Berita

5 Cara Mengatasi Grogi saat First Date, Bisa Bantu Lancarkan Segalanya!

×

5 Cara Mengatasi Grogi saat First Date, Bisa Bantu Lancarkan Segalanya!

Share this article


Canggung saat kencan pertama adalah hal yang wajar. Mengapa bisa demikian? Sebagian besar kegelisahan muncul karena adanya ketidakpastian pada kencan pertama. Apalagi, jika kamu kencan dengan orang yang baru pertama kali kamu kenal.

Memang ketakutan akan hal yang tidak kamu ketahui membuat perasaan gugup mendominasi. Namun, melalui beberapa persiapan, kamu akan punya kekuatan untuk mengatasi kegugupan dan beralih ke suasana hati yang lebih santai menyambut kencan pertama.

Penasaran bagaimana cara mengatasi grogi saat kencan pertama? Dilansir dari Bliss Lights dan Psychology Today, inilah 5 cara mengatasi rasa gugup ketika first date.

Hindari Konsumsi Makanan Pemicu Gugup

Hindari Konsumsi Makanan Pemicu Gugup/Foto: Pexels

Salah satu cara atasi gugup ketika kencan pertama adalah memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Sebelum bertemu, hindari makanan atau minuman pemicu gugup, seperti kopi, alkohol, dan makanan pedas.

Kafein pada kopi bisa meningkatkan tingkat kecemasan, sementara minuman alkohol dapat mempengaruhi emosi. Selain itu, makanan pedas bisa meningkatkan detak jantung dan membuat perasaan gugup semakin memburuk.

Kamu juga bisa memperhatikan pola makan sebelum kencan pertama. Jangan makan terlalu banyak atau terlalu sedikit karena bisa mempengaruhi tingkat energi serta kenyamanan selama pertemuan. Lebih baik makan makanan seimbang yang sehat, kemudian pastikan minum cukup air supaya tubuh tetap terhidrasi.

Berpikir Positif
Perbedaan egois dan self-love

Berpikir Positif/Foto: Freepik.com

Cara efektif lainnya untuk mengatasi gugup ketika kencan pertama adalah berpikir positif tentang pertemuan tersebut. Coba untuk mengalihkan pikiran dari kecemasan dan fokus pada hal-hal positif yang bisa didapatkan dari pertemuan.

Kamu bisa pikirkan kesempatan bertemu dengan orang baru, belajar tentang hobi mereka, atau bahkan hanya sekadar menikmati pengalaman baru tanpa tekanan. Usahakan untuk mengubah pandangan kamu bahwa kegugupan adalah hal negatif. Berpikirlah bahwa gugup bisa memberikan dorongan ekstra dalam membantu kamu tampil lebih baik selama pertemuan.

Percaya Diri

Percaya Diri/ Foto: Freepik

Kunci utama atasi gugup ketika kencan pertama adalah rasa percaya diri yang kuat. Percaya diri bukan cuma tentang penampilan fisik saja, tetapi juga keyakinan pada diri sendiri dan kemampuan berinteraksi dengan orang lain. Coba ambil waktu untuk menenangkan diri sendiri dan ingat kembali kelebihan kamu.

Dalam menunjang percaya diri, penting juga untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum kencan pertama. Hal ini mencakup pemilihan pakaian yang membuat kamu merasa nyaman, merencanakan topik obrolan menarik, hingga menetapkan tujuan realistis atas pertemuan tersebut. 


Lakukan Aktivitas Menyenangkan

Lakukan Aktivitas Menyenangkan/Foto: Freepik

Kamu gugup saat kencan pertama? Coba lakukan aktivitas menyenangkan bersama pasangan. Daripada fokus pada tekanan untuk menjaga percakapan tetap lancar, lebih baik kamu rencanakan aktivitas menyenangkan yang membuat kalian berdua merasa nyaman.

Ada banyak rekomendasi aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk bersenang-senang, seperti pergi ke taman, menonton film, sampai mengunjungi galeri seni. Ini bisa bantu alihkan perhatian dari kecemasan dan menciptakan pengalaman kencan yang lebih santai.

Pastikan untuk memilih kegiatan yang disukai kedua belah pihak, ya! Dengan begitu, kencan pertama tidak akan menjadi hal yang menakutkan lagi.

Memgakui Rasa Gugup
Ilustrasi pasangan

Mengakui Rasa Gugup/Foto: Freepik/Freepik

Canggung saat kencan pertama merupakan hal yang wajar. Sebagai langkah penting dalam mengatasi kegugupan adalah menyadari bahwa bukan cuma kamu yang mungkin merasa gugup. Pasangan juga mengalami perasaan yang sama, apalagi jika ini adalah pertemuan pertama.

Dengan menyadari bahwa gugup adalah hal alami yang umum dirasakan banyak orang, kamu bisa merasa lebih tenang dan semakin mudah mengatasi perasaan tersebut. Kalau kalian berdua gugup, jangan ragu untuk membawa topik obrolan ringan yang bisa mengurangi ketegangan serta menciptakan suasana lebih nyaman.

Mengatasi grogi waktu kencan pertama memang nggak mudah. Perlu keberanian serta kepercayaan diri ekstra supaya kamu bisa berbincang dengan nyaman. Semangat kencan pertamanya, Beauties! Semoga berhasil!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *