Berita

Kecerdasan Seorang Anak Diturunkan dari Ayah atau Ibu? Ini Jawabannya Menurut Hasil Riset…

×

Kecerdasan Seorang Anak Diturunkan dari Ayah atau Ibu? Ini Jawabannya Menurut Hasil Riset…

Share this article


Memiliki anak yang cerdas adalah harapan banyak orang tua di dunia ini. Nah, kecerdasan anak ternyata berkaitan erat dengan faktor genetik. 

Penelitian terbaru menyebutkan, ibu menjadi faktor penentu kecerdasan seorang orang lho! Hal ini menurut studi yang telah diterbitkan dalam jurnal Psychology Spot. 


Alasan Ibu Bisa Menurunkan Kecerdasan…

Ilustrasi orang tua dan anak/Foto: iStock

Peneliti tersebut melakukan wawancara pada 12.686 remaja berusia 14-22 tahun. Mereka ditanyai tentang beberapa faktor, termasuk ras, tingkat pendidikan, sosial, status ekonomi, dan pertanyaan serupa ditanyakan juga kepada ibu-ibu dalam penelitian. 

Dalam menyelidiki hal di atas, para peneliti menyebutkan bahwa seorang perempuan cenderung mentransmisi gen kecerdasan ke anak yang terbentuk dari kromosom X. 

Studi disebutkan bahwa perempuan memiliki dua kromosom X, sedangkan pria hanya memiliki satu kromosom X. Artinya, perempuan dua kali berpeluang mewariskan kecerdasan pada anak, ketimbang pria. 

Lantas, apa yang diwariskan dari seorang ayah? Baca selengkapnya di sini. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *