Berita

11 Moda Transportasi Umum Paling Unik di Dunia, Ada Bajaj hingga Andong dari Indonesia!

×

11 Moda Transportasi Umum Paling Unik di Dunia, Ada Bajaj hingga Andong dari Indonesia!

Share this article


Berkunjung ke suatu negara, bukan hanya destinasi wisata alam dan kuliner lezatnya saja yang wajib dicoba. Melainkan, ada pula transportasi umum setempat yang tampak unik dan menarik untuk para wisatawan menaikinya.

Dari sekian banyak transportasi umum unik di dunia, beberapa di antaranya bahkan mirip dengan yang ada di Indonesia. Penasaran seperti apa bentuknya? Melansir dari Wild Junket, berikut beberapa alat transportasi umum paling unik dari berbagai negara yang dijamin bikin kamu tergoda untuk menaikinya. Check this out!

1. Jeepney, Filipina

Jeepney/ Foto: Unsplash.com/John Mukiibi Elijah

Terinspirasi dari mobil Jeep asal Amerika Serikat yang dimodifikasi sehingga bisa menampung lebih banyak orang. Jeepney merupakan transportasi umum yang sangat ikonis dan populer di Filipina.

Masyarakat Filipina menyebut Jeepney sebagai “King of the Road” alias si raja jalanan. Tampilannya penuh warna dan diberi beragam motif yang dilukis di bagian luarnya membuat angkutan ini terlihat begitu menarik dan unik.

Nggak heran kalau transportasi unik satu ini bisa menjadi daya tarik bagi para wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Filipina. 

2. Rickshaw, Jepang

Rickshaw/ Foto: Unsplash.com/Maria Krasnova

Beauties pastinya sudah tak asing lagi dengan becak, kendaraan beroda tiga yang perlu menggunakan tenaga manusia untuk menggerakkannya. Sebelum kehadiran becak di Indonesia, ternyata di Jepang sudah lebih dulu mengenal kendaraan tradisional satu ini, lho.

Bernama Rickshaw, moda transportasi ini sekilas mirip dengan becak yang ada di Indonesia. Namun, kendaraan ini hanya memiliki dua roda dan ditarik oleh manusia untuk menjalankannya. Rickshaw sendiri dapat menampung satu hingga dua penumpang dalam sekali jalan.

Penasaran dengan sensasi saat menaiki Rickshaw? Beauties bisa naik transportasi unik ini di gang-gang kecil Kyoto saat berwisata.

3. Toboggan, Portugal

Toboggan/ Foto: Flickr.com/Reg Horseman

Toboggan atau Monte Toboggan merupakan salah satu kendaraan wisata yang bisa Beauties temukan saat berkunjung di Portugal. Kendaraan semacam kereta luncur ini terbuat dari anyaman rotan yang bisa dinaiki oleh satu atau dua orang penumpang.

Kereta luncur ini dikendalikan oleh dua pengemudi yang berdiri di bagian belakang. Pengemudi kereta akan mendorong atau memberhentikan kereta tersebut.

Usut punya usut, dulunya kereta luncur itu adalah transportasi umum untuk menuruni bukit dari Monte ke Funchal. Namun kini, Monte Toboggan dialihfungsikan untuk objek wisata para turis saat berlibur ke Portugal.

4. Tuk-tuk, Thailand

Tuk-tuk/ Foto: Unsplash.com/Lauren Kay

Jika dilihat sekilas, Tuk-tuk yang berasal dari Thailand ini memang mirip dengan bajaj yang ada di Indonesia. Tuk-tuk sendiri merupakan kendaraan modifikasi yang dijadikan alat transportasi umum di Negeri Gajah Putih.

Kendaraan beroda tiga ini menjadi salah satu transportasi ikonis di Thailand. Saat sedang berkunjung ke Thailand, dan ingin berkeliling kota menggunakan kendaraan umum, Tuk-tuk kerap menjadi pilihan bagi para wisatawan mancanegara yang penasaran ingin menaikinya.

5. Coco Taksi, Kuba

Coco taksi/ Foto: Flickr.com/Henk Binnendijk

Berbeda dari taksi biasanya, Coco Taksi mempunyai bentuk menyerupai cangkang kelapa. Kendaraan ini memiliki tiga roda dengan dua bangku penumpang di belakang. Taksi kuning ini pun sangat populer di kalangan wisatawan asing, terlebih karena bentuknya yang unik sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

Bukan hanya unik, Coco Taksi punya tarif yang lebih murah dibanding taksi reguler biasanya. Penasaran seperti apa serunya transportasi unik satu ini? Beauties bisa menemukannya dengan mudah di kota-kota besar di Kuba, seperti Havana, Veradero, dan Trinidad.


6. Kereta Luncur Anjing, Norwegia

Kereta luncur anjing/ Foto: Unsplash.com/Kevin Bessat

Kalau biasanya kendaraan digerakkan menggunakan tenaga mesin atau manusia, yang satu ini justru menggunakan tenaga hewan, lho. Di Norwegia, tepatnya di Artika wilayah di sekitar Kutub Utara ini memiliki transportasi unik dan menarik untuk dicoba.

Berkunjung ke sana, Beauties akan merasakan pengalaman baru menaiki kereta luncur anjing (dog sled) untuk melakukan perjalanan melewati jalanan bersalju dan es yang indah.

7. Bajaj, Indonesia

Bajaj/ Foto: Unsplash.com/Rezal Scharfe

Di Indonesia, ternyata ada juga loh transportasi umum yang tak kalah unik dan menarik dibandingkan dengan negara lain. Kendaraan satu ini sangat ikonis, serta kehadirannya sudah amat melekat bagi warga ibu kota. Yup, kendaraan unik tersebut adalah Bajaj.

Meski kehadirannya sudah jarang terlihat, Beauties tetap bisa menemukan kendaraan beroda tiga ini di beberapa sudut kota Jakarta, terutama di kawasan Monas, Kota Tua, Pasar Senen, atau Stasiun Tebet.

Dahulunya Bajaj berwarna oranye dan menggunakan mesin berbahan bakar minyak, namun kini telah digantikan dengan Bajaj berwarna biru yang merupakan kendaraan dengan BBG (Bahan Bakar Gas). Jadi, lebih ramah lingkungan dan anti polusi ya, Beauties.

8. Andong, Indonesia

Andong/ Foto: Unsplash.com/Farhan Abas

Selain Bajaj, Andong juga menjadi salah satu moda transportasi tradisional di Indonesia, tepatnya di daerah Yogyakarta. Alat transportasi unik ini mempunyai empat roda yang ditarik oleh kuda.

Menariknya, Andong menggunakan sistem kemudi berbentuk tali pengendali. Tali ini nantinya terhubung ke kuda dan dikendalikan oleh sang kusir (pengemudi). Kapasitas penumpang Andong bisa memuat sekitar 4-5 orang penumpang.

Nah, biasanya para wisatawan yang berkunjung ke Jogja sering terlihat berjalan-jalan menggunakan Andong. Menikmati serunya menaiki Andong sambil berkeliling melihat keindahan kota Jogja.

9. Kereta Bambu, Kamboja

Kereta bambu/ Foto: Flickr.com/Amanda

Berkunjung ke Kamboja, tepatnya di Krong Battambang, Beauties akan menemukan transportasi unik ini. Sesuai dengan namanya, transportasi ini terbuat dari bambu dan rangkaian kayu, serta mesin untuk menjalankannya.

Kereta bambu ini memang terlihat sederhana, tapi jangan salah, kendaraan unik ini bisa membawa 4-8 penumpang sekaligus. Mirip dengan kereta sungguhan, kereta ini juga menggunakan jalur rel kereta.

Bukan hanya digunakan sebagai alat transportasi masyarakat setempat, kereta unik ini juga dimanfaatkan untuk menarik wisatawan asing agar berkunjung ke Battambang.

10. Perahu Totora, Peru

Perahu Totora/ Foto: Flickr.com/Yvon Maurice

Melancong ke desa terapung yang berdiri di atas Danau Titicaca, Beauties akan menemukan perahu dan rumah-rumah yang terbuat dari alang-alang kering, atau ‘totora’ dalam bahasa suku mereka.

Alat transportasi itu memiliki bentuk sangat unik, yakni berbentuk mirip naga. Meskipun terbuat dari alang-alang, perahu-perahu itu sangat tahan banting dan dapat berlayar dengan cepat di atas Danau Titicaca yang tenang.

Transportasi unik ini tidak hanya digunakan oleh penduduk pulau saja, tapi juga para wisatawan yang berkunjung ke sana.

11. Cyclo, Vietnam

Cyclo/ Foto: Bestpricetravel.com

Melihat sekilas desain kendaraan satu ini mirip dengan Becak yang ada di Indonesia. Sedikit perbedaan, Cyclo khas Vietnam memiliki tampilan yang lebih bagus dan mengkilat. Namun ukurannya lebih kecil dan sempit, serta bagian atapnya bisa di buka-tutup.

Sayangnya, keberadaan transportasi unik ini perlahan mulai lenyap di kota-kota besar di Vietnam. Namun, Cyclo tetap menjadi daya tarik yang populer bagi wisatawan asing saat liburan ke Vietnam.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *