Berita

5 Kawasan Paling Terlarang di Dunia dan Tak Boleh Dikunjungi, Ada ‘Gudang Kiamat’

×

5 Kawasan Paling Terlarang di Dunia dan Tak Boleh Dikunjungi, Ada ‘Gudang Kiamat’

Share this article


Berbagai negara di belahan dunia memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing. Mulai dari tradisi masyarakat, ragam flora dan fauna, hingga berbagai kawasan yang kerap menarik minat pengunjung domestik maupun mancanegara.

Kendati demikian, ternyata ada beberapa kawasan yang dianggap ‘terlarang’ di dunia, bahkan tak boleh dikunjungi oleh manusia, Beauties. Penasaran ada apa saja? Berikut ini lumpkinsjail telah merangkumnya untuk kamu. Simak, yuk!


1. Doomsday Vault di Norwegia

Gudang Kiamat di Norwegia/ Foto: IFL Science

Kawasan terlarang di dunia pertama yang tak boleh dikunjungi yaitu Doomsday Vault atau ‘Gudang Kiamat’ di Norwegia. Doomsday Vault atau Svalbard Global Seed Vault berlokasi di dalam lingkaran Arktik di pulau Svalbard yang terpencil di Norwegia.

Fasilitas tersebut dijaga ketat dan tak bisa sembarang orang masuk, Beauties.Doomsday Vault sendiri merupakan tempat penyimpanan benih dan bibit untuk menjaga pertanian warisan dunia. Meskipun melambangkan harapan bagi masa depan umat manusia, fasilitas ini ditutup rapat untuk umum.

Melansir dari  DetikInet, Svalbard Global Seed Vault bertindak ibarat asuransi global terhadap hilangnya keanekaragaman hayati pertanian. Terletak di wilayah yang terkenal dengan lapisan es dan iklimnya yang dingin dan stabil, Doomsday Vault menyimpan jutaan sampel benih dari tanaman di seluruh dunia.

Benih-benih ini akan melindungi manusia dari bencana dan peristiwa apokaliptik di masa depan, memastikan umat manusia dapat pulih dan melanjutkan produksi pangan meskipun terjadi perang nuklir, bencana alam, atau penyakit tanaman yang berpotensi memusnahkan spesies.

Dikutip dari Britannica, salah satu alasan utama mengapa mengunjungi Doomsday Vault nyaris mustahil dilakukan adalah karena lokasinya yang terpencil dan tidak bersahabat.

Svalbard berjarak lebih dari 800 mil dari Kutub Utara, dan bank benih berada jauh di dalam lereng gunung, hampir 430 kaki di atas permukaan laut.

2. Snake Island di Brazil
Ular/Foto: Freepik/@kuritafsheen77

Ilustrasi ular/ Foto: Freepik.com/kuritafsheen77

Bukan hanya sekadar nama, Snake Island di Brazil adalah ‘rumah’ bagi populasi padat salah satu ular paling mematikan di dunia, yakni ular berbisa emas lancehead viper yang sangat beracun sehingga dapat melelehkan daging manusia di sekitar gigitannya.

Melansir dari  Reader’s Digest, demi alasan keamanan, pemerintah Brazil tidak mengizinkan pengunjung, dan seorang dokter diwajibkan dalam tim setiap kunjungan penelitian, Beauties. Diketahui bahwa terdapat satu ular per meter persegi di daerah tertentu.

3. Chernobyl di Ukraina
Ilustrasi Chernobyl di Ukraina

Ilustrasi Chernobyl di Ukraina/ Foto: freepik.com/freepik

Selanjutnya, ada Chernobyl di Ukraina yang juga menjadi kawasan terlarang untuk dikunjungi. Melansir dari Reader’s Digest, pada 26 April 1986, ledakan di dekat Chernobyl, Ukraina, (yang saat itu berada di Uni Soviet) menjadi kecelakaan nuklir terburuk dalam sejarah.

Meskipun jumlah kematian yang disebabkan oleh radiasi tidak diketahui secara pasti, para ahli memperkirakan antara 9.000 dan satu juta orang akan meninggal karena kanker akibat radiasi.

Lebih dari 30 tahun sejak bencana terjadi, proyek pembersihan masih berlangsung, dan direktur pembangkit listrik memperkirakan kawasan tersebut tidak akan dapat dihuni setidaknya selama 20.000 tahun.


4. North Brother Island di Amerika Serikat
Ilustrasi North Brother Island di Amerika Serikat

Ilustrasi North Brother Island di Amerika Serikat/ Foto: pexels.com/Skyler Ewing

North Brother Island di Amerika Serikat merupakan salah satu pulau paling terkenal namun kosong, tidak dapat diakses oleh pengunjung tanpa izin sebelumnya. Melansir dari  tripfinder.travel, masa lalu pulau ini dikaitkan dengan penyakit dan kematian karena bekas rumah sakit karantina.

Struktur pulau ini berada dalam kondisi rusak parah. Tifus Mary, orang Amerika pertama yang terjangkit demam tifus yang fatal, dirawat di sana. Selang beberapa waktu, pecandu obat-obatan terlarang dirawat di gedung rumah sakit. Pulau ini saat ini memiliki suaka burung, namun tidak dibuka untuk umum.

5. Niihau di Hawaii
Virgo - Hawaii/Sumber: Pexels/Jess Loiterton

Ilustrasi Hawaii/ Foto: Pexels/Jess Loiterton

Hawaii  dikenal sebagai salah satu negara yang populer dikunjungi para wisatawan karena keindahannya. Namun, ternyata terdapat salah satu kawasan terlarang di negara tersebut, Beauties.

Melansir dari  tripfinder.travel, Niihau yang juga dikenal sebagai Pulau Terlarang, dibeli pada 1864 oleh petani Skotlandia Elizabeth Sinclair. Sejak itu, keturunannya memilikinya secara pribadi.

Larangan meninggalkan atau memasuki pulau tersebut diberlakukan pada tahun 1952 sebagai akibat dari wabah polio yang melanda Kepulauan Hawaii. Untungnya, tidak ada seorang pun yang jatuh sakit di Niihau, dan saat ini hanya ada sekitar 170 orang yang tinggal di sana dan dibutuhkan izin khusus untuk masuk.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.



(sim/sim)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *