Berita

3 Aktivitas Sepele yang Ternyata Punya Dampak Besar bagi Kesehatan Otak Anak, Orang Tua Perlu Tahu!

×

3 Aktivitas Sepele yang Ternyata Punya Dampak Besar bagi Kesehatan Otak Anak, Orang Tua Perlu Tahu!

Share this article


Apakah Beauties adalah seorang ibu? Kira-kira, aktivitas apa yang sering dilakukan untuk menambah kecerdasan pada anak?

Sebagai orang tua, kita harus lebih sadar sejak dini bagaimana agar kecerdasan otak pada anak terus terasah. Dari sekian banyaknya cara, ternyata 3 aktivitas yang sering dianggap sepele justru mampu memberikan dampak positif bagi otak. Kegiatan apakah itu?  

1. Melatih Anak untuk Mendengarkan hingga Memainkan Alat Musik

Ilustrasi anak yang sedang berlatih memainkan alat musik/foto: pexels.com/Mart Production

Yaps, kegiatan satu ini memang memberikan andil yang cukup besar bagi kecerdasan otak. Mengapa? Dalam bermain musik, anak akan memiliki kemampuan lebih tinggi dalam mengasah memori.

Medical News Today mengungkapkan, kemampuan bermusik dapat membantu menjaga kesehatan otak. Bahkan orang dewasa yang memainkan musik cenderung memiliki memori kerja yang lebih kuat.

Diketahui, instrumen yang paling signifikan terhadap peningkatan kecerdasan otak adalah piano.

2. Membacakan dan Melatih Anak untuk Baca Buku Meski Hanya Satu Lembar

Ilustrasi orang tua yang sedang membacakan buku cerita untuk anaknya/foto: pexels.com/Antoni Shkraba

Aktivitas satu ini memang cukup susah untuk dijadikan rutinitas. Jangankan anak kecil, orang dewasa saja masih ada yang malas untuk membaca buku. Setelah ditelusuri lebih lanjut, membaca buku tidak sepenuhnya membosankan. Apalagi jika sudah menemukan bacaan yang kita suka.

Mengajarkan anak membaca buku sejak kecil mampu mengurangi perasaan cemas dan depresi si anak, melansir Psychology Today. Selain itu, dapat meningkatkan imajinasi, kreativitas, serta sikap kritis anak terhadap sesuatu.


3. Tidak Membatasi Anak untuk Bergerak dan Bermain

Ilustrasi anak yang sedang bermain puzzle bersama ibunya/foto: pexels.com/Karolina Kaboompics

Siapa yang masih suka melarang anak untuk bermain dengan alasan takut mereka kenapa-napa? Setop ya, jangan dilarang-larang lagi. Beauties bisa mengawasi dan mengarahkan buah hati saat bermain.

Memberikan ruang untuk beraktivitas, bermain, dan berekspresi ternyata mampu membantu meningkatkan keterampilan dan kinerja otak anak.

Permainan apa yang bisa meningkatkan kecerdasan otak pada anak? Sebuah penelitian dalam jurnal Frontiers in Aging Neuroscience (2018) mengatakan, permainan sejenis teka-teki gambar (puzzle) dapat memberikan manfaat bagi otak dengan meningkatkan fungsi kognitif.

Lebih lanjut, bermain teka-teki gambar secara teratur dapat melindungi diri dari efek penuaan otak.

Itulah 3 kegiatan yang terlihat sepele tetapi punya dampak besar bagi kesehatan otak. Nggak mau kecerdasan otak anak terhambat kan? Mulai sekarang coba terapkan 3 aktivitas di atas dan imbangi juga dengan pola makan yang sehat!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.  


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *