Berita

Salut! Begini Kisah Youtuber Bule Perbaiki Jembatan Reyot Desa di Sulawesi Tenggara

×

Salut! Begini Kisah Youtuber Bule Perbaiki Jembatan Reyot Desa di Sulawesi Tenggara

Share this article


Seorang Youtuber asal Denmark, Kristian Hansen, tuai pujian usai menginisiasi perbaikan jembatan rusak di Desa Sampela, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Perjalanannya diabadikan dalam video unggahan Youtube pribadinya dengan judul Living 7 Days with The Bajo Tribe (Sampela Village, Wakatobi), mengisahkan petualangan dirinya tinggal di rumah warga selama 7 hari.

Desa terapung tersebut mengharuskan warganya tinggal di rumah panggung yang disokong dengan kayu. Beberapa rumah juga dihubungkan dengan jembatan kayu. Melihat kondisi desa yang memprihatinkan, Hansen berinisiatif menggalangkan donasi bersama pengikutnya di media sosial.

Memperbaiki Jembatan sampai Rumah Warga

Kondisi jembatan di Desa Sampela/ Foto: Instagram.com/thekristianhansen

Penggalangan dana yang terkumpul mencapai Rp 75 juta, Beauties. Setelah berdiskusi dengan pihak desa, mereka memutuskan untuk menggunakan dana tersebut untuk memperbaiki jembatan kayu yang kondisinya membahayakan warga. Sebab, kayu yang digunakan sudah lapuk, bahkan beberapa ada yang hilang.

Dana yang terkumpul digunakan untuk membeli kebutuhan memperbaiki, seperti paku dan kayu dalam jumlah banyak. Hansen juga mengajak warga lokal untuk gotong royong membantu dan mereka rela melakukannya secara sukarela. Dalam sekitar 24 jam, jembatan selesai dibangun.

Selain memperbaiki jembatan, Hansen juga membantu warga membuat atap rumah dan memperbaiki lantai rumah dari bambu. Kini, ia menggalangkan dana untuk pembangunan masjid di Desa Sampela.


 

Dalam video, Hansen juga sempat bertanya jika ada institusi yang memerhatikan hal ini––membantu perbaikan jalanan hingga jembatan di desa sehingga tidak perlu mengeluarkan dana pribadi untuk melakukannya. 

Di sisi lain, kita tahu bahwa dana pajak bisa dipergunakan untuk pembangunan dan perbaikan infrastruktur. Mengutip laman resmi DJP, fungsi Anggaran pajak untuk membiayai berbagai pengeluaran negara, termasuk biaya pembangunan. 

Mengingat setiap warga negara wajib membayar pajak mulai dari pajak bumi dan bangunan, PPN, pajak kendaraan, hingga pajak penghasilan, kira-kira dana negara yang terkumpul dipergunakan untuk apa ya jika perbaikan jembatan di desa terlewatkan?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!



(dmh/dmh)





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *