Berita

4 Makanan yang Perlu Dihindari Saat Merasa Bad Mood, Hati-Hati Bisa Bikin Tambah Emosi!

×

4 Makanan yang Perlu Dihindari Saat Merasa Bad Mood, Hati-Hati Bisa Bikin Tambah Emosi!

Share this article


Halo, Beauties! Semua orang pasti pernah mengalami hari-hari, di mana mood lagi nggak bagus. Nah, tau nggak sih, kalau ternyata sesuatu yang kamu konsumsi bisa berpengaruh besar dengan suasana hati?

Ternyata beberapa makanan tidak hanya memengaruhi kesehatan fisik, melainkan juga bisa bikin mood makin buruk, loh! Yuk, simak makanan-makanan apa saja yang perlu dihindari saat sedang bad mood biar kamu nggak makin emosi.

Makanan manis dan tinggi gula/Foto: Freepik/Jcomp

1. Makanan Manis dan Tinggi Gula

Kamu pasti sering berpikir kalau makanan manis bisa jadi comfort food yang bikin hati lebih bahagia. Tapi, kenyataannya nggak selalu begitu.

Makanan tinggi gula, seperti permen, kue, dan es krim bisa bikin kadar gula darah naik secara drastis, kemudian turun dengan cepat. Akibatnya, tubuh justru akan menjadi lemas dan mood kamu bisa berubah-ubah.

Sebaiknya, mulai ganti jenis makanan tersebut dengan buah-buahan segar yang manisnya alami dan bisa memberikan energi yang lebih stabil.

2. Makanan Olahan

Makanan olahan/Foto: Freepik/Freepik

Makanan olahan, seperti sosis, nugget, dan makanan kaleng mengandung banyak bahan pengawet yang bisa memengaruhi kesehatan tubuh secara negatif. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bahan-bahan tersebut bisa berpengaruh terhadap fungsi otak dan suasana hati.

Jika kamu merasa bad mood, lebih baik hindari makanan olahan dan beralihlah pada makanan segar yang kaya nutrisi.

3. Kafein Berlebihan

Kafein berlebihan/Foto: Freepik/Rawpixel

Bagi sebagian orang, minum kopi memang bisa membantu tetap fokus dan berenergi. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, kafein bisa menyebabkan kecemasan, gelisah, dan gangguan tidur.

Hati-hati, semua itu bisa berpengaruh pada mood kamu, loh. Jika merasa bad mood, batasi konsumsi kafein dan coba minuman yang lebih menenangkan, seperti teh herbal atau air lemon hangat.


4. Alkohol

Alkohol/Foto: Freepik/Freepic.diller

Beberapa orang memandang kalau alkohol adalah minuman penenang yang bisa membantu redakan stres dan memperbaiki mood. Namun, alkohol sebenarnya adalah depresan yang bisa memperburuk suasana hati dalam jangka panjang.

Selain itu, alkohol juga bisa mengganggu pola tidur dan menyebabkan dehidrasi yang secara keseluruhan bisa menyebabkan bad mood. Jadi, lebih baik hindari alkohol saat kamu merasa tidak dalam mood yang baik.

Nah, demikian empat makanan yang sebaiknya dihindari saat kamu sedang bad mood. Ingat, makanan yang kamu konsumsi memiliki pengaruh besar pada kesehatan fisik dan mental.

Coba pilih makanan yang lebih sehat dan kaya nutrisi untuk membantu memperbaiki suasana hati. Semoga tips ini bermanfaat dan bisa membantu kamu menjaga mood tetap baik setiap hari. Tetap sehat dan happy, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *