Berita

7 Makanan Jadul Khas Jakarta yang Mulai Sulit Ditemui, Kamu Pernah Cobain Salah Satunya?

×

7 Makanan Jadul Khas Jakarta yang Mulai Sulit Ditemui, Kamu Pernah Cobain Salah Satunya?

Share this article


Makanan khas Jakarta sangat beragam. Meskipun sudah banyak makanan yang dimodifikasi sedemikian rupa mengikuti perkembangan zaman, masih ada juga yang berburu kuliner jadul. Sayangnya sederet makanan jadul tersebut sudah jarang ditemui. Bahkan, jumlah penjualnya saja sekarang ini bisa dihitung jari.

Tak jarang, makanan jadul tersebut hanya bisa Beauties temui ketika ada acara tertentu, seperti resepsi pernikahan, acara keagamaan, dan tentu saja event PRJ (Pekan Raya Jakarta) berlangsung untuk menyambut ulang tahun kota Jakarta.

Biasanya yang ada di benak Beauties seketika mengenai jajanan jadul khas Jakarta ialah kerak telor. Padahal masih ada sejumlah jajanan khas Jakarta lainnya loh. Apa saja itu? Simak yuk! 

1. Roti Gambang

Roti Gambang/Foto: Detik.com

Melansir detikFood, masyarakat Betawi ternyata memiliki roti khas tersendiri yaitu roti gambang. Dulunya, roti ini menjadi sarapan orang-orang Belanda pada zaman kolonial. Sekarang ini, roti gambang sudah menjadi kudapan untuk siapapun.

Kue berwarna coklat kayu dan beraroma rempah ini juga populer di Semarang loh dengan nama roti ganjel rel. Namun, kini kudapan tersebut jadi semakin sulit dijumpai. Hanya toko roti klasik saja yang masih memproduksi roti gambang. 

2. Kue Rangi

Kue Rangi/Foto: Pinterest/Endeus TV

Kue rangi atau sagu rangi masih mudah ditemukan pada era tahun 1990-an. Akan tetapi, kue rangi saat ini mulai langka. Uniknya, jajanan ini dibuat menggunakan kayu bakar.

Jadi adonan kue rangi terbuat dari campuran sagu dan kelapa parut lalu dipanggang dalam cetakan khusus. Usai matang, kue rangi disajikan dengan saus gula merah kental.

3. Kue Dongkal

Kue Dongkal/Foto: Instagram/@abouttng

Bentuk kue dongkal sangat unik, yakni kerucut yang mirip dengan nasi tumpeng. Proses penyajiannya memang dalam ukuran yang besar dan nantinya akan dipotong kecil-kecil. Rasanya manis legit.

Adonannya sendiri terbuat dari campuran tepung beras, sagu, serta gula merah. Lalu, bagian atasnya ditaburi kelapa parut yang sudah dikukus.

Adonan tersebut dicetak pada alat khusus bambu yang berbentuk kerucut. Gula merah berada di adonan tersebut nantinya mencair ketika dikukus sehingga rasa manisnya pun menyebar ke seluruh kue dongkal. Aromanya juga harum karena dikukus dengan daun pandan.


4. Kerak Telor

Kerak Telor/Foto: Pinterest/Ranita

Mengutip CNN Indonesia, budayawan Betawi, Yahya Andi Saputra mengungkapkan kerak telor sudah ada sejak abad 19 atau awal abad 20. Saat itu, orang-orang Betawi memasak bubur dan dodol di wadah dari tanah gerabah dan tanah liat. Kemudian sisa-sisa adonan tersebut menempel pada wadah hingga itu disebut dengan kerak. Ia menduga kerak ini menginspirasi pembuatan makanan lain termasuk kerak telor.

Kerak telor terbuat dari beras ketan dan telur. Beauties juga bisa memilih jenis telur yakni antara telur ayam atau telur bebek. Kedua bahan utama tersebut dicampur berbagai bumbu seperti kencur, jahe, merica, dan cabe. Setelah dimasak hingga matang dan sedikit gosong pada wajan kecil, kerak telor disajikan bersama campuran ebi, serundeng, dan bawang goreng.

5. Es Selendang Mayang

Es Selendang Mayang/Foto: Pinterest/IDN Times

Es selendang mayang juga termasuk jajanan jadul yang sudah jarang ditemukan. Minuman khas Jakarta ini terbuat dari agar-agar yang berasal dari sagu aren dan diberi dua warna. Kedua warna tersebut berada di ujung agar-agar yaitu hijau dari air daun suji yang harum dan merah muda.

Biasanya, es ini disajikan dalam mangkuk kecil dan diberi santan kental serta saus gula merah yang legit. Terkadang ada juga penjual es selendang mayang yang memberi tambahan cendol, pacar cina, hingga ketan.

6. Dodol Betawi
Jelang Lebaran, sentra produksi dodol Betawi di kawasan Pasar Minggu, Jakarta, mulai sibuk memenuhi permintaan yang meningkat.

Dodol Betawi/Foto: Agung Pambudhy

Jakarta juga memiliki dodol. Selain dodol, ada juga geplak yang mirip dengan kue sagon. Biasanya geplak dilengkapi dengan kelapa dan berbentuk jajaran genjang. Dodol Betawi ini memiliki rasa yang manis.

7. Asinan Betawi

Asinan Betawi/Foto: Pinterest/Topwisata.info

Terakhir, ada asinan Betawi dengan rasa asam yang segar. Makanan khas Jakarta ini terbuat dari berbagai sayuran dan buah yang masing-masing berada di dalam toples. Nantinya asinan tersebut disajikan dengan saus yang khas serta kerupuk.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *