Berita

7 Langkah Menghadapi Anak Tantrum Menurut Psikolog

×

7 Langkah Menghadapi Anak Tantrum Menurut Psikolog

Share this article


Menghadapi anak yang sedang tantrum bisa menjadi tantangan besar bagi orangtua. Terkadang orangtua tidak mengerti bagaimana dirinya harus bersikap ketika anak sedang tantrum.

Bahkan, pikiran-pikiran negatif terkadang muncul di benak orang tua saat menghadapi situasi tersebut. Hal ini pun bisa sangat menguras energi hingga memicu stres dan kebingungan.  

Maka dari itu, dilansir dari CNBC, berikut ini adalah 7 langkah yang bisa kita ikuti untuk menghadapi anak ketika sedang tantrum.

1. Tarik Napas

7 Langkah Menghadapi Anak Tantrum Menurut Psikolog/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Langkah pertama yang paling penting adalah mengambil napas dalam-dalam. Tarik napas melalui hidung dan hembuskan secara perlahan. Bernapas dalam-dalam membantu mengaktifkan sistem saraf parasimpatis, yang berperan dalam menenangkan tubuh dan pikiran. Langkah ini sangat penting untuk membantu kita untuk tetap tenang dan terkontrol ketika menghadapi situasi stres.

2. Akui Perasaan Diri Sendiri

7 Langkah Menghadapi Anak Tantrum Menurut Psikolog/Foto: Pexels/RDNE Stock project

Langkah berikutnya adalah mengakui perasaan kita sendiri. Tanyakan pada diri sendiri, apakah kita merasa terburu-buru dan takut terlihat tidak bertanggung jawab di depan orangtua lain? Atau mungkin kita cemas bahwa anak kita akan dinilai jelek oleh orang lain?

Dengan mengenali perasaan kita sendiri, kita bisa lebih baik memahami reaksi kita terhadap situasi tersebut dan mengelolanya dengan lebih efektif.

3. Lepaskan Kekhawatiran

7 Langkah Menghadapi Anak Tantrum Menurut Psikolog/Foto: Pexels/MART PRODUCTION

Mudah bagi orangtua untuk terjebak dalam pikiran tentang bagaimana respons terhadap anak akan mempengaruhi masa depan mereka atau bagaimana kita menangani situasi serupa di masa lalu.

Lepaskan kekhawatiran tentang masa lalu ataupun masa depan yang muncul di pikiran kita. Fokuslah pada apa yang sedang terjadi saat ini. Dengan melepaskan pikiran yang tidak relevan, kita bisa memberikan respons yang lebih tepat.

4. Pahami Situasi

7 Langkah Menghadapi Anak Tantrum Menurut Psikolog/Foto: Pexels/Ron Lach

Ambil waktu untuk menilai situasi saat ini. Nilailah keadaan pikiran kita dan anak kita. Apakah mereka panik atau tertekan? Dengan menilai keadaan emosional, kita dapat menentukan langkah selanjutnya dengan lebih baik.

5. Amati

7 Langkah Menghadapi Anak Tantrum Menurut Psikolog/Foto: Pexels/Снежана

Perhatikan apa yang terjadi dalam tubuh kita sendiri dan apa yang terjadi dalam tubuh anak kita. Periksa napas dan detak jantung kita. Juga perhatikan bahasa tubuh anak kita. Hal ini dapat memberikan petunjuk tentang bagaimana mereka merasa dan bagaimana kita harus merespons.


6. Bangun Koneksi dengan Anak

7 Langkah Menghadapi Anak Tantrum Menurut Psikolog/Foto: Pexels/G_Masters

Berikan tanda kepada anak kita bahwa kita melihat dan peduli dengan perasaan mereka. Biarkan anak kita tahu dengan ucapan yang kita lontarkan dengan bahasa tubuh yang mendukung. Memvalidasi perasaan mereka bisa membantu menenangkan sistem saraf mereka dan membuat mereka merasa lebih dimengerti dan diterima.

7. Bertindak Secara Bijaksana

7 Langkah Menghadapi Anak Tantrum Menurut Psikolog/Foto: Pexels/Tatiana Syrikova

Setelah kita berada dalam keadaan pikiran yang tenang, buatlah keputusan tentang bagaimana kita bisa merespons. Tujuan kita adalah untuk menenangkan emosi anak sekaligus menetapkan batasan tegas tentang perilaku apa yang pantas dan tidak pantas. Dengan mengendalikan diri kita, kita bisa merespons dengan cara yang lebih bijaksana.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kita tidak hanya dapat menenangkan anak yang sedang tantrum, tetapi juga membantu mereka belajar bagaimana mengelola emosi mereka sendiri. Pengasuhan yang penuh dengan kesadaran dan pengendalian diri adalah kunci untuk menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung bagi anak kita.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *