di daerah pegunungan, menawarkan pemandangan yang indah dan udara yang segar. 

Nah, Sahabat Cantika, itulah 10 aktivitas yang bisa dilakukan saat liburan di Bali. Selamat berlibur bareng sahabat atau keluarga ya!

Pilihan Editor: Libur Sekolah, KAI Wisata Tawarkan Diskon dan Program Menarik

HERZANINDYA MAULIANTI | LAILI IRA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *