Berita

Lagi Viral di Media Sosial, Ini Dia Arti Khodam yang Sebenarnya

×

Lagi Viral di Media Sosial, Ini Dia Arti Khodam yang Sebenarnya

Share this article


Warganet belakangan diramaikan dengan fenomena cek khodam. Saking viralnya, muncul beberapa website baru yang digunakan untuk cek khodam. Keseruan tentang viralnya cek khodam ini pun menimbulkan sederet pertanyaan tentang arti khodam yang sebenarnya.

Seyogianya, istilah khodam sebenarnya diambil dari Bahasa Arab. Dalam Islam, khodam memang telah banyak disebutkan dalam Al-Quran. Singkatnya, khodam sendiri berarti pembantu, penjaga atau pengawal. Lantas mengapa istilah ini mendadak viral dan apa sebenarnya makna tersembunyi di balik fakta tentang khodam?

Penasaran jawabannya? Langsung simak pembahasannya berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Awal Viral-nya Cek Khodam

Awal Viral-nya Cek Khodam/ Foto: khodam.vercel.app

Fenomena viralnya cek khodam akhir-akhir ini viral memang berawal dari platform TikTok. Beberapa konten kreator secara khusus menayangkan siaran langsung yang berisikan penerawangan khodam dari para penonton. Siklusnya adalah para penonton mengetikkan namanya, kemudian sang konten kreator akan mengumumkan apa khodam-nya.

Namun, jangan senang dulu! Kenyataanya dalam siaran tersebut, ada juga lho nama yang disebut sang konten kreator tidak memiliki khodam.

Dari platform TikTok, fenomena cak khodam ini pun mulai meluas ke berbagai platform mulai dari X hingga Instagram. Puncaknya, belakangan muncul website khusus yang bisa digunakan untuk mengecek khodam. Jadi, kini para penonton tidak hanya bisa mengecek khodam dengan melihat siaran langsung, tetapi langsung cek sendiri di website.

Namun, tahukah Beauties bahwa bagaimana kemudian fenomena ini bisa diangkat jadi topik live di TikTok? Istilah khodam mulai naik ke permukaan sejak penayangan film Vina: Sebelum 7 Hari. Dalam film tersebut, dikisahkan bahwa sahabat Vina, Linda kesurupan khodam Vina dan membongkar kronologis kematian gadis cantik ini.

Namun, ada juga yang menyebut bahwa yang masuk ke tubuh Linda itu bukanlah khodam Vina, melainkan Jin Qorin. Perdebatan ini kemudian viral di media sosial. Sejak saat itulah, istilah khodam mulai perlahan naik daun. Puncaknya, muncul tayangan live cek khodam seperti saat ini.


Arti Khodam dalam Pandangan Budaya Kejawen

Arti Khodam dalam Pandangan Budaya Kejawen/ Foto: Pexel/Francesco Ungaro

Setidaknya ada 2 pandangan mengenai khodam yakni dalam pandangan Budaya Jawa atau Kejawen dan Islam. Dalam budaya Kejawen, khodam dapat berarti penjaga manusia yang didatangkan dari dunia ghaib. Hal inilah yang membuat khodam sangat identik dengan hal-hal mistis.

Dikutip dari CNBC Indonesia, khodam terbagi menjadi 2 yakni khodam jin dan malaikat. Salah satu khodam yang populer adalah Macan Putih. Menariknya, tidak semua orang bisa memiliki khodam. Untuk bisa mendapatkannya, kalangan ahli harus menjalankan aktivitas spiritual khusus seperti puasa hingga wirid. Jika syarat sudah terpenuhi, maka khodam pun bisa didapatkan.

Seperti diketahui, tujuan mendapatkan khodam ini adalah untuk membantu dalam beberapa masalah dalam hidup. Tidak heran jika ada sebuah temuan yang menyebut bahwa khodam juga bisa diperjual-belikan dengan harga sekitar Rp25 juta.

Arti Khodam dalam Pandangan Islam

Arti Khodam dalam Pandangan Islam/ Foto: Freepik/freepik

Sementara itu, khodam juga bisa dibedah dari sudut pandang Islam. Hal ini disebabkan karena khodam sendiri berasal dari Bahasa Arab yang berarti pembantu, penjaga atau pengawal. Dosen Tafsir dan Bahasa Arab di Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Dirosat Islamiyah Al-Hikmah Jakarta Muhammad Aqil Haidar menjelaskan kepada DetikHikmah bahwa khodam adalah makhluk yang bisa ditugaskan untuk membantu manusia dalam urusan tertentu.

Lantas, apa hukum memiliki khodam dalam pandangan Islam?

Aqil menyebutkan bahwa melakukan perjanjian dengan jin adalah tindakan syirik yang merupakan dosa besar. Ini terjadi apabila seseorang membuat perjanjian dan melakukan ritual tertentu. Hanya saja, hal yang berbeda terjadi apabila memang ada jin yang secara tiba-tiba ber-khidmah ingin membantu. Ini artinya, jin tersebut menawarkan bantuan tanpa harus diminta.

“Artinya, khodam yang membantu lillahi ta’ala tidak ada masalah. Yang bisa menjadi syirik jika kita menghambakan diri kepada jin itu,” jelas Aqil seperti dikutip dari DetikHikmah.

Sebagai catatan, tidak semua orang memiliki khodam sebagai penjaganya. Namun, perlu digaris bawahi bahwa semua orang memiliki jin qorin. Sebagai tambahan jin qorin adalah jin yang diciptakan Allah mirip dengan manusia yang didampinginya.

Nah, itulah penjelasan mengenai arti khodam yang sesungguhnya. Jadi, apakah kamu sudah pernah coba cek khodam nih, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *