Berita

5 Kalimat Afirmasi Positif untuk Hilangkan Stres dan Jaga Kesehatan Mental

×

5 Kalimat Afirmasi Positif untuk Hilangkan Stres dan Jaga Kesehatan Mental

Share this article


Pada dasarnya, setiap orang pernah berada di titik tertinggi maupun terendah dalam hidupnya. Hal itu termasuk kondisi wajar, karena kehidupan tak selamanya berjalan mulus. Untuk menghadapi berbagai cobaan dalam hidup, kamu perlu memberikan kalimat afirmasi positif pada diri sendiri.

Berdasarkan situs PsychCentral, disebutkan bahwa memberikan afirmasi positif kepada diri sendiri adalah praktik dari positive self-talk yang dapat membantu menghilangkan pemikiran negatif.

Adapun beberapa kalimat afirmasi positif untuk hilangkan stres dan pikiran negatif adalah sebagai berikut.

1. Aku Layak Menerima Hal Baik

Salah satu kalimat afirmasi positif untuk hilangkan stres dan pikiran negatif adalah “aku layak menerima hal baik”. Banyak orang yang merasa ragu akan kemungkinan tercapainya tujuan hidup mereka.

Maka dari itu, dengan berkata bahwa kamu layak menerima hal baik bisa membantu memberikan dukungan serta afirmasi kepada diri sendiri untuk mencapai tujuan hidup.

2. Aku Tahu Nilai Diriku

Ilustrasi/pexels.com/Rachel Claire

Kalimat afirmasi positif untuk menghilangkan stres dan pikiran negatif selanjutnya adalah “aku tahu nilai diriku”. Kalimat ini bisa membantu memberikan semangat kepada diri sendiri ketika sedang merasa ragu terhadap kemampuan diri.

Terlebih lagi, tidak semua orang merasa percaya diri saat ingin melakukan suatu hal yang diinginkannya. Oleh sebab itu, coba berikan afirmasi kepada diri sendiri bahwa kamu paham tentang nilai dirimu.

3. Aku Berhak untuk Dicintai

Ilustrasi/pexels.com/Khoa Võ

Kalimat afirmasi positif untuk menjaga kesehatan mental serta menghilangkan pemikiran negatif selanjutnya adalah “aku berhak untuk dicintai”. Mencintai diri sendiri bukan perkara mudah bagi banyak orang.

Terdapat sejumlah orang yang merasa tidak percaya terhadap dirinya dan sulit untuk mencintai diri sendiri. Padahal, rasa cinta terhadap diri sendiri termasuk hal yang diperlukan. Maka dari itu, untuk meningkatkan kepercayaan diri saat menghadapi dunia luar, berikan afirmasi bahwa kamu layak untuk dicintai.


4. Aku Menerima Diriku Apa Adanya
Perbedaan egois dan self-love

Ilustrasi/Foto: Freepik.com/cookie_studio

Pada dasarnya, setiap orang mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Akan tetapi, setiap kekurangan tersebut alangkah baiknya tidak membuat dirimu merasa rendah diri.

Untuk membuatmu lebih percaya sendiri, sebaiknya berikan afirmasi positif, seperti “aku menerima diriku apa adanya”. Sebab, menerima diri sendiri apa adanya termasuk hal penting agar kamu bisa menghargai dirimu sendiri.

5. Aku Memaafkan Diriku Sendiri

Ilustrasi/freepik.com/8photo

Setiap orang tentu pernah melakukan kesalahan. Namun, hal itu tak lantas membuatmu terus menyalahkan diri sendiri. Dibandingkan melakukan hal tersebut, sebaiknya maafkan dirimu sendiri.

Coba berikan afirmasi positif kepada dirimu sendiri setiap hari dengan berkata “aku memaafkan diriku sendiri”. Cara ini juga akan membantumu untuk menghilangkan rasa stres dan overthinking.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *