Berita

5 Cara Menemukan Keseimbangan sebagai Ibu Baru

×

5 Cara Menemukan Keseimbangan sebagai Ibu Baru

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Kehadiran bayi bisa menjadi suatu anugerah dan membahagiakan. Namun, di sisi lain, beberapa ibu baru mungkin bertanya-tanya di pikirannya, apakah seluruh hidupnya telah berubah dan apakah segalanya akan terasa normal kembali?

Meskipun segala sesuatunya tidak akan pernah kembali seperti sebelum ada bayi, hal itu akan terjadi seiring berjalannya waktu dan keadaan normal baru Anda akan mulai terasa bisa dilakukan.

Salah satu cara agar Anda dapat merasa lebih bisa mengendalikan dunia Anda dengan lebih cepat adalah dengan melakukan segala daya Anda untuk menemukan keseimbangan sebagai ibu baru.

Ketika orang berbicara tentang keseimbangan, mereka sering berbicara tentang keseimbangan pekerjaan dan kehidupan. Meskipun ini penting, hampir mustahil untuk mencapainya tanpa menemukan keseimbangan batin terlebih dahulu.

Sebagai seorang ibu baru, mudah sekali untuk mengabaikan bagian-bagian diri Anda yang dulu — dan penting bagi diri Anda. Dengan mengingat bagian-bagian penting Anda, Anda akan mampu mencapai keseimbangan batin yang membantu Anda merasa seperti diri Anda lagi.

Simak tips di bawah ini untuk membantu menemukan keseimbangan batin Anda sebagai ibu baru:

1. Gerakkan tubuhmu

Diri fisik Anda adalah bagian penting dari diri Anda dan perasaan Anda — dan penting untuk memeliharanya setiap hari.

Ini lebih dari sekedar apa yang Anda makan. Salah satu cara terbaik dan termudah untuk merawat tubuh Anda adalah dengan menggerakkannya.

Menggerakan tubuh bukan berarti mengikuti kelas spin 3 minggu pascamelahirkan. Artinya melakukan sesuatu yang bersifat fisik yang terasa menyenangkan setiap hari.

Itu mungkin berupa berjalan kaki singkat ke kotak paket segera setelah melahirkan, berjalan-jalan di sekitar rumah beberapa minggu kemudian, berenang dengan seorang teman beberapa minggu setelah itu, atau berdansa dengan pasangan Anda di ruang tamu kapan saja.

2. Latih otak Anda

Dengan begitu banyaknya kekuatan otak Anda yang terkuras untuk memenuhi kebutuhan bayi, mungkin sulit untuk melepaskan diri dari pikiran tentang menyusui, popok, dan tidur, dan beralih ke sesuatu yang terasa lebih menstimulasi.

Namun ketika Anda melakukannya, Anda melatih otak Anda dan membantu diri Anda sendiri untuk merasa lebih menarik dan menjadi diri Anda yang dewasa setiap hari.

Tentukan pilihan untuk menonton berita, membaca artikel menarik, mendengarkan podcast baru, atau membaca sedikit buku non-parenting atau yang berhubungan dengan bayi setiap hari dan pikiran Anda akan mulai terasa lebih segar dalam waktu singkat.

3. Berbicara dengan seseorang

Menjadi orang tua baru bisa sangat mengasingkan diri, namun bersosialisasi adalah bagian penting dari menjadi manusia.

Setiap hari ketika Anda ingin berbicara dengan seseorang adalah hari di mana Anda akan merasa lebih baik daripada sebelumnya.

Meskipun kencan tatap muka dengan teman atau pasangan sering kali merupakan hal yang paling memuaskan dan seimbang, terkadang hal itu tidak mungkin dilakukan. 

Pada hari-hari tersebut, pastikan Anda keluar rumah dan mengobrol dengan barista di kedai kopi, mengirim pesan ke teman lama, atau menelepon kerabat untuk mengisi interaksi sosial.

Jika Anda tidak menemukan dukungan dan koneksi yang Anda perlukan, Anda mungkin ingin mencari beberapa kelompok pengasuhan anak secara online atau lokal.

Terkadang berhubungan dengan seseorang yang bisa memahami kekhawatiran dan pergumulan Anda saat ini dapat membuatnya tampak lebih mudah dikelola.

4. Luangkan waktu sebentar untuk diri Anda sendiri

Meskipun menjadi ibu baru terasa terisolasi, hal ini juga bisa sangat menyita waktu sehingga Anda merasa seperti tidak punya waktu satu menit pun untuk diri sendiri.

Setiap hari, luangkan setidaknya sedikit waktu untuk melakukan sesuatu yang Anda sukai.

Ini bisa berupa hal sederhana seperti membaca buku atau berjalan-jalan sendirian, atau melibatkan diri dengan mengeluarkan perlengkapan kerajinan favorit Anda. Namun apa pun yang Anda lakukan, ketahuilah bahwa melakukan sesuatu untuk Anda akan membantu Anda menemukan keseimbangan yang Anda cari.

5. Sadarilah keseimbangan tidak selalu terasa sama

Saat Anda kurang tidur dan berjuang menghadapi tantangan mengasuh anak, Anda mungkin merasa tidak ada cara untuk menemukan keseimbangan. Salah satu bagian dari merasa lebih seimbang adalah menerima kenyataan bahwa hal ini masih dalam proses.

Menemukan keseimbangan batin sebagai seorang ibu membutuhkan waktu, tenaga, dan komitmen untuk memastikan Anda merawat diri.

Ketika Anda melakukan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan penting Anda setiap hari, Anda akan lebih mampu menjalani dunia dengan damai dan merawat bayi Anda yang baru lahir.

Luangkan waktu hari ini — dan setiap hari — untuk mencari keseimbangan, dan Anda akan melihat manfaatnya dalam waktu singkat! Selamat mencoba!

Pilihan Editor: Buat Ibu Baru, Ini 7 Tips Menemukan Momen untuk Me Time

HEALTHLINE 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *