Berita

Jarang Disadari, Ini 6 Tanda Kamu Lebih Cerdas dari yang Kamu Kira

×

Jarang Disadari, Ini 6 Tanda Kamu Lebih Cerdas dari yang Kamu Kira

Share this article


Banyak orang sering kali meremehkan kecerdasan mereka sendiri, berpikir bahwa mereka kurang pintar dibandingkan kenyataannya. Di sisi lain, kita juga sering menemui orang-orang yang terlalu percaya diri dan merasa lebih cerdas dari yang sebenarnya. 

Dilansir dari Inc. Newsletters, berikut ini adalah 6 tanda yang menunjukkan bahwa kamu mungkin lebih pintar dari yang kamu kira. Yuk, simak!

1. Kreatif

6 Tanda Kamu Lebih Pintar dari Yang Kamu Kira Menurut Psikologi/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Kreativitas adalah tanda kecerdasan seseorang. Sebab, kreativitas memerlukan pemikiran yang fleksibel dan kemampuan untuk melihat berbagai perspektif.

Kreativitas juga melibatkan kemampuan untuk mengubah pola pikir. Jika kamu sering menemukan solusi unik untuk masalah atau memiliki ide-ide out-of-the-box, ini adalah tanda bahwa kamu memiliki kecerdasan yang tinggi.

2. Kamu Cenderung Berantakan

6 Tanda Kamu Lebih Pintar dari Yang Kamu Kira Menurut Psikologi/Foto: Pexels/Wendelin Jacober

Penelitian dari Universitas Minnesota menemukan bahwa orang yang bekerja di lingkungan yang berantakan cenderung lebih kreatif dan inovatif. Dalam studi tersebut, kelompok yang bekerja di ruangan berantakan menghasilkan lebih banyak ide kreatif dibandingkan kelompok yang bekerja di tempat yang rapi. Jadi, jika meja kamu sering berantakan, anggap saja hal itu sebagai tanda kecerdasan kreatif.

3. Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

6 Tanda Kamu Lebih Pintar dari Yang Kamu Kira Menurut Psikologi/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Rasa ingin tahu yang tinggi adalah indikasi lain dari kecerdasan. Dengan rasa ingin tahu, tanpa sadar kita telah menaruh investasi waktu dan usaha untuk mengembangkan kemampuan intelektual yang berperan besar dalam pertumbuhan kognitif.

Orang yang penasaran cenderung belajar lebih banyak dan memiliki pemikiran yang lebih terbuka. Orang yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi memiliki gaya berpikir yang lebih kompleks.

4. Kontrol Diri yang Baik

6 Tanda Kamu Lebih Pintar dari Yang Kamu Kira Menurut Psikologi/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Kontrol diri adalah tanda kecerdasan yang sering diabaikan. Orang yang mampu menahan godaan dan membuat keputusan yang matang cenderung memiliki skor IQ yang lebih tinggi. Jika kamu bisa mengendalikan impuls dan mempertimbangkan pilihan dengan hati-hati, ini adalah indikasi kecerdasan yang ada dalam dirimu.

5. Berpikiran Terbuka

6 Tanda Kamu Lebih Pintar dari Yang Kamu Kira Menurut Psikologi/Foto: Pexels/Alexander Suhorucov

Orang cerdas cenderung tetap berpikiran terbuka terhadap sudut pandang orang lain. Orang yang berpikiran terbuka lebih mungkin mendengarkan berbagai perspektif sebelum membentuk opini mereka sendiri. Mereka juga lebih percaya diri dengan pendapat mereka setelah mendengarkan sudut pandang yang berbeda dan lebih tahan terhadap manipulasi.


6. Tidak Merasa Pintar

6 Tanda Kamu Lebih Pintar dari Yang Kamu Kira Menurut Psikologi/Foto: Pexels/Alexander Suhorucov

Dalam psikologi, efek Dunning-Kruger menjelaskan bahwa orang yang kurang kompeten cenderung melebih-lebihkan kemampuan mereka, sementara orang yang cerdas lebih sadar akan keterbatasan mereka. Mengetahui batasanmu membuat kamu lebih mungkin untuk terus belajar dan mencari tahu lebih banyak, yang pada gilirannya membuat kamu semakin cerdas.

Jika kamu mengenali dirimu dalam tanda-tanda di atas, mungkin ini saatnya untuk memberikan lebih banyak perhatian atas kecerdasan yang kamu miliki. Jangan remehkan potensi dirimu dan terus kembangkan kemampuanmu untuk mencapai kesuksesan yang lebih besar, ya, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *