Berita

6 Makanan Teraneh dari Berbagai Penjuru Dunia, Ada dari Indonesia?

×

6 Makanan Teraneh dari Berbagai Penjuru Dunia, Ada dari Indonesia?

Share this article


Setiap negara memiliki kuliner khasnya masing-masing. Kuliner ini pun sering kali menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke suatu negara. Namun, tak dapat dimungkiri, di balik banyaknya kuliner lezat yang sudah mendunia, ada sejumlah hidangan yang justru terdengar aneh. 

Bukan hanya karena bahannya yang jarang diolah, melainkan juga karena proses pembuatannya yang tak biasa. Lantas, apa saja hidangan yang diklaim sebagai makanan teraneh tersebut? Dilansir dari National Foods, simak daftarnya berikut ini. Kira-kira ada makanan dari Indonesia tidak, ya? 

1. Hakarl dari Islandia

Hakarl/ Foto: World Atlas

Hakarl adalah hiu Greenland yang diawetkan dengan proses fermentasi. Dagingnya dikubur di bawah tanah dalam lubang yang dangkal dan ditekan dengan batu. Hal ini bertujuan agar cairan internal beracun di dalamnya dapat dikeluarkan sehingga aman dikonsumsi. 

Usai proses fermentasi, daging hiu digantung hingga kering selama empat hingga lima bulan. Makanan yang biasanya disajikan dalam potongan kecil ini memiliki bau amonia yang kuat dan rasa amis. Meski begitu, makanan ini sering disajikan dalam perayaan tradisional dan dianggap sebagai simbol ketahanan dan kreativitas nenek moyang di Islandia. 

2. Drisheen dari Irlandia

Drisheen/ Foto: Gastronomiac

Drisheen merupakan olahan sejenis puding, tapi berbeda dengan puding lainnya, hidangan satu ini terbuat dari campuran darah sapi, babi, dan domba. Campuran darah tersebut kemudian ditambahkan susu, lemak, dan berbagai rempah-rempah. Makanan aneh ini pun memiliki konsistensi seperti agar-agar dan biasanya dipadukan dengan babat.

Sejarah hidangan ini tak lepas dari budaya agraris Irlandia. Di sana, setiap bagian dari hewan yang disembelih dimanfaatkan sepenuhnya. Kendati terdengar aneh sekaligus menjijikkan, drisheen diyakini mengandung sumber protein dan berbagai nutrisi penting.

3. Telur Abad dari China

Telur abad/ Foto: GoEast Mandarin

Telur termasuk salah satu bahan makanan yang terbilang mudah diolah menjadi beragam variasi hidangan. Namun, berbeda dengan telur biasa, telur abad dari China ini memiliki teknik pengolahan yang tak biasa. 

Dalam hal ini, telur bebek, ayam, atau telur burung puyuh dicampur dengan tanah liat, abu, garam, kapur tohor, dan sekam padi lalu didiamkan selama beberapa minggu hingga beberapa bulan. Proses ini menyebabkan kuning telur dan putih telur berubah menjadi warna cokelat tua. Makanan yang juga dikenal dengan nama telur seribu tahun ini memiliki aroma belerang dan amonia yang menyengat dengan rasa yang lebih kaya dan pedas. 


4. Casu Marzo dari Italia

Casu marzo/ Foto: Euronews

Makanan aneh satu ini terbuat dari keju yang membusuk. Keju tersebut pun sengaja dibiarkan terbuka agar lalat piophila casei bertelur di dalamnya. Larva yang menetas kemudian mencerna lemak keju lalu menghasilkan tekstur yang sangat lembut dan rasa yang kuat. 

Anehnya lagi, keju ini biasanya dimakan bersama belatung. Keanehan sekaligus risiko kesehatan dari mengonsumsi casu marzo pun membuat makanan ini diklaim ilegal di beberapa negara. Namun, walau sudah dilarang, hidangan aneh ini masih kerap ditemui di pasar gelap bahkan sering dicari oleh para petualang kuliner.

5. Fugu dari Jepang

Fugu/ Foto: Live Japan

Fugu adalah ikan buntal dengan kandungan racun tetrodotoksin yang dikenal berbahaya dan bisa berakibat fatal. Terlepas dari itu, makanan ini telah populer di Jepang selama berabad-abad. Kerap dihidangkan pada acara atau perayaan penting, fugu dipercaya memberikan makna mendalam mengenai keberuntungan dan kesuksesan. 

Adapun proses pengolahannya hanya boleh dilakukan oleh koki yang memiliki lisensi khusus dan telah menjalani pelatihan intensif. Umumnya, daging fugu disajikan dalam bentuk sashimi dengan tekstur yang kenyal dan rasa yang lembut.

6. Kopi Luwak dari Indonesia

Kopi luwak/ Foto: Diving Indo

Siapa sangka, kopi luwak dari Indonesia juga dinilai sebagai salah satu makanan aneh. Hal ini tak lepas dari pengolahannya yang memang terbilang unik. Buah kopi yang telah matang dimakan oleh luwak, yaitu hewan sejenis musang. Setelah dikonsumsi, biji kopi yang terdapat di dalam buah mengalami fermentasi alami di saluran pencernaan musang.

Setelah dikeluarkan dari tubuh musang melalui kotorannya, biji kopi dikumpulkan lalu dibersihkan secara hati-hati dari sisa-sisa daging buah dan kulitnya. Kopi luwak ini pun menghasilkan aroma khas dengan rasa yang lebih halus dan kurang pahit dibanding kopi biasa. 

Nah, itulah sejumlah hidangan yang dianggap sebagai makanan teraneh. Mana yang paling tidak biasa menurutmu, Beauties? 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *