Berita

5 Tips Merawat Kulit di Musim Hujan

×

5 Tips Merawat Kulit di Musim Hujan

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Musim hujan bisa menyegarkan bagi banyak orang, tapi bisa mendatangkan malapetaka bagi orang-orang dengan kulit sensitif. Sebab cuaca dingin dapat menyebabkan beberapa masalah kulit. Kelembapan yang meningkat, seringnya hujan, dan perubahan suhu dapat menyebabkan kulit berminyak, berjerawat, dan kusam. Berikut ini tips merawat kulit di musim hujan.

1. Membersihkan wajah secara menyeluruh

Saat musim hujan, udara menjadi lembap sehingga membuat kotoran dan polusi lebih mudah menempel di kulit termasuk area wajah. Untuk menjaga kulit tetap bersih dan mencegah pori-pori tersumbat, penting untuk membersihkan wajah dengan baik.

Pilih pembersih wajah yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit, serta gunakan dua kali sehari. Selain itu, Anda dapat melanjutkannya dengan pemakaian toner untuk menghilangkan kotoran yang tersisa dan mengembalikan keseimbangan pH kulit.

2. Eksfoliasi seminggu sekali

Untuk menjaga kulit tetap sehat selama musim hujan, penting untuk melakukan eksfoliasi. Gunakan scrub ringan seminggu sekali untuk mengangkat sel kulit mati dan memperbarui kulit Anda.

Anda juga bisa membuat scrub buatan sendiri menggunakan oatmeal dan yogurt karena bahan-bahan ini mengelupas kulit dengan lembut sekaligus menutrisinya secara mendalam.

3. Melawan minyak berlebih

Tingkat kelembapan yang berlebihan dapat berkontribusi pada peningkatan produksi sebum, yang dapat menyebabkan kulit lebih berminyak dan rentan berjerawat. Untuk melawan efek minyak berlebih, pertimbangkan untuk menggunakan masker wajah penyerap minyak atau masker tanah liat dalam rutinitas perawatan kulit Anda setiap minggu.

4. Melembapkan secukupnya

Penting untuk memprioritaskan hidrasi kulit. Pilihlah pelembap yang ringan dan tidak berminyak untuk menjaga kulit tetap lembut dan kenyal tanpa menambah sifat berminyak.

Memilih pelembap berbahan dasar gel yang mengandung bahan-bahan yang menghidrasi seperti lidah buaya, vitamin-e, gliserin atau mentimun baik dan dapat menutrisi kulit. Bahan-bahan ini secara efektif memberikan kelembapan pada kulit tanpa menyumbat pori-pori, memastikan kulit seimbang dan sehat.

5. Gunakan tabir surya

Sadarilah bahwa sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya masih dapat menembus awan di musim hujan dan menyebabkan kerusakan pada kulit Anda. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk menggunakan tabir surya sebagai bagian tak terpisahkan dari perawatan kulit Anda, terlepas dari kondisi cuaca yang ada.

Pilih tabir surya berspektrum luas dengan SPF minimal 30 untuk memastikan perlindungan menyeluruh. Dan jangan lupa untuk menggunakan kembali tabir surya setiap beberapa jam, terutama saat menghabiskan waktu di luar ruangan, untuk menjaga perlindungan kulit tetap optimal.

Pilihan Editor: Manfaat Vitamin E untuk Perawatan Kulit, Melembapkan dan Antioksidan

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *