Berita

Benarkah Secangkir Kopi Bisa Berpengaruh Pada Kesehatan Tulang? Ini Jawabannya…

×

Benarkah Secangkir Kopi Bisa Berpengaruh Pada Kesehatan Tulang? Ini Jawabannya…

Share this article


Beauties, apakah kamu penikmat kopi? Si paling nggak bisa jauh dari kopi sampai sehari nggak minum kopi, rasanya ada yang kurang. 

Minum kopi secara teratur dapat menyebabkan kecanduan perilaku untuk terus mengonsumsinya. Hal ini terjadi karena efek dari kafein dalam kopi.

Setiap minuman yang dikonsumsi pasti memiliki efek positif dan negatif bagi tubuh. Kopi selalu diklaim mampu mengurangi rasa lelah, ngantuk, dan meningkatkan suasana hati. Selain itu, bisa meningkatkan metabolisme hingga 11 persen dan pembakaran lemak hingga 13 persen, melansir Healthline.

Di balik manfaat yang ada, apakah Beauties tau efek samping dari minum kopi setiap hari? Apalagi jika mengonsumsinya secara berlebihan.

Keseringan Minum Kopi Bisa Merusak Tulang Secara Perlahan!

Terdapat hubungan antara konsumsi kopi dan risiko patah tulang pinggul/foto: freepik.com/Jcomp

Tahukah Beauties, kafein bisa mengganggu penyerapan kalsium oleh tubuh dan dapat meningkatkan jumlah kalsium yang dihilangkan oleh ginjal.

Medical News Today juga mengungkapkan, kafein mengganggu cara vitamin D berikatan dengan reseptor. Vitamin D sendiri membantu usus dalam menyerap kalsium. Dengan begitu, ini secara langsung bisa memengaruhi jumlah kalsium yang ada dalam tubuh.

Berapa sih kadar kafein dalam satu cangkir kopi? Satu cangkir kopi instan mengandung 30-90 mg kafein, lebih sedikit dari jumlah kafein kopi biasa, mengutip Healthline.

Lantas apa hubungan kalsium dengan tulang? Kalsium bersama mineral lain bergabung membentuk kristal keras yang memberikan kekuatan dan struktur tulang. Hampir 99 persen kalsium tubuh ditemukan pada tulang. Sebagian lainnya diserap ke dalam darah dan digunakan untuk kesehatan fungsi jantung, otot, darah, dan saraf.

Osteoporosis Internasional menerbitkan tinjauan sistematis dan meta-analisis pada 2022 tentang hubungan minum kopi dan kesehatan tulang. Hasilnya terdapat hubungan antara konsumsi kopi dan risiko patah tulang pinggul, serta memperburuk gejala seiring dengan bertambahnya jumlah kopi yang dikonsumsi.


Berapa Takaran yang Baik untuk Mengonsumsi Kopi?

Batas aman mengonsumsi kopi bagi tubuh adalah 4-5 cangkir per hari/foto: pixabay.com/Pexels

Food and Drug Administration menyebut, batas aman mengonsumsi kafein dalam sehari adalah 400 mg atau setara 4-5 cangkir kopi kecil.

Terlalu banyak kafein tidak hanya merusak tulang tetapi juga memperburuk insomnia, kecemasan, dan jantung berdebar-debar pada sebagian orang.

Sekarang sudah tau kan, bahwa konsumsi kopi tidak sepenuhnya baik untuk kesehatan. Perlu ditekankan lagi, tidak ada larangan minum kopi. Terpenting, tetap batasi konsumsi kopi dan peka terhadap kesehatan tubuh setelah mengonsumsinya.

Satu lagi, imbangi dengan gaya hidup yang lebih sehat.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


 

(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *