Berita

Hobi Berfaedah, Dengerin Musik Punya 5 Manfaat Buat Psikologis Seseorang Lho!

×

Hobi Berfaedah, Dengerin Musik Punya 5 Manfaat Buat Psikologis Seseorang Lho!

Share this article


Hiburan bukan hanya berkunjung ke tempat wisata, bertemu orang terdekat, dan menonton film, tetapi mendengarkan musik bisa menjadi hiburan, lho. Alunan dari musik yang terdengar dapat menenangkan pikiran, memberikan energi pada tubuh, dan membantu mengatasi rasa sakit dengan lebih baik.

Apa kamu pernah mendengar istilah terapi musik? Terapi musik merupakan salah satu jenis psikoterapi yang melibatkan musik di dalamnya seperti memainkan alat musik atau mendengarkan musik. Melansir Very Well Mind, berikut dampak positif yang kamu dapatkan dari mendengarkan musik.

1. Musik Dapat Mengatasi Stres

Ilustrasi seorang wanita mendengarkan musik/Foto: freepik.com/freepik

Musik dapat membantumu mengatasi stres. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat menjadi cara efektif untuk mengurangi stres. Musik memiliki kekuatan untuk membangkitkan mood dan menenangkan pikiran. Contohnya seperti musik bertempo lambat dapat menenangkan pikiran sedangkan musik upbeat dapat membuat kamu merasa lebih optimis.

2. Musik Dapat Meningkatkan Daya Ingat

Ilustrasi seorang wanita/Foto: freepik.com/tirachardz

Banyak murid sekolah yang senang mendengarkan musik sambil belajar. Apa Beauties juga termasuk?

Beberapa orang merasa mendengarkan musik favorite mereka ketika belajar dapat meningkatkan daya ingat. Tetapi hal ini bergantung pada jenis musik apa yang kamu dengarkan.

Musik klasik terbukti efektif dalam meningkatkan memori dan fungsi kognitif, musik pop atau jazz juga efektif dalam meningkatkan suasana hati dan fokus yang berpengaruh untuk meningkatkan kinerja memori.

3. Musik Membantumu Tidur Lebih Cepat

Ilustrasi seorang wanita tertidur/Foto: freepik.com/freepik

Tidur sangat penting untuk kesehatan tubuh. Namun, banyak orang memiliki masalah tidur karena faktor stres, kecemasan, dan insomnia. Salah satu cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya dengan mendengarkan musik. Mendengarkan musik dapat menurunkan kadar hormon kortisol sehingga membuat tubuh kamu lebih rileks. Kamu bisa mencoba mendengarkan musik bertempo lambat, mendengar suara gemericik air, atau instrumen piano dan gitar akustik.

4. Musik Berperan untuk Meningkatkan Mood

Ilustrasi seorang wanita/Foto: freepik.com/freepik

Terdapat berbagai jenis musik yang dapat berpengaruh pada mood seseorang. Jika kamu mendengarkan musik sedih akan membawa perasaan negatif yang muncul, sedangkan musik ceria membawa perasaan positif yang dapat meningkatkan mood sehingga membuatmu bahagia.

Kedua hal ini sangat berkaitan dengan hormon dopamin. Hormon dopamin merupakan zat kimia yang berada di dalam otak dan berperan besar terhadap emosi seseorang seperti rasa senang dan rasa sakit.

5. Musik Bisa Meningkatkan Motivasi

Ilustrasi seorang wanita/Foto: freepik.com/katemangostar

Ada alasan mengapa kamu lebih mudah berolahraga sambil mendengarkan musik. Menurut penelitian, mendengarkan musik bertempo lebih mudah memotivasi seseorang untuk berolahraga.

Kamu pasti akan merasakan perbedaannya, ketika berolahraga tanpa mendengarkan musik waktu akan berjalan lebih lama, sedangkan saat mendengarkan musik waktu olahraga terasa lebih cepat.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *