Berita

3 Cara Mudah Mencairkan Madu yang Membeku Tanpa Menghilangkan Khasiatnya

×

3 Cara Mudah Mencairkan Madu yang Membeku Tanpa Menghilangkan Khasiatnya

Share this article


Hampir kebanyakan orang pernah mengonsumsi madu. Madu merupakan pemanis alami yang dihasilkan oleh lebah dengan segudang manfaat yang baik untuk kesehatan. Biasanya, madu digunakan sebagai pengganti gula ke dalam menu diet sehat seperti oatmeal untuk menambahkan rasa manis yang alami.

Namun, pernahkah kamu menyadari bahwa madu yang kita simpan, baik di dalam kulkas maupun di suhu ruang bisa berubah menjadi keras seiring berjalannya waktu?

Jika kamu pernah mengalaminya, tidak perlu khawatir. Sebab, itu menandakan bahwa madu tersebut merupakan produk yang lebih murni. Hal ini karena komponen utama madu terdiri dari air dan gula, seperti glukosa, fruktosa, sukrosa, dan maltosa.

Melansir dari Eating Well, gula dapat mengendap dari madu dan membentuk kristal. Proses kristalisasi ini yang kerap membuat madu menjadi keras. Namun, menurut penelitian tidak semua madu dapat mengeras dalam jangka waktu yang sama.





Cara melunakkan madu yang keras/Foto: Pexels/Ekaterina Belinskaya

Rasio glukosa terhadap fruktosa dapat memengaruhi bagaimana madu mengeras. Madu yang mengandung fruktosa lebih tinggi cenderung mengeras lebih lambat dibandingkan madu dengan persentase glukosa lebih tinggi.

Lebih lanjut, sebagaimana yang dilansir dari New Zealand Honey Co., ada beberapa faktor lain yang dapat memengaruhi tingkat pengerasan madu, di antaranya jumlah glukosa, fruktosa dan air, suhu, tingkat supersaturasi glukosa, viskositas dan keberadaan kristal atau pengotor yang telah terbentuk sebelumnya.




Cara melunakkan madu yang keras
Cara melunakkan madu yang keras/Foto: Freepik/@freepik

Meskipun demikian, perlu kamu tahu bahwa madu yang keras masih layak untuk dikonsumsi meskipun tidak dengan teksturnya. Oleh karena itu, jika kamu ingin menikmati madu yang sudah keras maka kamu perlu melunakkannya terlebih dahulu.

Dalam hal ini, setidaknya ada tiga cara mudah untuk melunakkan madu yang sudah keras. Kira-kira apa saja caranya? Merangkum dari berbagai sumber, berikut 3 cara mudah mencairkan madu yang membeku tanpa menghilangkan khasiatnya. Yuk, simak!

Cara Mencairkan Madu Menggunakan Air Panas

Cara melunakkan madu yang keras/Foto: Pixabay/Lolame

Cara pertama yang bisa kamu coba untuk mencairkan madu yang membeku adalah dengan menggunakan air panas. Pertama-tama, siapkan stoples madu yang keras, panci berukuran besar, dan air. Setelah itu, masukkan air ke dalam panci. Pastikan air tersebut tidak terlalu penuh, setidaknya setengah hingga tiga perempat bagian atas wadah madu saja.

Kemudian, rebus air dalam panci tersebut di atas kompor hingga mendidih. Jika sudah mendidih, angkat panci dan diamkan 5-10 menit sampai suhu air berubah menjadi hangat. Hal ini untuk menghindari kerusakan enzim dan nutrisi dalam madu ketika dilunakkan. Setelah air menjadi hangat, baru boleh dimasukkan stoples madu yang keras ke dalam panci tersebut.

Pastikan sebelum dimasukkan, kamu buka terlebih dahulu tutup stoplesnya. Kemudian, diamkan selama kurang lebih 15 menit sambil sesekali diaduk hingga tekstur madu melunak. Apabila selama proses pencairan air tersebut menjadi dingin maka rebuslah kembali air dan ulangi metode tersebut. 

Cara Mencairkan Madu Menggunakan Microwave

Cara melunakkan madu yang keras/Foto: Freepik/@freepik

Apabila kamu tidak memiliki cukup waktu, sebaiknya gunakan microwave untuk mencairkan madu yang keras. Namun, pastikan wadah madu tersebut bukan terbuat dari plastik. Jika wadah terbuat dari plastik, ada baiknya madu dipindahkan terlebih dahulu ke dalam wadah kaca atau keramik.

Selain itu, sebelum dimasukkan ke dalam microwave, kamu perlu membuka tutup wadahnya. Sebab, kebanyakan tutup wadah madu kaca atau keramik terbuat dari logam. Sehingga jika memanaskan madu di dalam microwave tanpa membuka tutupnya maka bisa menyebabkan wadah menjadi pecah.

Setelah itu, atur pengaturan microwave ke daya rendah-sedang untuk menjaga kualitas madu dan menghindari kerusakan pada kandungan nutrisinya. Jika sudah, atur juga pengaturan waktunya menjadi 30 detik. Masukkan madu dan tunggu hingga melunak.

Setelah selesai, jangan lupa diaduk untuk menguji konsistensinya. Jika madu masih terlihat berkerak dan mengeras, panaskan kembali selama 30 detik atau kurang.


Cara Mencairkan Madu dengan Dijemur di Bawah Sinar Matahari

Cara melunakkan madu yang keras/Foto: Pixabay/PollyDot

Cara selanjutnya yang bisa kamu coba untuk melunakkan madu yang keras adalah dengan dijemur di bawah sinar matahari. Namun, cara ini bisa kamu gunakan jika kamu tidak sedang dalam keadaan terburu-buru untuk menggunakan madu. Sebab, cara ini cukup memakan waktu yang lama, yakni sekitar 3-4 hari.

Kendati demikian, cara ini dianggap sebagai cara paling aman untuk madu karena menggunakan sumber panas alami. Untuk langkah-langkahnya, pertama, tempatkan stoples madu yang tertutup di tempat yang banyak terkena sinar matahari langsung, misalnya di ambang jendela, dan biarkan di sana selama beberapa hari atau sampai madu benar-benar melunak.




Cara melunakkan madu yang keras
Cara melunakkan madu yang keras/Foto: Freepik/@freepik

Selama proses pelunakannya, pastikan kamu tetap memperhatikan suhu panas sinar matahari. Sebab, jika suhunya terlalu panas maka bisa membuat antioksidannya menurun. Oleh karena itu, jauhkan dari sinar matahari jika stoples madu yang sedang dijemur terasa panas saat disentuh.

Selain itu, hal lain yang perlu kamu lakukan saat melunakkan madu di bawah sinar matahari adalah jangan lupa untuk mengaduk madu setiap 5-6 jam untuk menguji konsistensinya dan menjaga agar madu tetap hangat secara merata. Terus ulangi langkah-langkah tersebut hingga tekstur madu benar-benar melunak.

Nah, Beauties itulah tadi 3 cara mudah mencairkan madu yang membeku tanpa menghilangkan khasiatnya. Pilihlah cara yang paling sesuai dengan kebutuhan dan peralatan yang kamu miliki di rumah. Selamat mencoba!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *