Berita

Ingin Terbebas dari Perut Buncit, 10 Rekomendasi Minuman Sehat Ini Bisa Rutin Kamu Konsumsi

×

Ingin Terbebas dari Perut Buncit, 10 Rekomendasi Minuman Sehat Ini Bisa Rutin Kamu Konsumsi

Share this article


Memiliki perut buncit sering kali membuat sebagian besar perempuan menjadi tidak percaya diri. Karena itu, banyak para perempuan yang rela melakukan berbagai diet untuk bisa mendapatkan perut yang kencang dan rata. Tak hanya makanan, minuman juga memainkan peran penting dalam pengelolaan berat badan dan membuat perut rata. 

Dilengkapi dengan pola makan seimbang dan olahraga, deretan minuman sehat ini dapat membuat perut menjadi rata kembali. Dilansir dari Eat This, Not That!, berikut informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Air Putih

Ilustrasi perempuan minum air putih/Foto: Freepik.com/freepik

Memulai hari dengan segelas air putih dapat membantu mengendalikan nafsu makan. Karena tetap terhidrasi dengan baik sepanjang hari dapat mendukung kemampuan tubuh untuk metabolisme lemak secara efisien. 

Studi menunjukkan, bahwa minum air sebelum makan juga dapat membuat tubuh merasa kenyang, sehingga mengurangi keinginan makan berlebihan. Usahakan untuk minum air putih setidaknya delapan gelas setiap hari untuk hidrasi optimal dan kesehatan pencernaan. 

2. Air Lemon

Ilustrasi air lemon/Foto: Freepik.com/freepik

Air lemon kaya akan vitamin C, yang mendukung proses oksidasi lemak tubuh. Minum air lemon di pagi hari dapat meningkatkan metabolisme dan meningkatkan rasa kenyang. Hal ini dapat mencegah makan berlebihan di kemudian hari.   

Selain menambah rasa pada air biasa, air lemon juga rendah kalori dan membantu pencernaan. 

3. Infused Water Mentimun

Ilustrasi infused water timun/Foto: Freepik.com/freepik

Air yang mengandung mentimun dapat menjaga hidrasi dan mengatur berat badan. Karena mentimun terdiri lebih dari 95 persen air, maka membuat infused water mentimun sangat menghidrasi. 

Selain itu, mentimun juga mengandung senyawa yang dapat membantu mengendalikan nafsu makan, sehingga berpotensi  mengurangi asupan kalori secara keseluruhan. 

4. Teh Herbal

Ilustrasi teh herbal/Foto: Freepik.com/freepik

Menurut penelitian, minum teh herbal sepanjang hari dapat membuat tubuh tetap terhidrasi, sekaligus menawarkan potensi manfaat pencernaan dan pengelolaan berat badan. 

“Teh herbal seperti dandelion, kamomil, dan adas dapat mendukung pencernaan dan mengurangi retensi air, sehingga berpotensi membuat perut menjadi lebih rata,” kata ahli diet Trista Best. 


5. Teh Jahe

Ilustrasi teh jahe/Foto: Freepik.com/jcomp

Menurut review tahun 2021, teh jahe dapat meredakan sakit perut, meredakan kembung, dan mengurangi peradangan pada saluran pencernaan. Manfaat ini mendukung perut rata dengan mencegah masalah pencernaan yang dapat menyebabkan kembung sementara.

6. Teh Peppermint

Ilustrasi teh peppermint/Foto: Freepik.com/jcomp

Menurut para ahli di Mount Sinai, teh peppermint merupakan minuman menenangkan yang dikenal memiliki manfaat pencernaan. Teh peppermint dapat meredakan gas, kembung, dan gangguan pencernaan, menciptakan rasa lebih nyaman di perut dan membuat perut rata.

7. Teh Hijau

Ilustrasi teh hijau/Foto: Freepik.com/freepik

Teh hijau dapat meningkatkan metabolisme karena kandungan katekin yang tinggi. Antioksidan alami ini meningkatkan oksidasi lemak, meningkatkan sensitivitas insulin, dan mendukung pengelolaan berat badan yang sehat. 

Selain itu, kandungan kafein moderat dalam teh hijau dapat memberikan dorongan energi yang lembut, menjadikannya alternatif yang sangat baik untuk minuman manis dan padat kalori. 

8. Air Kelapa

Ilustrasi air kelapa/Foto: Freepik.com/vwalakte

Meskipun tidak secara langsung menargetkan lemak perut, namun air kelapa dapat meningkatkan fungsi metabolisme, mencegah retensi air, dan mengurangi kembung dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi. 

9. Cuka Sari Apel

Ilustrasi cuka sari apel/Foto: Pinterest.com/Byrdie

Meta-analisis tahun 2021 yang diterbitkan di BMC menyimpulkan, bahwa cuka sari apel dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan meningkatkan perasaan kenyang.

Beberapa penelitian juga menunjukkan, bahwa cuka sari apel dapat meningkatkan penurunan lemak, terutama bila dikombinasikan dengan pola makan sehat dan olahraga. 

Cara menyiapkannya, encerkan satu sendok makan ke dalam segelas besar air dan konsumsi sebelum makan. 

“Beberapa orang mengklaim bahwa cuka sari apel dapat membantu menurunkan berat badan dan mengurangi lemak perut bila dikonsumsi dalam jumlah sedang. Campurkan dengan air atau gunakan dalam saus salad,” kata Best. 

10. Protein Shake

Ilustrasi protein shake/Foto: Pinterest.com/Stylecraze

Menurut penelitian tahun 2020, protein shake dapat meningkatkan pengendalian nafsu makan dan pemeliharaan otot. Pilih protein shake rendah gula yang memberikan campuran seimbang antara protein, serat, dan nutrisi penting. 

Mengonsumsi protein shake sebagai camilan atau pengganti makanan dapat membantu tetap kenyang dan mengurangi total asupan kalori. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *