Berita

Ini 5 Tips Berinvestasi Bagi Pemula

×

Ini 5 Tips Berinvestasi Bagi Pemula

Share this article


Memulai investasi adalah hal yang tabu bagi sebagian orang. Tentu ketika ingin memulainya kita harus memahami ragam investasi, serta kerugian dan keuntungan yang akan diperoleh. Saat ini banyak sekali macam-macam investasi yang tersedia, mulai dai saham, emas, reksa dana, dan sebagainya.

Seperti melansir  lifehack, ada beberapa tips untuk memulai investasi, apa saja?

1. Tentukan Tujuan Berinvestasi 

Tujuan berinvestasi bagi sebagian orang tentu untuk mendapatkan uang. Namun, ada beberapa orang yang melakukan investasi untuk tabungan jangka panjang atau sekedar memanfaatkan uang dinginnya saja. 

Jika kamu ingin memulai berinvestasi, kamu harus menentukan tujuan utama. Apakah hanya sekedar ingin memutarkan uang dinginmu saja atau kamu ingin mendapatkan penghasilan tambahan. 


2. Pelajari Jenis Investasi

Ilustrasi mempelajari investasi yang akan kamu ambil / Foto: Pexels.com / Karolina Grabowska

Setelah kamu memutuskan untuk memulai berinvestasi, kamu juga perlu mempelajari berbagai macam investasi, agar kamu tidak salah dalam memilih. Hal yang perlu kamu pelajari, mulai dari harga investasi, resiko, hingga mencari tahu ulasan-ulasan dari pengguna investasi yang akan kamu pilih. 

3. Lakukan Investasi Sejak Masih Muda

Ilustrasi menentukan tujuan investasi / Foto: Pexels.com / Lukas

Untuk kalian kaum milenial atau gen-z ada baiknya kamu memanfaatkan uangmu sebijak mungkin untuk berinvestasi. Sebaiknya kamu alokasikan uang jajan mingguanmu untuk berinvestasi. 

Contohnya saja, emas. Semakin lama harga emas akan semakin naik. Jika kamu menunda-nundanya, maka biaya yang akan kamu keluarkan, semakin besar pula. 

Jadi, selagi masih muda dan memiliki penghasilan yang bisa kamu gunakan jajan secara rutin, cobalah untuk kamu tabung dan mulailah berinvestasi.

4. Perhatikan Alur Keuangan

Ilustrasi mengevalusi keuangan / Foto: Pexels.com / Karolina Grabowska

Jika kamu sudah memutuskan untuk memilih jenis investasi, kamu juga perlu memperhatikan alur keuanganmu, seperti pemasukan dan pengeluaran. Perhatikan pengeluaran primermu tidak terganggu oleh investasi. Karena, jika kamu memaksakannya, maka akan menjadi boomerang bagimu sendiri. 

Jika sudah memulainya, kamu juga perlu memperhatikan skema pada investasi yang kamu pilih. Apkah terus menurun atau naik. Karena investasi yang bersifat, saham, reksa dana, dan sebagainya bukan nilai yang tetap. 

5. Diversifikasi

Ilustrasi saham / Foto: Pexels.com / Burak the Weekender

Tahapan terakhir adalah diversifikasi. Diversifikasi adalah penggunaan dana untuk dibelikan aset berharga. Biasanya hal ini dilakukan oleh orang yang memiliki anggaran berlimpah.

Artinya, kamu memiliki investasi  tidak hanya satu atau dua produk. Melainkan beberapa produk, hal ini agar tidak mengalami kerugian. Jika produk yang satu merugi, kamu masih memiliki simpanan yang lainnya. 

Itulah lima tips mudah bagi kamu yang ingin berinvestasi. Selamat mencoba!

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya  DAFTAR DI SINI!


(sim/sim)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *