Berita

7 Ciri-Ciri Orang yang Suka Mengkritik, Salah Satunya Hobi Mengeluh

×

7 Ciri-Ciri Orang yang Suka Mengkritik, Salah Satunya Hobi Mengeluh

Share this article


Terlalu sering mengkritik orang lain bisa merusak hubungan interpersonal dan menciptakan lingkungan yang tidak menyenangkan. Namun, menyadari kecenderungan ini adalah langkah awal yang penting untuk mengubah perilaku tersebut.

Dalam mengenali tanda-tanda bahwa kita terlalu kritis terhadap orang lain, kita dapat memulai perjalanan menuju sikap yang lebih positif dan membangun hubungan yang lebih baik. 

Dilansir dari situs Learning Mind, berikut adalah ciri-ciri orang yang suka mengkritik yang mungkin terjadi pada diri kita.

1. Masa Lalu yang Kurang Baik

7 Ciri-Ciri Orang yang Suka Mengkritik/Foto: Pexels/Liza Summer

Sering kali, kita terpengaruh oleh lingkungan di sekitar kita saat kita masih kecil. Jika kita sering mendengar orang lain berbicara negatif tentang orang lain, kita mungkin saja akan menirunya. Penting untuk menyadari bahwa hal ini tidak sehat dan cobalah untuk melihat orang lain dengan lebih positif.

2. Ada Tanggapan dari Orang Lain

7 Ciri-Ciri Orang yang Suka Mengkritik/Foto: Pexels/Alex Green

Biasanya, kita bisa menilai bahwa seseorang terlalu suka mengkritik. Begitu pula dengan orang-orang di sekitar kita. Jika teman-teman atau keluarga sering mengatakan bahwa kita suka mengkritik, mungkin saatnya untuk merenungkan sikap kita. Kita perlu menyadari dampak dari sikap kita terhadap orang lain.

3. Suka Mengatur Semua Hal

7 Ciri-Ciri Orang yang Suka Mengkritik/Foto: Pexels/RDNE Stock project

Apakah kita sering merasa perlu mengontrol apa yang dilakukan orang lain? Ini bisa menjadi tanda bahwa kita terlalu kritis terhadap orang lain. Cobalah untuk memberikan orang lain ruang untuk melakukan hal-hal mereka sendiri tanpa campur tangan kita.

4. Ada Masalah Kesehatan Mental

7 Ciri-Ciri Orang yang Suka Mengkritik/Foto: Pexels/SHVETS production

Terkadang, masalah kesehatan mental seperti kecemasan berlebih dapat membuat kita lebih cenderung lebih suka mengkritik orang lain. Penting untuk menyadari hal ini dengan mencari bantuan profesional.


5. Tidak Menemukan Kesenangan dalam Hal-Hal Sederhana

7 Ciri-Ciri Orang yang Suka Mengkritik/Foto: Pexels/Keenan Constance

Apakah kita sering merasa tidak puas dengan hampir semua hal? Jika iya, hal ini bisa menjadi tanda bahwa kita terlalu fokus pada hal-hal negatif. Cobalah untuk lebih menghargai hal-hal positif dalam hidup kita, meskipun hal tersebut terlihat sederhana sekali pun.

6. Mood Selalu Berubah-Ubah

7 Ciri-Ciri Orang yang Suka Mengkritik/Foto: Pexels/Anna Shvets

Kita mungkin menyadari bahwa orang yang suka mengkritik kerap memiliki emosi yang tidak stabil. Hal ini disebabkan karena sikap kritis terhadap orang lain seringkali membuat kita merasa tidak puas dengan segala sesuatu di sekitar kita. Jika kamu merasakannya, cobalah untuk menjadi lebih fleksibel dan menerima pengalaman baru dengan terbuka.

7. Suka Mengeluh

7 Ciri-Ciri Orang yang Suka Mengkritik/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Jika kita sering mengeluh tentang segala sesuatu, ini bisa menjadi tanda bahwa kita terlalu kritis terhadap dunia di sekitar kita. Cobalah untuk lebih mensyukuri atas hal-hal baik dalam hidup dan kurangi kecenderungan untuk selalu fokus pada hal-hal negatif.

Itulah beberapa tanda yang mencirikan sifat orang yang suka mengkritik. Sifat tersebut cenderung memiliki dampak yang kurang baik dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, dengan menyadari tanda-tandanya dan berusaha untuk menghindarinya, kita bisa merasakan hal yang lebih positif dan bahagia dalam hidup kita.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *