Berita

7 Rekomendasi Destinasi Wisata di Sekitar Solo yang Cocok Buat Ngadem

×

7 Rekomendasi Destinasi Wisata di Sekitar Solo yang Cocok Buat Ngadem

Share this article


Mungkin akhir-akhir ini kamu sedang merasakan cuaca yang panas sehingga membuatmu gerah dan tidak nyaman. Kondisi tersebut tampaknya jadi membuatmu malas untuk beraktivitas di luar ruangan, dan lebih memilih menghabiskan waktu di ruangan ber-AC, seperti di dalam rumah, kantor, atau mall.

Namun, tidak ada salahnya jika kamu tetap beraktivitas di luar ruangan. Apalagi, jika kamu sedang ingin merencanakan liburan di alam terbuka sehingga kamu dapat menikmati pemandangan alam agar pikiran dan tubuh jadi terasa lebih segar.

Ada beberapa daerah di Indonesia yang mampu menawarkan hal tersebut, salah satunya adalah destinasi wisata yang ada di sekitar Kota Surakarta atau yang kerap disebut dengan Solo. Kampung halaman Presiden Joko Widodo ini ternyata dikelilingi oleh deretan lokasi wisata yang cocok buat ngadem. Yuk simak rekomendasinya!

New Rivermoon

New Rivermoon/ Foto: Instagram.com/newrivermoon

New Rivermoon adalah destinasi wisata yang berlokasi di Klaten, tepatnya di Pusur, Karanglo, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan yang indah dan asri sambil menikmati berbagai jenis hidangan baik itu masakan Jawa, Oriental, hingga Western.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengunjungi tempat ini bersama teman-teman atau keluarga dan melakukan berbagai aktivitas yang disediakan seperti outbound, camping, fun game, dan tubing di Kali Pusur.

Kali Talang

Kali Talang/ Foto: Instagram.com/kali_talang

Kali Talang adalah salah satu lokasi wisata alam yang juga berlokasi di daerah Klaten, Jawa Tengah. Jika kamu mengunjungi destinasi wisata ini, kamu akan mendapatkan pemandangan alam berupa puncak dan kawah Gunung Merapi yang memukau di atas ketinggian 1.160 mdpl.

Tentu saja pemandangan indah tersebut tidak mengharuskan kamu untuk bersusah payah hiking ke Gunung Merapi. Kamu hanya tinggal mengunjungi Kali Talang karena sudah menghadirkan pengalaman yang serupa dan tentunya lebih mudah, jadi sangat cocok bagi kamu yang masih pemula untuk hiking.

Musim kemarau seperti saat ini sangat cocok untuk digunakan berwisata ke Kali Talang. Hal ini karena saat cuaca sedang mendung, justru akan menghambat aktivitasmu di Kali Talang. Buat kamu yang ingin berkunjung, jangan takut kalau nanti tempat ini tutup. Pasalnya, Kali Talang yang berlokasi di Balerante, Kecamatan Kemalang, Klaten ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB.


Kebun Teh Kemuning

Kebun Teh Kemuning/ Foto: pesonakaranganyar.karanganyarkab.go.id

Di dekat Solo tepatnya di Karanganyar ada daerah perkebunan teh yaitu Kebun Teh Kemuning yang asri dan sejuk yang bisa kamu kunjungi. Lokasi Kebun Teh Kemuning yaitu di Sumbersari, Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar yang dapat kamu tuju dari Solo sekitar 1 jam berkendara atau sejauh 42 km. 

Sebaiknya kamu mengunjungi saat pagi sampai siang hari agar kamu bisa bebas berfoto dan menikmati pemandangan kebun teh yang luas, sekaligus aktivitas para pemetik teh. Setelah itu, kamu bisa menikmati pemandangan tersebut dari beberapa restoran atau kedai teh yang ada di sekitarnya, salah satunya seperti Ndoro Dongker Tea House yang cocok untuk nongkrong bareng keluarga atau teman-teman.

Rumah Atsiri

Rumah Atsiri/ Foto: instagram.com/rumahatsiri

Rumah Atsiri adalah destinasi wisata di daerah Watusambang, Plumbon, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah yang bisa kamu kunjungi mulai pukul 10.00 sampai 17.00 WIB. Di Rumah Atsiri kamu bisa melihat tamannya yang ditanami lebih dari 120 tanaman minyak atsiri baik dari Indonesia maupun luar negeri. Minyak atsiri tersebut memiliki aroma dan karakteristik masing-masing, bahkan kamu juga bisa mencoba mencium atau mencicipi beberapa tanaman tentunya dengan bimbingan para pemandu. 

Di taman, kamu juga bisa mengunjungi Plaza Marigold yang dipenuhi bunga marigold yang mekar sebulan sekali selama dua minggu. Tidak hanya itu, di taman juga terdapat Rumah Kaca yang berlokasi di dalam The Aromatic Garden.

Tidak hanya taman, kamu juga bisa  mengunjungi Museum Rumah Atsiri bahkan mengikuti kelas dan lokakarya untuk membuat berbagai produk seperti sabun cair, masker rambut, sabun batang, eau de toilette, dan masih banyak lagi.

Candi Sukuh

Candi Sukuh/ Foto: pesonakaranganyar.karanganyarkab.go.id

Pada umumnya, orang-orang cenderung lebih mengenal candi di Jawa Tengah itu seperti Candi Borobudur dan Candi Prambanan saja. Padahal, masih banyak candi lainnya loh, salah satunya yaitu Candi Sukuh yang berlokasi di Desa berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. 

Candi Hindu ini berlokasi di lereng kaki Gunung Lawu, tepatnya berada di ketinggian kurang lebih 1.186 meter sehingga udaranya akan terasa sangat sejuk. Namun, bagi kamu yang ingin mengunjungi candi ini dari Kota Solo, kamu harus menempuh jarak 36 kilometer terlebih dahulu, sehingga ada baiknya jika kamu berangkat sejak pagi hari. 

Mungkin kamu menganggap bahwa bentuk candi rata-rata hampir sama. Namun, perlu diketahui bahwa setiap candi tentu memiliki keunikannya sendiri. Seperti yang dilansir dari Badan Otorita Borobudur, Candi Sukuh sendiri memiliki bentuk bangunan yang mirip dengan bangunan milik budaya Maya di Meksiko atau bangunan peninggalan budaya Inca di Peru.

Waduk Cengklik

Waduk Cengklik/ Foto: Instagram.com/amanatcoffee

Jika kamu ingin menikmati sunset sambil menikmati pemandangan alam dan suasana yang sejuk di sekitar Kota Solo, kamu bisa mencoba mengunjungi Waduk Cengklik yang berlokasi di Ngemplak, Boyolali, dekat dengan Bandara Adi Soemarmo.

Di lokasi ini, kamu bisa menikmati udara segar serta angin semilir yang membuat suasana jadi menyenangkan. Selain itu, di sekitar Waduk Cengklik sekarang juga sudah tersedia berbagai kafe yang dapat kamu kunjungi untuk menikmati pemandangan yang indah sambil menikmati aneka makanan dan minuman yang disediakan.

Embung Manajar

Embung Manajar/ Foto: instagram.com/embung_manajar_official

Embung Manajar berlokasi di Blumbangsari, Samiran, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Saat kamu mengunjungi Embung Manajar, kamu akan dapat menikmati pemandangan gunung yang indah sehingga sangat cocok bagi kamu yang sedang ingin istirahat dari hiruk pikuk perkotaan yang membuat penat.

Meski begitu, untuk bisa sampai ke Embung Manajar, kamu hanya bisa mencapainya dengan kendaraan bermotor saja. Hal ini karena Embung Manajar terletak di lereng gunung dan aksesnya cukup ekstrem untuk kendaraan roda empat. Namun, jika kamu kesulitan untuk membawa motor, kamu bisa menyewa jasa ojek yang ada di sekitar daerah tersebut.

Walau aksesnya cukup sulit, usaha yang kamu berikan akan terbayar saat kamu berhasil sampai ke Embung Manajar yang berlokasi di ketinggian sekitar 1.700 mdpl. Di ketinggian tersebut, kamu bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi yang sangat menakjubkan.

Nah itu tadi Beauties, deretan rekomendasi tempat wisata di sekitar Kota Solo yang sejuk sehingga cocok banget untuk tempat ngadem di saat cuaca sedang panas. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *