Berita

Kulit Kepala Kering Bikin Nggak Nyaman? Yuk Atasi dengan 5 Cara Mudah Ini

×

Kulit Kepala Kering Bikin Nggak Nyaman? Yuk Atasi dengan 5 Cara Mudah Ini

Share this article


Kulit kepala kering bisa terjadi pada semua orang. Kondisi ini biasanya ditandai dengan sensasi gatal, bersisik, hingga mengelupas. Meski ini merupakan salah satu kondisi yang wajar, tetap saja kamu harus mencari solusi untuk mengatasinya, Beauties.

Selain tidak nyaman, kondisi kulit kepala yang kering juga berpengaruh terhadap kesehatan rambut kamu, lho. Nah, buat kamu yang memiliki masalah kulit kepala kering, atasi dengan 5 cara ini, yuk!

1. Gunakan Produk Mengandung Minyak

Penyebab utama kulit kepala jadi kering adalah kurangnya air atau dehidrasi. Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan produk yang mengandung minyak, seperti coconut oiltea tree oil, jojoba, hingga minyak zaitun. Kandungan tersebut akan bantu menghidrasi kulit kepala secara optimal jika rutin digunakan.

2. Gunakan Sampo Khusus

Ilustrasi/Foto: freepik.com/asier-relampagoestudio

Mengatasi kulit kepala kering juga bisa dilakukan dengan mengganti sampo yang memiliki kandungan khusus, seperti asam salisilat. Sampo yang mengandung asam salisilat akan bekerja sebagai eksfoliator untuk mengangkat dan membersihkan sel-sel kulit yang mati pada kepala.

Oleskan sampo pada area kulit kepala, lalu diamkan selama lima menit. Setelah itu, bilas menggunakan air mengalir hingga benar-benar bersih. Ini merupakan cara tepat agar hasilnya maksimal.


3. Gunakan Masker Alpukat dan Minyak Zaitun

Ilustrasi/Foto: freepik.com/EyeEm

Buah alpukat memiliki asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda. Kedua jenis lemak tak jenuh tersebut bisa melembapkan kulit kepala, sehingga bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi kulit kepala yang kering, Beauties.

Jadikan buah alpukat sebagai masker dengan campuran 2-3 tetes minyak zaitun. Diamkan masker selama 10-15 menit agar meresap sempurna pada kulit kepala. Setelah itu, bilas masker sampai bersih.

4. Manfaatkan Lidah Buaya

Ilustrasi/Foto: freepik.com/racool-studio

Lidah buaya merupakan salah satu bahan penting dalam pembuatan sampo atau produk perawatan rambut lainnya. Selain melembapkan, lidah buaya juga bersifat anti-inflamasi sehingga bisa bantu mengurangi iritasi pada kulit kepala.

5. Gunakan Krim Pelembap

Ilustrasi/Foto: freepik.com/freepik

Terakhir, gunakan krim pelembap yang diresepkan oleh dokter jika kondisi kulit kepala kering sudah sangat mengganggu atau tidak bisa diatasi menggunakan cara-cara sebelumnya. Dokter akan memberikan krim pelembap sesuai dengan kondisi kulit kepala serta gejala yang ditimbulkan, seperti gatal, berjamur, dan iritasi.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *