Berita

4 Ide Menu Sarapan agar Mood Happy

×

4 Ide Menu Sarapan agar Mood Happy

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Sarapan tidak hanya makanan terpenting dalam sehari, tetapi juga  kesempatan untuk menentukan suasana hati alias mood sepanjang hari. Makanan yang kita pilih untuk memulai pagi hari dapat secara signifikan memengaruhi tingkat kebahagiaan di hari itu. Untuk alternatif kita bersama, berikut sejumlah ide menu sarapan yang dapat membantu melepaskan hormon-hormon bahagia atau happy.

1. Oat

Oat adalah sumber karbohidrat kompleks yang luar biasa, yang membantu meningkatkan kadar serotonin, hormon kunci dalam mengatur suasana hati. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menemukan bahwa mengonsumsi oat dapat meningkatkan produksi serotonin secara signifikan.

Agar lebih menggugah selera, masak oat dengan campuran bumbu favorit Anda seperti kunyit, jintan, dan ketumbar. Tambahkan beberapa sayuran cincang seperti wortel, kacang polong, dan paprika untuk menambah vitamin dan serat.

2. Smoothie pisang almond

Pisang kaya akan triptofan, asam amino yang diubah tubuh menjadi serotonin, yang sering disebut “hormon bahagia”. Sebuah studi di Psychopharmacology menyoroti bahwa diet kaya triptofan dikaitkan dengan peningkatan stabilitas suasana hati dan kebahagiaan secara keseluruhan.

Haluskan pisang dengan susu almond, segenggam almond, dan satu sendok teh madu. Smoothie ini tidak hanya cepat dan mudah, tetapi juga kaya gizi seperti vitamin B6, yang berperan penting dalam pengaturan suasana hati.

3. Puding biji chia dengan buah beri

Biji chia kaya asam lemak omega-3, yang dikaitkan dengan penurunan gejala depresi dan kecemasan. Penelitian yang dipublikasikan di Frontiers in Psychology menunjukkan bahwa omega-3 efektif dalam meningkatkan kadar serotonin, sehingga meningkatkan mood.

Rendam biji chia dalam santan semalaman. Di pagi hari, taburi dengan buah beri segar seperti stroberi dan blueberry, yang kaya antioksidan. Sarapan ini tidak hanya mendukung kesehatan mental, tetapi juga memberikan awal yang menyegarkan untuk hari Anda.

4. Yoghurt plus madu dan kacang-kacangan

Yoghurt adalah sumber probiotik yang bermanfaat untuk kesehatan usus. Usus yang sehat dikaitkan dengan peningkatan suasana hati dan kejernihan mental, seperti yang ditunjukkan oleh penelitian di Klinik Gastroenterologi Amerika Utara yang menggarisbawahi hubungan usus-otak dan dampaknya terhadap suasana hati.

Nikmati semangkuk yoghurt polos yang diberi satu sendok teh madu, segenggam kacang, dan beberapa biji. Kombinasi ini tidak hanya memberikan ledakan energi, tetapi juga membantu menjaga keseimbangan suasana hati sepanjang hari.

Semoga ide sarapan yang bantu bikin mood happy ini bisa menjadi pilihan Sahabat Cantika. Semangat pagi!

Pilihan Editor: Sarapan Optimal Jadi Bahan Bakar Organ Tubuh Bekerja dengan Baik

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *