Berita

5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit, Bisa Atasi Jerawat hingga Samarkan Stretch Mark?

×

5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit, Bisa Atasi Jerawat hingga Samarkan Stretch Mark?

Share this article


Apa kamu memiliki tanaman lidah buaya yang menghiasi area halaman rumah? Selain dapat digunakan sebagai tanaman hias ternyata lidah buaya juga memiliki segudang manfaat, lho.

Tanaman lidah buaya merupakan rumah bagi lebih dari 75 senyawa aktif termasuk vitamin, mineral, dan asam amino. Senyawa ini dapat membantu mengatasi berbagai kondisi kulit seperti kulit terbakar, obat jerawat alami, hingga mengatasi eksim. Dilansir dari halaman Eating Well, berikut 5 manfaat lidah buaya untuk kulit yang harus kamu ketahui.

1. Mengatasi Jerawat

Ilustrasi seorang wanita/Foto: freepik.com/gpointstudio

Lidah buaya mengandung senyawa, flavonoid, aloin, vitamin, fenilpirol, hingga asam salisilat. Senyawa tersebut mampu menghambat pertumbuhan jamur, bakteri, virus, dan memiliki kemampuan antiinflamasi yang menekan bakteri penyebab jerawat.

Kamu bisa menggunakan lidah buaya sebagai masker atau oleskan langsung gel pada area jerawat sebelum tidur. Pastikan kondisi kulit wajahmu dalam kondisi bersih ya, Beauties.

2. Mengatasi Sunburn

Ilustrasi seorang wanita/Foto: freepik.com/freepik

Sunburn merupakan luka bakar yang disebabkan oleh paparan sinar UV berlebih. Gel lidah buaya memiliki sifat mendinginkan dan antiinflamasi. Oleh karena itu, jika kulitmu terbakar karena sengatan sinar matahari redakan dengan gel lidah buaya. Mengoleskan gel lidah buaya dapat membantu melindungi lapisan kulit dan mempertahankan kelembapannya. Kaya akan antioksidan dan mineral sehingga mempercepat proses penyembuhan.


3. Melembapkan Kulit

Ilustrasi mengaplikasikan lotion/Foto: freepik.com/drobotdean

Sudah banyak produk pelembap kulit yang berbahan dasar lidah buaya. Hal ini membuktikan jika lidah buaya dapat digunakan sebagai pelembab kulit dan tidak meninggalkan lapisan minyak ketika dipakai. Lidah buaya mengandung hampir 98 persen air dan mukopolisakarida yang mempertahankan kelembapan kulit.

4. Menyamarkan Stretch Mark

Ilustrasi stretch mark/Foto: pexels.com/Karolina Kaboompics

Menurut seorang dokter kulit kecantikan, Michele Green, senyawa aloesin dan aloin dalam lidah buaya bermanfaat untuk membantu memudarkan flek hitam dan stretch mark. Cukup oleskan gel lidah buaya pada bagian kulit yang memiliki stretch mark, lakukan secara rutin agar stretch mark bisa tersamarkan.

5. Mengatasi Eksim

Ilustrasi seorang wanita/Foto: freepik.com/freepik

Gel lidah buaya yang melembabkan dapat membantu meringankan kulit karena eksim. Eksim merupakan peradangan kulit yang menyebabkan timbulnya bercak merah dan gatal. Lidah buaya memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, antijamur, dan antiseptik yang dapat menenangkan eksim dengan menghidrasi dan melindungi.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *